Sukabumi, (Tagar 29/12/2017) – Yasin dan Dodi, dua wisatawan tenggelam di Pantai Kebonkalapan, Palabuhanratu, berhasil diselamatkan tim life guard Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista) Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

"Kedua korban diketahui bernama Yasin dan Dodi, namun wisatawan ini enggan memberi tahukan alamatnya kepada petugas saat didata," kata Asep Edom Saepulloh, Kepala Divisi Operasional dan Latihan Balawista Kabupaten Sukabumi di Sukabumi, Jumat (29/12).

Menurutnya, kecelakaan laut yang terjadi di areal Pantai Citepus, Kecamatan Palabuhanratu tersebut berawal saat keduanya bermain di sekitar pantai. Namun, lama kelamaan mereka berenang hingga ke tengah laut.

Korban yang diduga tidak bisa berenang terseret arus dan beberapa kali tergulung ombak. Petugas life guard yakni Febri dan Juan yang berada di lokasi melihat adanya wisatawan yang tenggelam langsung melakukan pertolongan.

Beruntung nyawa kedua kedua remaja tersebut berhasil diselamatkan dan langsung di evakuasi ke darat serat mendapatkan pengobatan dari petugas medis yang bersiaga.

"Kami selalu memberikan imbauan kepada wisatawan agar saat berenang di pantai tidak terlalu tengah dan berada di zona aman. Namun, kerap kali dilanggar yang akhirnya bisa mencelakai dirinya sendiri," tambahnya.

Asep mengatakan, sebelumnya juga seorang bocah bernama Haykal (9) warga Jalan Duren Terusan 12, RT 01/08, Kelurahan Semper Barat, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara meninggal dunia setelah hilang tenggelam di Pantai Rawa Kalong, Cipatuguran, Kecamatan Palabuhanratu pada Kamis, (28/12).

Korban yang jasadnya hilang tenggelam pada pukul 17.30 WIB baru bisa ditemukan sekitar lima jam kemudian atau pukul 22.20 WIB oleh tim SAR gabungan yang dibantu warga sekitar 100 meter dari lokasi kejadian. (ant/yps)