UNTUK INDONESIA
Diperiksa 6 Jam, Cucu Soeharto Akui Member MeMiles
Cucu Soeharto, Ari Sigit diperiksa penyidik Polda Jatim selama enam jam dengan 39 pertanyaan terkait investasi bodong, MeMiles.
Cucu Soeharto, Ari Sigit usai menjalani pemeriksaan sebagai saksi dalam kasus investasi bodong, MeMiles di Ditreskrimsus Polda Jatim, Rabu 22 Januari 2020. (Foto: Tagar/Haris D Susanto)

Surabaya - Cucu Soeharto, Ari Haryo Wibowo Harjojudanto alias Ari Haryo Sigit (AHS) akhirnya keluar dari ruang penyidik Ditreskrimsus Polda Jatim, terkait kasus investasi bodong, MeMiles. Ari Sigit diperiksa selama enam jam, setelah dipastikan keluar dari ruangan pada pukul 16.00 WIB.

Dalam pemeriksaan tersebut, ia mendapatkan 39 pertanyaan dari menyidik. Namun, dalam keterangannya, Ari Sigit membenarkan bahwa dirinya memang menjadi member MeMiles yang dikelola oleh PT Kam and Kam.

"Yang jelas selaku warga negara yang baik saya memenuhi panggilan. Saya memberikan kesaksian terkait kasus MeMiles, karena saya sendiri juga sebagai member," kata Ari Sigit, kepada awak media, Rabu 22 Januari 2020.

Ia juga menyebut, kedatangannya ke Mapolda Jatim ini agar kasus ini segera selesai. Serta pihak keluarga juga sudah mengizinkan supaya Ari Sigit datang memenuhi panggilan.

Saya memberikan kesaksian terkait kasus MeMiles, karena saya sendiri juga sebagai member.

"Ya pihak keluarga menginginkan ini cepat kelar, makanya saya datang," imbuh dia.

Sementara terkait dua mobil mewah yang kini sudah terparkir di depan kantor Ditreskrimsus Polda Jatim, Ari Sigit mengaku itu bukan miliknya. Melainkan itu reward dari MeMiles untuk pihak keluarganya.

"Iya, itu dua mobil sudah saya serahkan. Tapi itu dari pihak keluarga bukan saya," ujar dia.

Selain itu, Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan, pemeriksaan Ari Sigit ini sesuai dengan kebutuhan penyidikan. Namun, yang bersangkutan datang sebagai saksi.

"Statusnya masih saksi, kemudian diterangkan dan kemudian kita compare atau bandingkan dengan sistem yang ada, ternyata benar, yang bersangkutan member dan top-up beberapa kali," kata Trunoyudo.

Selama pemeriksaan Ari Sigit, Trunoyudo menyebut cucu Soeharto tersebut baru dua bulan bergabung menjadi member MeMiles. Ia mengatakan, Ari Sigit ini bergabung pada bulan November 2019 lalu.

"Dia (Ari Sigit) mengaku gabung bulan November dan Desember, dan mengaku belum terima reward," tambah dia.

Sementara, terkait aliran dana yang masuk ke rekening Ari Sigit, Trunoyudo belum bisa menyebut. Karena pihak penyidik masih melakukan analisa.

"Kita masih analisa, apakah ini reward ataukah apa. Yang jelas kita lihat dulu, karena penyidikan baru selesai, dan hasilnya belum bisa kita sampaikan," ucap Trunoyudo.

Sedangkan, terkait dua mobil mewah yang sudah diterima Polda Jatim, Trunoyudo membenarkan bahwa itu reward yang diberikan oleh pihak keluarga, yakni untuk yakni Istri Ari, Frederica Francisca Callebaut, dan Ilsye Aneke Ratnawati.

"Jadi mobil itu diberikan untuk keluarga, bukan untuk AHS," imbuh dia.

Trunoyudo juga memastikan terkait keterlibatan keluarga Soeharto dalam kasus MeMiles ini, pihaknya akan kembali menjadwalkan pemeriksaan istri Ari Sigit, Frederica Francisca Callebaut, dan ibu Ilsye Aneke Ratnawati.

Trunoyudo mengaku, mestinya pemeriksaan dilakukan pada hari. Namun, keduanya izin untuk tidak bisa hadir, karena sakit. Untuk itu, pihak kepolisian akan menjadwalkan ulang terkait dua anggota keluarga Soeharto ini.

"Kita jadwalkan minggu depan, karena hari ini mereka berhalangan hadir," pungkas Trunoyudo. []

Berita terkait
Sopir Mobil Polisi di Malang Diperiksa Polda Jatim
Anggota Polresta Malang Kota yang menyebabkan kecelakaan beruntun di Kota Malang saat ini menjalani pemeriksaan di Polda Jatim.
Cucu Soeharto Diduga Terima Aliran Dana dari MeMiles
Polda Jawa Timur menyelidiki aliran dana yang diterima cucu Soeharto dari MeMiles meski tidak tercatat sebagai member.
Pemkot Surabaya Izinkan Persebaya Pakai Dua Stadion
Pemkot Surabaya akhirnya mengizinkan Persebaya Surabaya menggunakan dua stadion yakni Gelora Bung Tomo dan Gelora 10 November sebagai home base.
0
Radioaktif Tangsel Cs 137 Ditemukan di Rumah Warga
Clean up oleh Bapeten dan Batan di Perumahan Batan Indah, Kota Tangsel, Banten, mulai babak baru karena ditemukan Cs 137 di rumah warga