Disentil Erick Thohir soal Toilet SPBU Bayar, inilah Respon Pertamina

Pertamina akan melakukan pengecekan dan sosialisasi bagi pemilik SPBU secara berkala.
Ilustrasi. (Foto: Tagar/Ist)

Jakarta - Menteri BUMN Erick Thohir kaget ada toilet umum di salah satu SPBU Pertamina wilayah Kecamatan Malasan, Probolinggo yang dipatok harga bagi masyarakat yang menggunakan fasilitas tersebut. Masyarakat diminta untuk membayar Rp 2.000-Rp 4.000 untuk setiap masuk ke toilet.

Erick langsung 'menyentil' direksi Pertamina soal hal ini. Dalam video yang dibagikan melalui akun instagram pribadinya, Erick meminta Pertamina untuk memperbaiki masalah ini.

Beliau pun juga menegaskan layanan toilet di semua SPBU Pertamina, baik yang dimiliki sendiri maupun yang bermitra harus gratis. Menurutnya, bisnis SPBU sudah meraup untung dari jualan bensin, bahkan di beberapa SPBU juga ada toko kelontongnya.

"Kepada Direksi Pertamina, saya mengharapkan fasilitas umum seperti ini harusnya gratis, karena kan sudah ada dapat dari jualan bensin, ada juga toko kelontong. Jadi masyarakat mustinya dapat fasilitas tambahan. Saya minta Direksi Pertamina untuk diperbaiki. Saya juga minta seluruh kerja sama dengan pom swasta yang di bawah Pertamina, toiletnya nggak boleh bayar. Harus gratis" kata Erick lewat video yang diunggah di akun Instagramnya @erickthohir, Selasa, 23 November 2021.



Kami berterima kasih atas masukan Pak Menteri dan bapak ibu semua termasuk masukan dari masyarakat untuk membuat Pertamina lebih baik.



Pertamina Corporate Secretary Subholding Commercial And Trading PT Pertamina (Persero), Irto Ginting merespon mengatakan, Pertamina akan meminta kepada seluruh pemilik SPBU untuk menggratiskan fasilitas toilet umum. 

Menurutnya, selama ini juga sudah ada beberapa fasilitas toilet SPBU yang gratis. Pihaknya juga mengatakan, toilet merupakan salah satu bentuk layanan yang ada di SPBU.

"Kami berterima kasih atas masukan Pak Menteri dan bapak ibu semua termasuk masukan dari masyarakat untuk membuat Pertamina lebih baik", kata Irto.

"Sebenarnya sudah banyak yang gratis juga. Kami sosialisasikan kembali ke para pemilik SPBU untuk meningkatkan layanan ke masyarakat, tidak hanya layanan BBM namun juga termasuk memastikan ketersediaan toilet secara gratis dan memperhatikan kebersihan dan kenyamanannya," lanjutnya.

Irto mengatakan, pihaknya akan mengupayakan untuk merealisasi arahan Erick Thohir. Termasuk bagi SPBU yang merupakan mitra Pertamina. Sebagai langkah untuk memastikan semua SPBU memberikan layanan toilet gratis, Pertamina akan melakukan pengecekan dan sosialisasi bagi pemilik SPBU secara berkala.

"Kita upayakan ya, untuk pelayanan ke masyarakat. Kita akan melakukan pengecekan dan sosialisasi secara periodik," pungkasnya. []

(Oswella Martha)


Baca Juga

Berita terkait
Pembangunan Berkelanjutan, Pertamina Dukung Digitalisasi UKMM
Manajer SMEPP PT Pertamina (Persero) Rudi Ariffianto mengatakan pengembangan UMKM oleh Pertamina merupakan wujud dukungan kepada pemerintah.
BSI Buka Kantor di Dubai, Erick: Optimalkan Potensi Bisnis
PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) berkomitmen mendukung program BUMN Go Global yang dicanangkan Menteri BUMN Erick Thohir.
Rombak Petinggi BUMN, Erick Tohir Dipuji Politisi PAN
Kebijakan nekat Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Tohir merombak jajaran komisaris dan direksi perusahaan plat merah dipuji politisi.
0
Tips Vier Bangun Mental Trader yang Kuat di Pasar Saham
Investor yang juga legenda pasar modal indonesia, Vier Abdul Jamal, membagikan tips bagaimana membangun mental trader yang kuat dipasar saham.