Diklaim 20 % Lebih Cepat, Qualcomm Perkenalkan Snapdragon 8 Gen 1

Produsen chipset Qualcomm baru saja memperkenalkan chipset terbarunya pada acara tahunan yang diselenggarakan di Hawaii. Simak ulasannya.
Chipset terbaru Qualcomm, Snapdragon 8 Gen 1. (Foto: Tagar/Qualcomm)

Jakarta – Produsen chipset Qualcomm baru saja memperkenalkan chipset terbarunya pada acara tahunan yang diselenggarakan di Hawaii. Chipset terbaru ini diberi nama Snapdragon 8 Gen 1 yang diklaim 20 % lebih cepat dibandingkan pendahulunya.

Chipset terbaru ini merupakan sebuah terobosan dari Snapdragon untuk melawan kompetitor-kompetitornya. Snapdragon 8 Gen 1 dibuat dengan fabrikasi baru yaitu 4nm yang pastinya akan meningkatkan kinerja dan efisiensi dibandingkan generasi sebelumnya.

CPU pada chipset ini menggunakan desain tiga cluster namun menggunakan arsitektur terbaru dari Arm yaitu Armv9. Inti utama dari chipset ini menggunakan Cortex-X2 3.0GHz, dan ada tiga core Cortex-A710 2.5GHz, serta empat core Cortex A510 1.8 GHz.

Dengan racikan baru ini Qualcomm mengklaim jika Snapdragon 8 Gen 1 mengalami peningkatan CPU sebesar 20 %. Tak hanya itu chipset terbaru ini dinilai juga lebih hemat daya sebanyak 30 % dibandingkan Snapdragon 888.

Snapdragon 8 Gen 1 juga menggandeng GPU Adreno sebagai pengolah grafis dari chipset ini, meskipun hingga saat ini belum diketahui GPU Adreno seri apa yang akan digunakan nantinya. Namun, grafis ini diklaim akan mengalami peningkatan hingga 30 % dan efisiensi hingga 25 %.

Chipset terbaru Qualcomm ini nantinya memiliki refresh rate hingga 144Hz dengan resolusi QHD+. Dengan spesifikasi yang sangat mumpuni dan permintaan untuk support game berat yang tinggi, chipset ini nantinya akan dibekali dengan tiga fitur gaming elit baru.

Adreno Frame Motion Engine merupakan fitur yang diberikan pada chipset ini dimana Gpu bisa membuat frame rate dua kali lipat namun dengan konsumsi daya yang sama. Fitur ini juga membuat FPS terjaga baik saat memotong daya setengahnya.

Selanjutnya fitur yang membuat rendering volume trus sekelas dengan perangkat desktop. Lalu, Variable Rate Shading (VRS) pro yang membuat gambar lebih halus dan memberi detail yang kuat.

Selain fitur baru dan tampilan yang akan lebih menakjubkan, Chpset ini juga mengalami peningkatan untuk konektivitasnya. Snapdragon 8 Gen 1 dibekali dengan jaringan X65 5G yang mendukung sub-6 dan mmWave, modem ini diklaim bisa menangkap jaringan hingga 10 Gbps. Untuk Wi-Fi, Snapdragon 8 Gen 1 sudah menggunakan Wi-Fi 6 dan 6E yang menjanjikan kecepatan hingga 3,6Gbps.

Pada bagian kamera Chipset ini diberikan tiga ISP yang mengadopsi teknologi 18 bit. Dengan teknologi ini Snapdragon 8 Gen 1 mengalami peningkatan pada hasil foto karena mampu menangkap 4000 kali lebih baik dalam menangkap warna dan ketajaman dibanding pendahulunya.

Dengan teknologi ini Snapdragon mampu mengambil foto dan video hingga 3,2 gigapiksel per detiknya. Chipset ini memungkinkan menghasilkan perekaman hingga resolusi HDR 8K dalam format HDR10+.

Pada bagian keamanan pengguna Snapdragon 8 Gen 1 dibekali dengan Qualcomm Secure Processing Unit yang mendukung iSIM. Fitur ini mengintegrasikan kartu SIM dengan perangkat sehingga pengguna dapat terhubung dalam jaringan tanpa kartu SIM.

(Dimas Rafika)

Berita terkait
Rekomendasi 5 Ponsel 5G Murah Mulai Rp 3 Jutaan
Anda tak harus membayar mahal untuk merasakan performa jaringan 5G.
Notifikasi Ponsel Dapat Mengganggu Produktivitas Bekerja
Ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk menangani ditraksi pemberitahuan pesan dari ponsel yang muncul selama bekerja.
Per 1 November, Daftar Ponsel Ini Tak Bisa Lagi Gunakan WhatsApp
Ponsel yang tidak bisa menggunkan aplikasi WhatsApp ini menggunakan sistem operasi yang telah lawas dan tak bisa diperbarui lagi.
0
Diklaim 20 % Lebih Cepat, Qualcomm Perkenalkan Snapdragon 8 Gen 1
Produsen chipset Qualcomm baru saja memperkenalkan chipset terbarunya pada acara tahunan yang diselenggarakan di Hawaii. Simak ulasannya.