Fajrin Rasyid, CEO Bukalapak Jadi Direktur Telkom

Menteri BUMN, Erick Thohir resmi menunjukCEO Bukalapak, Fajrin Rasyid sebagai Direktur Digital Business PT Telekomunikasi Indonesia Tbk.
CEO situs belanja online Bukalapak, Fajrin Rasyid ditunjuk sebagai Direktur Digital Business PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk. (Foto: Tagar|Industry).

Mataram - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir resmi menunjuk CEO situs belanja online Bukalapak, Fajrin Rasyid sebagai Direktur Digital Business PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk. Keputusan tersebut diambil usai menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) tahun buku 2019.

Terpilihnya Fajrin sebagai salah satu pimpinan emiten dengan kode saham TLKM itu membuatnya menjadi direksi termuda dalam jajaran perusahaan pelat merah penyedia jasa dan jaringan telekomunikasi itu. Sebelum terpilih sebagai salah satu direktur  Telkom, pria 34 tahun itu sudah malang melintang di industri bisnis dan e-commerce Indonesia.

Baca Juga: Dividen Saham Telkom Rp 154 Perlembar Saham 

Sejak menjadi mahasiswa di Teknik Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB), Fajrin sudah menunjukan minatnya pada dunia bisnis. Bersama CEO Bukalapak lainnya, Ahmad Zaky, Fajrin membangun usaha dengan berdagang mie ayam di dekat asrama universitas.

Namun, bisnis mie ayam yang didirikan bersama Zaky tak berjalan mulus dan beberapa kali sepi pembeli. Hingga akhirnya, Fajrin dan Zaky sepakat untuk menutup warung mie ayam tersebut.

Setelah menyelesaikan studinya di ITB dengan nilai IPK 4.0 dengan predikat Summa Cum Laude pada 2010, Fajrin mulai menjajal karier sebagai konsultan bisnis di Boston Consulting Group (BCG) dan aktif di beberapa forum internasional.

TelkomSuasan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. Jumat, 19 Juni 2020. (Foto: Yossy Girsang/Tagar)

Di sela-sela waktu luangnya sebagai konsultan, pria yang pernah menyabet penghargaan sebagai Chief Financial Officer (CFO) of the Year versi Majalah SWA pada 2016 itu gencar membantu rekan bisnis semasa kuliahnya Ahmad Zaky untuk mengembangkan situs Bukalapak pada bagian keuangan.

Setelah Bukalapak semakin berkembang di industri e-commerce, pria lulusan Harvard Business School dan Stanford University Graduate School of Business ini memantapkan diri untuk bergabung bersama Zaky di Bukalapak dan resign dari BCG.

Tak butuh waktu lama, pria yang pernah terpilih sebagai Endeavour Entrepreneur pada 2016 itu bersama tim Bukalapak lainnya berhasil membuat toko online itu semakin dikenal dan dipercaya masyarakat.

Baca JugaBukalapak Bantah Data Bocor Dibobol Hacker

Pada 2011, sejumlah investor mulai berdatangan dan mendanai Bukalapak hingga miliaran rupiah. Sejak saat itu, Bukalapak semakin berkembang dan sukses merekrut sekitar 800.000 usaha kecil dan menengah (UKM). Pada 2018, Fajrin diangkat sebagai Presiden Bukalapak dan memegang sejumlah saham dari situs belanja online tersebut. Namun akhirnya berlabuh di Telkom. []

Berita terkait
Dividen Saham Telkom Rp 154 Perlembar Saham
PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. (TLKM) memberikan komitmen penyetoran dividen kepada pemegang saham melalui mekanisme RUPST
Dividen Telkom Diperkirakan Rp 169,55 per Lembar
PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM) dijadwalkan akan menggelar Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan pada 19 Juni 2020.
RUPS Telkom, Erick Thohir: Ada Direksi dari Milenial
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan salah satu direksi yang dipilih dalam RUPS berasal dari generasi milenial.
0
China Tuduh Amerika Politisasi Asal Muasal Virus Corona
China mengecam langkah Amerika Serikat melacak asal muasal virus corona yang disebut China sebagai “mempolitisasi” pelacakan