Diminta Jadi Joki UAS, Respon Natya Tuai Perdebatan

Natya Shina kembali menjadi sorotan di sosial media, khususnya di Twitter karena namanya masuk ke dalam jajaran trending.
Natya Shina. (Foto: Tagar/Instagram/@natyashina)

Jakarta - Natya Shina kembali menjadi sorotan di sosial media, khususnya di Twitter karena namanya masuk ke dalam jajaran trending. Tak hanya namanya, kampus tempatnya dulu menimba ilmu juga ikut masuk ke dalam trending.

Hal ini terjadi usai Natya menyebarkan tangkapan layar pesan acak dari seseorang yang meminta dirinya untuk menjadi joki Ujian Akhir Semester (UAS) atau meminta tolong untuk dibantu dalam mengerjakan salah satu mata kuliah di jurusan Hubungan Internasional Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR).

Awalnya Natya mengatakan bahwa dirinya merasa malu karena dulu semasa kuliah teman-temannya akan meminta untuk diajari, bukan meminta dikerjakan. Ia juga memberikan nasihat kepada orang yang mengiriminya pesan untuk bisa lebih berusaha.

Buntut permasalahannya adalah ketika Natya ingin melaporkan si pengirim pesan kepada ketua jurusannya, padahal yang bersangkutan sudah mengaku bahwa dirinya hanya bercanda dan hanya iseng untuk mengirimi Natya pesan lewat akun Instagramnya.

Pengirim pesan yang merupakan mahasiswa UNPAR itu juga mengatakan bahwa UAS sudah selesai dan ia sudah mengerjakannya dengan tuntas. Natya mengaku dirinya kenal baik dengan semua dosen di jurusan Hubungan Internasional hingga rektor di kampusnya dulu.

Namun, dengan pengakuan yang diberikan Natya, publik diibuat kesal saat wanita kelahiran Denpasar itu mengaku dirinya tak menyukai bercandaan dari si pengirim pesan. Sebagai mantan asisten dosen dan lulusan terbaik HI UNPAR, Natya tetap akan melaporkannya ke salah satu dosen yang dikenalnya.

"Aku capek-capek usaha ngewakilin UNPAR kalau ada pertemuan nasional atau MUN (Model United Nations) di luar, eh kamu malah iseng-iseng bikin malu," kata Natya kepada pengirim pesan pada Jumat, 7 Januari 2022.

Di dalam tangkapan layar yang beredar juga, si pengirim pesan berkali-kali meminta maaf karena tak tahu bahwa dirinya akan ditanggapi dengan serius. Banyak masyarakat yang merasa perlakuan Natya tidak pantas dan tidak mencerminkan lulusan terbaik.

Tak sedikit yang memberikan saran mengenai cara menegur Natya. Banyak yang mengatakan agar Natya lebih baik menegur secara langsung saja tanpa harus menyebarkan lewat story Instagram hingga melaporkan langsung kepada dosen di UNPAR.

Dengan viralnya tangkapan layar ini, banyak yang memberikan reaksi beragam seperti permasalahan lulusan terbaik hingga mantan asisten dosen yang Natya sebut-sebut dan cara penulisan pesan Natya yang dianggap tidak mencerminkan lulusan terbaik.

Mahasiswa yang mengiriminya pesan secara iseng juga dinilai salah, karena bagaimanapun mengirim pesan kepada orang yang tidak dikenal bukanlah sesuatu yang benar untuk dilakukan. Maka dari itu, tak sedikit masyarakat yang mengatakan bahwa keduanya memang salah.

(Rana Maheswari Ummairah)


Berita terkait
Twitter Blokir Akun Anggota DPR AS Karena Unggahan Menyesatkan Soal Covid-19
Sebelumnya, Greene telah mendapatkan banyak kecaman karena komentarnya tentang pandemi.
Cari Cuan Sambil Rebahan, Ini 3 Cara Dapat Uang dari Twitter
Namun, kini aplikasi Twitter tak hanya untuk meng-tweet saja, tapi dari aplikasi ini kamu bisa menghasilkan uang. Penasaran bagaimana caranya?
7 Film yang Paling Banyak Dibahas di Twitter, Ada SpiderMan!
Sepanjang tahun 2021, banyak film yang dibicarakan oleh pengguna Twitter hingga masuk ke dalam trending di beberapa waktu. Ini 7 deretannya.
0
Diminta Jadi Joki UAS, Respon Natya Tuai Perdebatan
Natya Shina kembali menjadi sorotan di sosial media, khususnya di Twitter karena namanya masuk ke dalam jajaran trending.