UNTUK INDONESIA
Drama Penalti, Persib Permalukan Arema FC di Malang
Arema FC kalah 1-2 dari Persib Bandung dalam duel Shopee Liga 1 2020 di Kanjuruhan. Laga itu diwarnai 1 gol bunuh diri dan 2 gol penalti.
Arema FC menelan kekalahan memalukan 1-2 dari Persib Bandung dalam duel Shopee Liga 1 2020 di Stadion Kanjuruhan, Malang, Minggu, 8 Maret 2020. Tampak pemain Arema FC Feby Eka Putra (kiri) berebut bola dengan pemain Persib Supardi di laga itu. (Foto: Antara/Ari Bowo Sucipto)

Malang - Arema FC harus gigit jari dan menahan malu di hadapan Aremania. Dalam duel Shopee Liga 1 2020 di Stadion Kanjuruhan, Malang, Minggu, 8 Maret 2020, Arema FC dipaksa menyerah 1-2 oleh Persib Bandung. Gol-gol tercipta dari bunuh diri dan 2 dari titik penalti.

Persib tampil lebih baik dibandingkan tuan rumah. Bahkan Maung Bandung seharusnya sudah unggul saat mendapat hadiah penalti di menit 23. Namun sepakan Geoffrey Castillion dari titik putih berhasil dimentahkan kiper Teguh Amiruddin.

Kegagalan mengeksekusi penalti tak membuat Persib goyah. Mereka tetap menekan pertahanan Singo Edan. Meski berstatus sebagai tim tamu dan tanpa dukungan Bobotoh, namun mereka tidak takut bermain terbuka.

Masih ada kesalahan yang dilakukan. Ini menjadi salah satu faktor yang membuat kami kalah di pertandingan ini

Persib akhirnya berhasil membobol gawang lawan di menit 41. Keunggulan tim asuhan Robert Rene Alberts disebabkan gol bunuh diri bek Syaiful Indra Cahya. 

Namun keunggulan itu tak bertahan lama. Kali ini, Arema FC yang mendapat hadiah penalti menjelang akhir babak pertama. Peluang itu dimanfaatkan dengan baik oleh Elias Alderete yang berhasil menaklukkan kiper Teja Paku Alam. Skor 1-1 mengakhiri 45 menit pertama. 

Di babak kedua, Persib kembali mengambil inisiatif menyerang. Usaha mereka ternyata tak sia-sia. Striker Wander Luiz kembali membawa Persib unggul setelah mencetak gol dari titik penalti di menit 77.

Ini merupakan gol ketiga dari Luiz. Sebelumnya striker asal Brasil ini memborong 2 gol saat Persib menang 3-0 atas Persela Lamongan di laga perdana. 

Kemenangan atas Arema FC menjadikan Persib melesat untuk menduduki puncak klasemen dengan poin 6. Mereka menggeser PSM Makassar yang turun ke peringkat 2 dengan poin 4. 

Sementara, Arema FC tertahan di papan tengah. Mereka berada di peringkat ke 8 dengan mengoleksi 3 poin.

Pelatih Gomez Keluhkan Kondisi Pemain

Pelatih Arema FC Mario Gomez mengatakan kekalahan atas Persib menjadi pelajaran berharga tim saat kembali mengarungi kompetisi. Menurut mantan pelatih Borneo FC ini kondisi pemain asuhannya memang belum maksimal. Selain itu, pemain masih melakukan banyak kesalahan.

"Masih ada kesalahan yang dilakukan. Ini menjadi salah satu faktor yang membuat kami kalah di pertandingan ini," kata Gomez. 

"Tetapi tentunya ini akan jadi evaluasi bersama untuk lebih baik ke depannya," ujarnya. 

Meski demikian, pelatih asal Argentina ini tetap mengapresiasi kerja keras pemain. Mereka bermain ngotot dengan serangan cepat dan keras. Hanya, usaha mereka mengejar ketinggalan masih gagal sehingga harus menelan kekalahan pertama di kandang sendiri musim ini. 

"Semua sudah bermain maksimal. Tetapi dengan hasil akhir ini, kami mohon maaf, khususnya kepada suporter. Kami belum bisa memberi kemenangan," tutur Gomez menerangkan

Sementara itu, pelatih Alberts mengatakan kemenangan yang diraih timnya merupakan keberuntungan. Diakui pelatih asal Belanda ini tidak mudah membawa tiga poin dari Malang.

"Keberuntungan ada pada kami. Kesalahan yang dibuat pemain Arema FC bisa kami manfaatkan dengan baik dan memberikan kemenangan," ucap Alberts. 

Alberts menilai Persib mampu menampilkan permainan terbaik. Mereka bermain seperti yang diharapkan. Ini yang menjadikan Persib mampu meredam permainan cepat Arema FC.  

"Ini sungguh pertandingan yang spektakuler. Arema sangat agresif, tapi kami bisa mengimbanginya dan meraih kemenangan. Ini tentu hasil yang kami harapkan," ucap mantan pelatih Arema era Indonesia Super League (ISL) ini.

Susunan Pemain:

Arema FC: 
Teguh Amiruddin-Johan Alfarizie, Bagas Adi, Matias Malvino, Syaiful Indra Cahya; Hendro Siswanto, Oh In-kyun, Elias Alderete (Jonathan Bauman, 78); Feby Eka (Muhammad Rafli, 60'), Dendi Santoso, Kushedya Hari Yudo

Persib Bandung: Teja Paku Alam-Ardi Idrus, Nick Kuippers, Victor Igbonefo, Supardi Nasir; Omid Nazari, Kim Jeffrey Kurniawan (Dedi Kusnandar, 54'), Esteban Vizcarra; Frets Butuan (Febri Haryadi, 60'), Geoffrey Castillion, Wander Luiz []

Berita terkait
Arema FC Vs Persib, Adu Tajam Yudo dan Wander Luiz
Duel besar Arema FC melawan Persib Bandung bakal menyajikan adu tajam striker lokal Kushedya Hari Yudo dengan andalan Persib Wander Luiz.
Arema FC vs Persib, Duel 2 Mantan Pelatih
Laga besar yang mempertemukan dua mantan pelatih saat Arema FC menghadapi Persib Bandung. Duel di ajang Shopee Liga 1 2020, Minggu, 8 Maret 2020.
Jadwal Liga 1, Arema FC vs Persib Tetap Digelar
Laga Arema FC melawan Persib Bandung di Shopee Liga 1 2020 tetap digelar sesuai jadwal. Virus corona hanya batalkan laga Persija lawan Persebaya.
0
Anggota DPR Minta Data Penerima Bansos Diperbaiki
Anggota DPR, Intan Fauzi menyebutkan penyaluran dana bansos masih kerap salah sasaran akibat data penerima tidak valid.