Di Sawah Menak Sumedang Buah Dipetik Sendiri

Di kawasan agrowisata di Kecamatan Tomo, Sumedang, Jabar, pengunjung bisa memetik sendiri buah yang akan dibeli, seperti mangga gedong gincu
Bupati Sumedang, Dony Ahmad Munir, beserta istri mengunjungi lokasi agrowisata Sawah Menak di Kecamatan Tomo di jalan raya Bandung – Cirebon (Foto: sumedangkab.go.id).

Sumedang - Pemerintah Kecamatan Tomo, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, terus berupaya mengembangkan wilayahnya menjadi kawasan agrowisata. Salah satu upayanya, membuat agrowisata perkebunan mangga gedong gincu dan jambu kristal bernama Sawah Menak, di Dusun Bantargintung Desa Karyamukti, Kecamatan Tomo.

Camat Tomo, Asep Tatang Junaedi, mengatakan bahwa agrowisata Sawah Menak memakai konsep memetik dan makan buah mangga gedong gincu di tempat. Selain mangga gedong gincu, ada juga jambu kristal di perkebunan tersebut. "Kami bekerjasama dengan Perhutani membuka lahan seluas 30 hektar untuk membuka perkebunan ini, mudah-mudahan jadi role model untuk pengembangan agrowisata di Kabupaten Sumedang," kata Asep, 21 Juli 2020.

Bupati Sumedang, Dony Ahmad Munir, beserta istri yang mengunjungi tempat tersebut menuturkan, lokasi agrowisata Sawah Menak sangat strategis, karena berada di pinggir jalan nasional Bandung - Cirebon.

"Tempatnya sangat strategis karena berada di pinggir jalan nasional, mobil bisa langsung masuk, langsung petik, kupas dan makan di tempat, luar biasa sensasinya makan mangga dan jambu di kebunnya langsung," ujar Dony.

Bupati mengatakan, untuk mewujudkan agrowisata di Sumedang pihaknya akan membantu mengembangkan agrowisata Sawa Menak melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Namun, menurut Bupati, upaya tersebut dibutuhkan kekompakan dan kebersamaan.

Pemkab Sumedang akan membantu khususnya dalam pengembangan 3A, aksebikitas, amenitas, dan atraksi. “Sehingga akhirnya mampu menggerakkan ekonomi warga sekitar, khususnya warga Kecamatan Tomo," kata Dony (rsi/sumedangkab.go.id). []

Berita terkait
Tips Mencuci Buah dan Sayuran Agar Aman Dimakan
Rutin mengonsumsi buah dan sayuran ampuh untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tetapi sebelum dimakan, pastikan dicuci bersih.
0
Sempat Diterpa Badai Seroja, Mensos Targetkan Pemulihan NTT Juni 2021
Menteri Sosial Tri Rismaharini, menargetkan dana bantuan sosial untuk pemulihan NTT yang terkena Badai Seroja dapat disalurkan Juni ini.