UNTUK INDONESIA
Donald Trump Anggap TikTok Ancaman Keamanan AS
Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menekan ByteDance melepas operasional aplikasi TikTok.
Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump. (Foto: Independen.co.uk/Patrick Semanksy/AP)

Jakarta - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menekan ByteDance melepas operasional aplikasi TikTok di AS dalam 90 hari ke depan. Pasalnya, Trump menganggap menjadi ancaman untuk keamanan nasional.

"Ada bukti terpercaya yang meyakinkan saya bahwa ByteDance ada kemungkinan beraksi dan mengancam untuk mengganggu keamanan nasional di Amerika Serikat," ujar Trump, seperti dikutip dari Reuters.

Trump memerintahkan pejabat AS untuk memeriksa pembukuan dan sistem informasi TikTok dan ByteDance, guna memastikan keamanan data pribadi selama saat jual-beli berlangsung.

Ada bukti terpercaya yang meyakinkan saya bahwa ByteDance ada kemungkinan beraksi dan mengancam untuk mengganggu keamanan nasional di Amerika Serikat.

Kemudian, AS mengeluarkan surat perintah eksekutif yang melarang transaksi dengan TikTok, kecuali ByteDance divestasi dalam 45 hari. 

ByteDance sedang berdiskusi dengan Microsoft untuk menjual operasi di Amerika Utara, Australia dan Selandia Baru.

Menyikapi perintah tersebut, ByteDance menyebutkan TikTok merupakan rumah bagi mereka untuk mendapatkan hiburan, ekspresi diri dan hubungan. 

"Kami berkomitmen untuk terus memberikan kebahagiaan kepada keluarga dan karier bermakna bagi mereka yang berkreasi di platform kami untuk tahun-tahun ke depan," tulis ByteDance.

Presiden Trump beberapa waktu lalu menyatakan mendukung Microsoft membeli operasional TikTok di AS dan pemerintah akan mendapat 'porsi substansial' dari transaksi tersebut.

Saat itu, Presiden Trump juga menyatakan ada pembeli potensial lainnya yang tertarik untuk membeli TikTok.[]

Berita terkait
Wacana Wajah Donald Trump di Mount Rushmore Memorial
Donald Trump memiliki impian untuk mengukir wajahnya di antara George Washington, Thomas Jefferson, Theodore Roosevelt di Mount Rushmore.
Donald Trump: Tidak Masalah Microsoft Beli TikTok
Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengatakan tidak masalah apabila Microsoft membeli aplikasi TikTok milik Beijing ByteDance Technology.
Penasihat Utama Donald Trump Positif Covid-19
Robert OBrien, Penasihat Keamanan Nasional Presiden Donald Trump dinyatakan positif tertular virus corona Covid-19.
0
Sharp Raih Penghargaan Nusantara CSR Awards 2020
Produsen elektronik, Sharp Indonesia dianugerahi penghargaan Nusantara CSR Awards 2020 besutan The La Tofi School of CSR.