Erick Thohir Sentil Pejabat BUMN yang Asyik di Zona Nyaman

Erick Thohir menyebut bahwa zona nyaman juga akan membuat BUMN tidak akan mampu berkompetisi, bahkan mengarah pada kehancuran.
Menteri BUMN, Erick Thohir/ (Foto: Tagar/Dok. BUMN)

Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menekankan agar para direksi dan komisaris di perusahaan negara merubah paradigma berpikir dalam menjalankan tugasnya. Menurutnya, pola itu akan memposisikan BUMN sebagai perusahaan yang bisa berkompetisi di kancah nasional dan global.

Dalam catatannya, baru 50 % atau rata-rata 40 % BUMN yang sudah bisa bersaing dengan perusahaan asing dan swasta. Sementara, 60 % perusahaan masih bergabung pada penugasan dan berada dalam zona nyaman.

"Kita harus berjujur diri, di bawa 50 % sudah siap berkompetisi secara terbuka dengan asing dan swasta. 60 % itu masih bergantung kepada penugasan ataupun masih dalam situasi comfort zone," kata Erick di Jakarta, Kamis, 15 Juli 2021.


Tinggalkan mindset bahwa BUMN selalu diselamatkan kalau kinerja buruk atau berkasus, mindset ini harus kita bongkar, harus kita tinggalkan. Tidak lagi di comfort zone karena kenapa, Kalau BUMN ini roboh.


Dia menjelaskan, zona nyaman membuat perusahaan negara kehilangan perannya sebagai pelayan masyarakat (public service), peran yang dinilai membantu rakyat Indonesia pada kondisi kritikal. 

BUMN, kata dia, diamanahkan untuk mengelola kekayaan dengan jumlah besar. Erick menyebut, BUMN bisa penopang dan menjadi lokomotif bangsa dan menjadi agen pembangunan.

"Karenanya core value insan BUMN bukan lagi perkara individu melainkan persoalan bangsa, kita jangan sia-siakan masa golden exits," katanya.

Tak hanya itu, zona nyaman juga akan membuat BUMN tidak akan mampu berkompetisi, bahkan mengarah pada kehancuran. 

"Tinggalkan mindset bahwa BUMN selalu diselamatkan kalau kinerja buruk atau berkasus, mindset ini harus kita bongkar, harus kita tinggalkan. Tidak lagi di comfort zone karena kenapa, Kalau BUMN ini roboh," ujarnya. []

Baca Juga: Irma Chaniago NasDem Salut dengan Ikhtiar Erick Thohir

Berita terkait
Profil Menteri BUMN Erick Thohir Kandidat Capres 2024
Menteri BUMN Erick Thohir sering disebut-sebut dalam sejumlah survei Capres 2024 yang memiliki elektabilitas tinggi. Berikut profil Erick.
Erick Thohir: Perusahaan BUMN Salurkan Isotank Oksigen
Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan sudah 27 isotank oksigen yang disalurkan oleh perusahaan-perusahaan BUMN untuk membantu masyarakat.
Erick Buka Suara Soal Kartu Kredit yang Dibongkar Ahok
Menurut Menteri BUMN Erick Thohir bahwa sah-sah saja Ahok mengawasi kinerja direksi lantaran dirinya seorang komisaris apalagi soal kartu kredit.
0
Erick Thohir Sentil Pejabat BUMN yang Asyik di Zona Nyaman
Erick Thohir menyebut bahwa zona nyaman juga akan membuat BUMN tidak akan mampu berkompetisi, bahkan mengarah pada kehancuran.