UNTUK INDONESIA
Dilanda Isu Privasi, Zoom Tingkatkan Fitur Keamanan
Aplikasi Zoom meningkatkan keamanannya setelah mendapat masalah keamanan dan privasi dalam platform-nya.
Ilustrasi aplikasi Zoom. (Foto: Antara/Shutterstock)

Jakarta - Setelah dilanda isu masalah keamanan dan privasi, Zoom bergegas melakukan pencegahan dengan meningkatkan fitur keamanannya. Pihak perusahaan mengaktifkan kata sandi dan ruang tunggu untuk rapat secara default bagi semua pengguna.

Dilansir dari laman The Verge, Senin, 6 April 2020, pengaturan default (standar) tersebut akan menjadi langkah tambahan untuk bergabung ke dalam Zoom yang sebelumnya telah dijadwalkan. Pengaturan ini sudah diberlakukan sejak 5 April 2020.

"Kami selalu berusaha memberikan keamanan pada lingkungan rapat virtual pengguna kami. Kami mengaktifkan kata sandi dan ruang tunggu virtual secara default bagi pengguna Free Basic dan Single Pro kami. Kami anjurkan kepada semua pengguna untuk menerapkan kata sandi dalam semua pertemuan mereka," kata Zoom dalam pernyataan kepada The Verge.

Dalam penerapan pengaturan baru ini, si pembuat rapat dapat memilih orang-orang yang akan mengikuti rapat tersebut, sementara peserta harus menunggu di ruang tunggu untuk mendapatkan izin beragabung dari pembuat rapat.

Zoom mengalami pelonjakan pengguna selama pandemi Covid-19. Namun, hal ini justru menjadi sasaran empuk bagi para peretas untuk melakukan tindakan tidak bertanggungjawab, seperti peretasan, pelecehan, dan lelucon yang seringkali melalui Zoombombing. Para pelaku peretas ini bahkan mendapat perhatian khusus dari penegak hukum di Amerika Serikat (AS), dengan menerapkan implikasi hukum yang serius bagi pelaku Zoombombing.

Beberapa waktu lalu, peneliti keamanan sudah mengambangkan alat otomatis yang mampu mengidentifikasi 100 ID rapat Zoom yang tidak dilindungi kata sandi dalam satu jam. 

Dengan adanya kebijakan kata sandi default, diharapkan mampu mencegah alat pemindai serupa untuk menemukan ID rapat dan informasi pribadi pada masa mendatang.[]

Berita terkait
Smartfren Gandeng Zoom Hadirkan Video Conference
Smartfren bekerja sama Zoom Video Communications menghadirkan komunikasi berbasis cloud yang dinamai Smartfren OneTouch Unfied Conferencing.
Cara Install dan Menggunakan Zoom Cloud Mettings
Zoom Cloud Mettings merupakan aplikasi yang digunakan sebagai media komunikasi jarak jauh dengan menggabungkan konferensi video, pertemuan online.
Kominfo Berantas Pegasus Spyware Peretas WhatsApp
Pegasus Spyware merupakan virus atau program jahat yang diproduksi perusahaan asal Israel.
0
Kapal Penyeberangan dari NTB ke Bali Ditutup
Untuk mencegah penyebaran Covid-19 di NTB. Pemprov NTB menutup pelabuhan dari NTB ke Bali.