UNTUK INDONESIA
Enam Cara Memilih Sekolah Terbaik untuk Anak
Sekolah bukan hanya untuk menuntut ilmu. Tetapi bisa menjadi tempat bersosialisasi bagi anak.
Ilustrasi. (Foto: Istimewa)

Jakarta - Sekolah bukan hanya untuk menuntut ilmu. Tetapi bisa menjadi tempat bersosialisasi bagi anak. Hal ini yang menjadi salah satu alasan, mengapa penting menemukan tempat belajar tepat dan sesuai. 

Berikut Tagar rangkumkan beberapa hal yang perlu diperhatikan orang tua memilih sekolah yang tepat.

1. Metode Belajar yang Diterapkan

Metode belajar di setiap sekolah tentu saja berbeda. Jika berniat menyekolahkan anak, orang tua harus memperhatikan bagaimana metode belajar. 

Pastikan mengetahui dengan rinci tentang metode belajar yang diterapkan, agar bisa menyesesuaikan dengan kebutuhan anak.

2.  Jenis Sekolah yang Tepat

Ada banyak pilihan untuk jenis sekolah, seperti sekolah negeri, swasta, homeschooling, sekolah internasional, dan sekolah lainnya. 

Pastikan orang tua terlebih dahulu mencari informasi yang lengkap, termasuk berbagai poin yang di anggap penting sebagai pertimbangan. Sehingga bisa memilih yang paling tepat bagi anak. 

3.  Kondisi dan Lingkungan Sekolah

Sebelum memilih sekolah, terlebih dahulu memperhatikan lingkungan sekolah yang nyaman dan aman. Mengenai kebersihan lingkungan sekolah dan fasilitas mesti juga diperhatikan. Hal itu bukan hanya akan mempengaruhi kualitas belajar anak, tetapi berpengaruh untuk kesehatan. 

4. Kemampuan Tenaga Pengajar

Sekolah terbaik tentunya akan memiliki tenaga pengajar yang berkualitas. Bukan hanya dalam mengajar, tetapi harus memiliki kemampuan berkomunikasi dan bersosialisasi. Hal itu wajib dicermati, karena dapat menentukan kualitas belajar si anak nantinya. 

5. Reputasi Sekolah

Reputasi sekolah juga patut untuk jadikan sebagai bahan pertimbangan. Bagaimana pun juga orang tua tidak ingin menyekolahkan anak di sekolah yang tidak memiliki reputasi baik.

6. Kesesuaian dengan Sifat Anak

Orang tua wajib mengetahui kesesuaian antara sifat anak dan sekolah. Jangan sampai memilih jenis sekolah yang bertolak belakang dengan sifat anak. Karena dapat mempengaruhi minat belajar anak. 

Jam belajar yang diterapkan juga wajib dicermati sejak awal, agar orang tua bisa menyesuaikan dengan kondisi dan minat. []

Baca juga:

Berita terkait
0
Pelajar di Padang Tersangka Usai Tabrak Mahasiswa
Seorang pelajar SMP di Kota Padang, Sumatera Barat menjadi tersangka usai menabrak pejalan kaki dan belasan sepeda motor.