UNTUK INDONESIA
Enam Artis Ini Melewati Ramadan di Balik Jeruji Besi
Ramadan 2019 harus dijalani sejumlah selebriti jauh dari kehangatan keluarga. Mereka terpaksa melewati bulan puasa di balik jeruji besi
Ilustrasi Penjara. (Foto: Pixabay)

Jakarta - Ramadan 2019 harus dijalani sejumlah artis jauh dari kehangatan keluarga. Mereka terpaksa melewati bulan puasa di balik jeruji besi karena kasus hukum yang menjerat. Mendekam di hotel prodeo, tentu saja membuat para selebriti tak bisa merasakan momentum seperti biasanya. Menghirup udara bebas menjadi hal yang mahal buat mereka karena harus berada di bui.

Berikut enam artis yang melewati bulan puasa di balik jeruji besi:

1. Ahmad Dhani

Ahmad Dhani Terbukti BersalahTerpidana kasus ujaran kebencian Ahmad Dhani berjalan menuju mobil tahanan seusai menjalani sidang putusan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jakarta, Senin (28/1). Majelis hakim memvonis Ahmad Dhani dengan hukuman satu tahun enam bulan penjara, dan atas putusan hakim tersebut kejaksaan langsung menahan terpidana. (Foto: Antara/Sigid Kurniawan)

Siapa tak mengenal Ahmad Dhani? Sepak terjangnya di dunia musik tak bisa dianggap sebelah mata. Apalagi pendiri Dewa 19 ini sudah banyak mencetak beragam karya populer dan berhasil mengorbitkan banyak penyanyi dan grup musik. 

Namun sayang, akibat pernyataannya yang mengandung ujaran kebencian atau hate speech, pimpinan dari Republik Cinta Management harus mendekam di penjara. Saat ini Dhani dikarangkeng di Rutan Klas 1A Surabaya, Jawa Timur.

Sejak mendekam di bui, Ahmad Dhani harus menjalani Ramadan di balik jeruji besi. Akibat ulahnya, Dhani divonis 1,5 tahun penjara

2. Vanessa Angel

Vanessa AngelVanessa Angel. (Foto: Instagram/Vanessa Angel Official)

Kasus yang menimpa aktris Vanessa Angel sempat membuat kehebohan di tengah masyarakat. Mantan kekasih Didi Mahardika ini tersangkut kasus prostitusi online

Vanessa Angel ditangkap di salah satu hotel berbintang di Surabaya pada Sabtu 5 Januari 2019. Ia diduga menjajakan diri lewat muncikari. 

Akibatnya aktris berusia 27 tahun itu diganjar UU ITE kemudian terbukti bersalah dijebloskan ke penjara di Rutan Medaeng, Surabaya. Vanessa pun harus melewati Ramadan 2019 di dalam penjara.

3. Roro Fitria

Roro FitriaArtis Roro Fitria. (Foto: Ist)

Roro Fitria juga bernasib sama dengan Vanessa Angel yang harus melewati momen Ramadan di penjara. Model sekaligus selebriti ini terjerat kasus penyalahgunaan narkoba jenis sabu. 

Karena kasus yang menimpanya itu, pemilik nama lengkap Raden Roro Fitria Nur Utami harus ditahan di Ruang Tahanan Direktorat Reserse Narkoba Polda Metro Jaya sejak 14 Februari 2018. 

4. Sandy Tumiwa

Sandy Tumiwa(Foto: Instagram/sandytumiwa.official)

Mantan suami Tessa Kaunang ini tak dapat merasakan sentuhan hangatnya keluarga di tengah suasana Ramadan. Sandy Tumiwa harus menjalani bulan puasa di penjara lantaran terbelit penyalahgunaan narkoba. 

Aktor kelahiran 24 Januari 1982 ini ditangkap di sebuah hotel di Jakarta Selatan pada 1 Maret 2019 lalu. Sandy Tumiwa dijerat dengan Pasal 112 ayat 1 UU Nomor 35 Tahun 2009 soal narkoba golongan I.

Ini bukan kali pertama Sandy Tumiwa ditangkap polisi. Pada 2016 silam, dia pernah divonis penjara dua tahun karena kasus dugaan penipuan bermodus investasi bodong.

5. Mandala Shoji

Mandala Abadi ShojiPengadilan Negeri Jakarta Pusat (PN Jakpus) menyatakan calon legislatif dari Partai Amanat Nasional (PAN), Mandala Abadi Shoji, terbukti melanggar aturan pemilu, yakni membagi-bagikan kupon umrah ketika berkampanye. (Foto: Instagram/mandala_abadi_shoji)

Akibat kupon umrah saat kampanye pada 19 Oktober 2018, Mandala Shoji dipenjara. Dia menyerahkan diri pada 8 Februari 2019. Pengadilan Negeri Jakarta Pusat yang memproses sidang kasus Mandala menjatuhkan sang artis vonis 3 tahun penjara.

PN Jakpus menyatakan Mandala terbukti melakukan tindak pidana pelanggaran pemilu dengan membagikan kupon berhadiah umrah dalam bentuk doorprize kepada warga.

Putusan pengadilan yang dibacakan pada 18 Desember 2018 memvonis hukuman Mandala tiga bulan penjara dan denda Rp 5 juta subsider satu bulan kurungan. Akibat tersangkut kasus pidana ini, Mandala Shoji harus melewati Ramadan di hotel Prodeo.

6. Aris Idol 

Aris Idol(Foto: Instagram/aris_officiall)

Penyanyi jebolan ajang pencarian bakat ini ditangkap polisi karena dugaan kasus penyalahgunaan narkotika jenis sabu. Karena kasus yang menjeratnya itu, Aris Idol melewati Ramadan di dalam jeruji besi. 

Pemilik nama lengkap Januarisman Runtuwene ditahan di Polres Pelabuhan Tanjung Priok pada Januari 2019. Dia ditangkap polisi dengan barang bukti berupa 0,23 gram kristal sabu-sabu, satu buah bong, dan satu buah botol minuman keras.

Adanya kasus yang menjeratnya itu, Aris terkana Pasal 114 Ayat (1) subsider Pasal 112 Ayat (1), Pasal 132 Ayat (1), UURI No 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

Baca juga:

Berita terkait
0
Fadli Zon Sebut Ahok Anak Emas Jokowi, Kenapa?
Waketum Partai Gerindra Fadli Zon menilai Presiden Jokowi menganakemaskan Komisaris Utama Pertamina, Ahok. Kenapa?