UNTUK INDONESIA
Ditelepon Bos PSG, Klopp Tolak Tinggalkan Liverpool
Manajer Liverpool Juergen Klopp menolak tawaran Paris Saint-Germain menggantikan pelatih Thomas Tuchel. Klopp menegaskan bertahan di Liverpool.
Manajer Liverpool Juergen Klopp menolak tawaran Paris Saint-Germain menggantikan pelatih Thomas Tuchel. Klopp menegaskan bertahan di Liverpool. (Foto: standard.co.uk)

Jakarta - Manajer Liverpool Juergen Klopp menolak tawaran Paris Saint-Germain. Dirinya menyatakan bertahan di Anfield saat ditelepon direktur olahraga PSG, Leonardo, yang membujuknya agar bersedia menggantikan pelatih Thomas Tuchel. 

PSG merencanakan mendepak Tuchel di akhir musim kompetisi. Kinerja pelatih asal Jerman ini dinilai tak memuaskan meski sudah memberikan sejumlah trofi. 

Namun dengan skuat 'mewah' yang dimiliki, PSG seharusnya meraih lebih banyak trofi, termasuk Liga Champions. Hanya, raksasa Ligue 1 Prancis ini selalu gagal. Bahkan di musim lalu langkah mereka dihentikan Manchester United yang justru turun dengan deretan pemain muda. 

PSG pun sudah berancang-ancang mencari pelatih anyar. Menurut The Sun, Leonardo dikabarkan menghubungi Klopp sebelum Natal. Salah satu bos di PSG itu berbicara dengan Klopp selama satu jam lebih untuk meyakinkan sang manajer agar bersedia meninggalkan Liverpool dan bergabung dengan PSG. 

Disampaikan oleh Leonardo pula bila tawaran itu berdasarkan permintaan langsung dari presiden klub Nasser Al-Khelaifi yang memimpin Qatar Sports Investments, pemilik PSG. Al-Khelaifi berharap PSG meraih sukses sebagai klub besar pada tahun-tahun mendatang. Mereka tidak hanya mendominasi Ligue 1 tetapi juga meraih trofi di kompetisi Eropa. 

Hanya tawaran menggiurkan dari PSG ditolak mentah-mentah oleh Klopp. Mantan pelatih Borussia Dortmund ini menyampaikan dirinya sudah merasa bahagia sebagai manajer Liverpool. Klopp pun tak ingin meninggalkan The Pool

Jawaban manajer berusia 52 ini setidaknya melegakan Liverpool. Bagaimana tidak, sejak sukses menangani The Reds, Klopp menjadi buruan klub-klub besar dan tim nasional. 

Sebelumnya, Bayern Munich berharap suatu saat nanti Klopp menerima tawaran mereka. Demikian pula tim nasional Jerman menunggu Klopp meninggalkan Liverpool. 

Padahal, Klopp tidak kalah sukses saat mengarsiteki Dortmund. Dirinya pernah membawa Dortmund menjadi juara Bundesliga Jerman 2011 dan 2012. 

Hanya saat menangani Liverpool, dirinya membawa tim menjadi juara Liga Champions 2019. Sukses berlanjut dengan memenangi UEFA Super Cup dan Piala Dunia Antar Klub. 

Kini, Liverpool berharap meraih titel Liga Premier Inggris untuk kali pertama. Mereka terakhir kali menjadi juara pada musim 1990. Saat itu kompetisi kasta tertinggi di Inggris masih bernama Divisi Satu (First Division). Saat kompetisi berganti menjadi Liga Premier, Liverpool belum pernah sekalipun merengkuh trofi. 

Penantian 30 tahun Liverpool tampaknya segera berakhir. Musim ini, The Reds masih kukuh di puncak klasemen dengan poin 55. Unggul 13 poin dari Leicester City yang menduduki peringkat. 

Dengan selisih poin yang cukup jauh, tim-tim lain seperti Manchester City sudah menyerah dalam perburuan titel liga. City yang menduduki peringkat tiga memiliki poin 41. []

Berita terkait
Liverpool Vs Wolves, Gol Mane Seharusnya Dianulir
Kemenangan Liverpool atas Wolverhampton Wanderers menyisakan kontroversi. Gol Liverpool seharusnya dianulir karena pelanggaran Virgil van Dijk.
Firmino Bawa Liverpool Juara Dunia Antar Klub 2019
Liverpool juara dunia antar klub FIFA setelah mengalahkan klub asal Brasil Flamengo di final di Doha, Qatar, 22 Desember 2019, berkat gol Firmino
Pemain Bintang: Tuchel, Neymar 100 Persen untuk PSG
Gonjang-ganjing transfer pemain bintang PSG, Neymar, terus bergulir tapi pelatih PSG sebut Neymar 100% untuk PSG
0
DAU 25 Daerah di Sumut Dipotong, Ini Daftarnya
Menteri Keuangan RI memotong DAU sejumlah pemerintah daerah termasuk di Sumatera Utara.