Digelar di Israel Ajang Miss Universe 2022 Tuai Kontroversi

Ramainya seruan boikot Miss Universe 2021 merupakan dampak dari konflik Israel-Palestina yang masih berlangsung hingga saat ini
Ilustrasi Ajang Miss Universe. (Foto: Tagar/Ist)

Jakarta - Ajang Miss Universe 2022 rencananya akan digelar di kota Eilat, Israel pada Desember 2021 mendatang.

Hal itu disampaikan oleh Paula M. Shugart selaku President Of The Miss Universe Organization, ia mengatakan bahwa Israel telah masuk daftar pendek sebagai negara tuan rumah.

“Karena sejarahnya yang kaya, pemandangannya yang indah, segudang budaya dan daya tarik (Israel) sebagai tujuan wisata global,” kata Paula dilansir dari Arabnews.com.

Namun kontes tersebut menuai banyak sorotan, terutama kontroversi karena akan diselenggarakan di Israel. Seruan boikut pun datang dari berbagai pihak, menentang pelaksanaan kontes ratu kecantikan tersebut.

Salah satunya adalah Rafaela Plastira, kontestan asal Yunani. Bahkan Rafaela rela untuk mengundurkan diri dari ajang tersebut.

Dalam unggahan di Instagram miliknya, Miss Yunani 2019 itu mengatakan, “I am dissapointed in miss universe for this!”

“It was a childhood dream for me but I really don’t care. I CARE about my people. Humanity ABOVE Beauty Pageants!” lanjutnya.

Rafaela menyampaikan kekecewaannya pada Miss Universe. Walaupun mengikuti ajang tersebut adalah impiannya sejak kecil, tapi Rafaela lebih peduli tentang kemanusiaan, khususnya bagi rakyat Palestina.

Unggaham Rafaela mendapatkan banyak komentar positif dari warganet. Mereka menyampaikan rasa terimakasih pada Rafaela karena telah menyuarakan dukungannya terhadap rakyat Palestina yang hingga kini masih berada dalam bayang-bayang konflik dengan Israel.

Salah satunya adalah Hannah Rasekh, seorang pengusaha mode asal Yordania. Dengan akun Instagram @hannah_rsk, dia menyampaikan komentar, “Love from Palestine. We see you! Thank you.”

Ramainya seruan boikot Miss Universe 2022 merupakan dampak dari konflik Israel-Palestina yang masih berlangsung hingga saat ini.

Diketahui, bukan hanya Rafaela sebagai kontestan dari negara perwakilan yang mengundurkan diri dari Miss Universe 2022.

Sebelumnya, Malaysia juga mengumumkan bahwa tidak akan mengirimkan perwakilannya pada ajang tersebut.

Demikian pula dengan Afrika Selatan. Pemerintah Afrika Selatan mengatakan telah menarik dukungan untuk kontestannya atas partisipasinya di acara Miss Universe 2022. []


Baca Juga 


Berita terkait
Pesan Miss Myanmar di Miss Universe 2021 Rakyat Kami Sekarat
Kontestan Miss Universe 2021 dari Myanmar, Thuzar Wint Lwin, gunakan kontes kecantikan itu untuk suarakan sikap menentang junta militer
Miss Meksiko Andrea Meza Terpilih Jadi Miss Universe 2021
Andrea Meza dari Meksiko telah dinobatkan sebagai Miss Universe 2021. Kontes diadakan di Hollywood, Florida, AS
Putri Indonesia di 10 Besar Miss Universe 2019
Frederika Alexis Cull berhasil menjadi perwakilan Indonesia pertama yang berhasil masuk urutan 10 besar di ajang Miss Universe 2019.
0
Sedang Hamil, Park Shin Hye Menikah dengan Choi Tae Joon
Park Shin Hye, aktris sekaligus model asal negeri ginseng ini akhirnya memberikan kabar Bahagia terkait hubungannya dengan Choi Tae Joon.