Doa Hindu saat Mendengar dan Melayat Orang Meninggal

Setiap agama mempunyai doa-doa yang bertujuan saat mendengar atau melayar orang meninggal, seperti dalam agama Hindu.
Umat Hindu sedang berdoa (Foto: Tagar/Unsplash)

Jakarta - Setiap orang di dunia pasti akan merasakan kematian. Ibarat seorang hamba yang selalu beribadah kepada Tuhannya, mendoakan orang yang meninggal merupakan bentuk duka cita dan permohonan agar orang tersebut ditempatkan di tempat yang terbaik.

Setiap agama mempunyai doa-doa yang bertujuan saat mendengar atau melayar orang meninggal, seperti dalam agama Hindu. Doa tersebut dalam agama Hindu sering disebut dengan Mantra. 

Dalam agama Hindu sendiri, mantra memiliki banyak fungsi, salah satunya sebagai Sadhana untuk memohon perlindungan agar selalu berada dalam keadaan slamat.

Secara literal “Mantra” artinya “itu yang melindungi ketika direnungkan” (Mantra Samhita, 2013 : 6). Chawdhi (2003 : 97) menjelaskan mantra adalah sebuah pola gabungan kata-kata bahasa Veda yang diindentikkan dengan dewa atau dewi tertentu. Mantra adalah sejumlah huruf, kata yang dijadikan satu.

Berikut adalah doa saat mendengar orang meninggal.

Oṁ atma tattwatma naryatma Swadah Ang Ah

Oṁ swargantu, moksantu, sùnyantu, murcantu.

Oṁ ksāma sampurnāya namah swāha.

Artinya : “Oṁ Sang Hyang Widhy Wasa Yang Maha Kuasa, semogalah arwah yang meninggal mendapat sorga, menunggal denganMu, mencapai keheningan tanpa derita. Ya Sang Hyang Widhy Wasa, ampunilah segala dosanya, semoga ia mencapai kesempurnaan atas kekuasaan dan pengetahuan serta pengampunanMu.”

Selain itu, terdapat pula doa atau mantra yang diucapkan saat melayat orang meninggal atau dibisikkan ke dalam telinga orang yang sedang sekarat.

“Asatoma Sadgamaya, Thamaso Maa Jyithir Gamaya, Mrithyor Maa Amrutham Gamaya, Aum Santi Santi Santi.”

Artinya: “Bimbinglah Kami Dari Yang Tidak Nyata Kepada Yang Nyata. Bimbinglah Kami Dari Kegelapan Menuju Cahaya. Bimbinglah Kami Dari Kematian Menuju Kehidupan Abadi. Semoga Ada Damai Dimana-Mana.” (Dana Dan Suratnaya, 2013: 47).[]


(Rafi Fairuz)

Baca Juga:

Berita terkait
Buku Pelajaran Agama Hindu Ditargetkan Terdistribusi di 2022
Keaktifan setiap pihak diperlukan, untuk memastikan para guru dan siswa mendapatkan buku teks pelajaran
Umat Hindu India Rayakan Shravan Abaikan Pandemi Covid-19
Mengabaikan berbagai kebijakan pembatasan Covid-19 yang diberlakukan pemerintah, jutaan penganut ajaran Hindu peringati bulan suci Shravan
Umat Hindu Sikh Afghanistan Justru Terjebak di India
Umat Hindu dan Sikh Afghanistan yang pindah ke India justru kesulitan menghadapi kondisi hidup yang buruk
0
Doa Hindu saat Mendengar dan Melayat Orang Meninggal
Setiap agama mempunyai doa-doa yang bertujuan saat mendengar atau melayar orang meninggal, seperti dalam agama Hindu.