UNTUK INDONESIA
Dipulangkan, 69 WNI Anak Buah Kapal Diamond Princess
69 WNI ABL pesiar Diamond Princess yang tertahan di Yokohama, Jepang, dipulangkan ke Tanah Air dengan angkutan udara ke Bandara Kertajati
Proses pemulangan WNI anak buah kapal Diamond Princess dari pelabuhan Yokohama, Jepang, Minggu, 1 Maret 2020. (Foto: Antara/KBRI Tokyo).

Jakarta - Sebanyak 69 warga negara Indonesia (WNI) yang merupakan anak buah kapal (ABK) kapal pesiar Diamond Princess yang tertambat di Yokohama, Jepang, berkaitan dengan virus corona, segera dipulangkan ke Tanah Air dengan angkutan udara.

Pada Minggu, 1 Maret 2020, siang waktu Tokyo, para WNI ABK yang telah dikarantina selama lebih dari dua pekan di kapal tersebut memulai proses pemulangan ke Indonesia. Setelah makan siang yang dikirim oleh KBRI Tokyo, para WNI turun satu per satu dari kapal untuk diukur suhu tubuhnya.

Mereka yang suhunya lebih panas dari angka yang ditetapkan oleh Protokol Kesehatan Indonesia diminta untuk kembali ke kapal, demikian keterangan tertulis Kementerian Luar Negeri RI, Minggu, 1 Maret 2020.

Total 69 WNI ABK kapal Diamond Princess yang secara sukarela mengikuti proses pemulangan ini telah meninggalkan kapal menggunakan bus untuk segera masuk ke pesawat Garuda Indonesia yang telah menunggu untuk menerbangkan mereka kembali ke Tanah Air.

abk2Proses pemulangan WNI anak buah kapal Diamond Princess dari pelabuhan Yokohama, Jepang, Minggu, 1 Maret 2020. (Foto: Antara/KBRI Tokyo).

Pesawat sewa tersebut akan bertolak dari Bandara Haneda, Tokyo, pada Minggu, 1 Maret 2020, pukul 18.00 waktu setempat dan diperkirakan tiba di Bandara Kertajati, Jawa Barat, sekitar pukul 23.30, seperti dilansir Antara.

Selanjutnya, puluhan WNI itu akan dibawa ke pelabuhan PLTU Indramayu untuk menuju lokasi observasi di Pulau Sebaru Kecil, Kepulauan Seribu, Teluk Jakarta, melalui jalur laut.

Tim Gabungan yang terdiri dari TNI, Kementerian Kesehatan, Kementerian Luar Negeri, dan KBRI Tokyo didukung sepenuhnya oleh Kementerian Luar Negeri Jepang serta petugas kesehatan Jepang membantu proses pemulangan ini. []

Berita terkait
Terawan Tanggapi Evakuasi WNI Kapal Diamond Princess
Menkes Terawan Agus Putranto mengatakan pemerintah akan lebih berhati-hati evakuasi WNI yang berada di kapal pesiar Diamond Princess.
0
DPR Desak Pemerintah Terbuka Soal Perubahan APBN
Politisi PKS di DPR Anis Byarwati meminta pemerintah lebih terbuka dalam memberikan informasi mengenai perubahan APBN 2020 terkait Covid-19.