Di Luar Birokrasi, Anggun C Sasmi Tetaplah Rakyat Indonesia

Dengan berat hati Anggun memutuskan untuk pindah kewarganegaraan. Alasannya, ia cukup kesulitan melakukan promosi lagu di Prancis.
Anggun C Sasmi. (Foto: Tagar/Republika)

Jakarta - Anggun C Sasmi adalah nama besar dalam industri musik Indonesia. Kiprahnya sebagai penyanyi sudah diakui secara internasional. Di saat kariernya yang tengah mencuat saat itu, Anggun memutuskan untuk pindah kewarganegaraan.

Tentu bukan tanpa alasan penyanyi kelahiran Jakarta, 29 April 1974 itu melakukan hal tersebut. Sebenarnya, Anggun sedih namun saat itu keputusan tersebut dianggap yang terbaik.

Anggun sendiri sebenarnya sudah meminta tolong kepada perwakilan pemerintah Indonesia di Perancis, namun tak ada hasil. Hingga akhirnya Anggun menjadi warga negara Prancis.

Akun Instagram @insta_julid mengunggah potongan video lawas Anggun yang membahas tentang kewarganegaraan. Anggun mengaku bahwa dulu dirinya sempat bertemu dengan duta besar Indonesia di Prancis.

"Ini terus terang saja ya. Ini aku juga ketemu Pak Dubes, aduh gimana kesannya ingin memberi sesuatu untuk Indonesia. Mungkin saya termasuk penyanyi pertama yang mencoba mendobrak market Eropa," kata Anggun.

"Bisa enggak dibantu mendapat kemudahan dalam mengambil visa?'. Soalnya kalau setiap hari Senin saya harus ngantri di setiap kantor dubes. Bilangnya gini 'Maaf ya saya enggak bisa, anak saya juga enggak punya paspor ini kok," sambungnya.


Karena banyak negara yang aku enggak bisa datang untuk promosi karena paspor aku enggak diperbolehkan.


Akhirnya, dengan berat hati Anggun memutuskan untuk pindah kewarganegaraan. Alasannya, ia cukup kesulitan melakukan promosi lagu di Prancis saat masih menjadi warga negara Indonesia.

"Karena banyak negara yang aku enggak bisa datang untuk promosi karena paspor aku enggak diperbolehkan. Ada banyak negara yang enggak ada perjanjian politik dengan Indonesia," paparnya.

"Ini bukan fasilitas saya buat kerja, aku merasa sedih sekali. Meminta bantuan dari pemerintah Indonesia enggak dikasih. Saya harus mengambil keputusan dengan berat hati," sambung dia,

Bukan hal mudah bagi Anggun untuk pindah menjadi warga negara asing. Ia menjalani serangkaian tes dan wawancara hingga akhirnya berhasil.

"Untuk lepas warga negara itu, harus dites di KBRI selama empat jam. Mau meninggalkan malah ditesnya aneh-aneh. Terus sudah gitu selesai ujian gitu diwawancara juga. Diaudisi sama bagian dalam negeri ini," kata Anggun.

"Diwanti-wanti kalau sudah jadi warga negara asing enggak bisa beli tanah loh di Indonesia," lanjutnya.

Meski sudah menjadi warna negara Prancis, Anggun tetap membawa nama baik Indonesia ke kancah internasional. Nyatanya, ia selalu berbicara hal positif tentang Tanah Air.

"Sekarang orang-orang tahu aku orang Indonesia. Setiap kali aku berbicara Indonesia. Sebenarnya buat aku yang ganti warna buku kecil itu," kata dia.


Baca juga

Berita terkait
Anggun C Sasmi Heran dengan Warga Indonesia yang Ingin Putih
Anggun tak habis pikir dengan banyaknya orang Indonesia yang berupaya sekuat tenaga ingin memiliki warna kulit putih bagaikan bule.
Peran Anggun C Sasmi di Film Disney Raya and The Last Dragon
Penyanyi Anggun C Sasmi turut berpartisipasi sebagai pengisi suara dalam film animasi terbaru Disney berjudul "Raya and the Last Dragon".
Anggun C Sasmi Kembali Jadi Juri Mask Singer di TV Prancis
Penyanyi asal Indonesia Anggun C Sasmi, kembali didaulat untuk menjadi juri di ajang pencarian bakat Mask Singer musim terbaru di Prancis.
0
Di Luar Birokrasi, Anggun C Sasmi Tetaplah Rakyat Indonesia
Dengan berat hati Anggun memutuskan untuk pindah kewarganegaraan. Alasannya, ia cukup kesulitan melakukan promosi lagu di Prancis.