UNTUK INDONESIA
Deretan Lagu Religi Khas Bulan Ramadan
Sederet artis musik Indonesia tercatat pernah merilis lagu-lagu religi untuk menemani umat Islam yang menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan.
Ungu Band melantunkan lagu religi Bila Tiba. (Foto: Instagram/ungu_band)

Jakarta - Sederet artis musik Indonesia tercatat pernah merilis lagu-lagu religi untuk menemani umat Islam yang menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan. Bahkan, musik-musik mereka kerap menjadi penanda zaman lantaran dirilis dan terkenal secara bergantian pada bulan puasa di tiap tahunnya.

Mulai dari grup musik senior Bimbo, band Gigi, hingga grup gambus modern Sabyan, berhasil mencuri perhatian khalayak saat merilis tembang-tembang religi pada bulan Ramadan.

Berikut Tagar rangkumkan lagu-lagu religi dari sederet musisi yang dirilis menemani umat Islam menjalani ibadah di bulan puasa Ramadan:

Grup musik BimboGrup musik Bimbo. (Foto: Antara/Aprillio Akbar)

1. Bimbo - Tuhan

Grup musik Bimbo memiliki sebuah lagu religi yang kerap dilantunkan banyak orang saat bulan Ramadan tiba, yakni tembang manis berjudul Tuhan. Karya ini begitu populer di Indonesia sejak dirilis di era 70-an silam.

Lewat karyanya ini, band yang digawangi oleh Syam Bimbo, Acil Bimbo, dan Jaka Bimbo ini menyampaikan pesan mendalam dalam musik yang sunyi dan tenang.

Meski kerap dilantunkan saat bulan suci Ramadhan, nyatanya lagu ini tidak dikhususkan untuk umat Islam saja. Bimbo juga tercatat kerap membawakan tembang berjudul Tuhan ini saat tampil dalam acara peringatan hari besar Umat Kristiani di Singapura.

Personil Band UnguUngu Band yang digandrungi anak muda akan manggung di Makassar, Jumat 6 November 2019. (Foto: Tagar/Ungu Band)

2. Ungu - Para Pencari Tuhan

Grup band Ungu, menjadi salah satu grup musik yang membawa trend baru bahwa sebuah grup band bisa juga membawakan tembang-tembang dengan nuansa religi dan keagamaan.

Salah satu karya populer Pasha dan kawan-kawan ini adalah lagu Para Pencari Tuhan yang dirilis pada 2007 silam. Lagu ini bahkan masih begitu membekas di telinga para pendengarnya lantaran dijadikan soundtrack sinetron yang tayang setiap bulan Ramadan.

OpickOpick, pencipta lagu, penyanyi genre religi, kadang main film dan membintangi iklan. (Foto: Instagram Opick)

3. Opick - Taubat

Nuansa bulan Ramadan tidak akan lengkap rasanya jika tidak mendengar lagu-lagu religi yang dipopulerkan oleh penyanyi pemilik nama panggung Opick Tombok Ati ini.

Salah satu lagu yang tak asing ditelinga para penikmat lagu religi adalah Taubat. Lagu ini sempat populer tahun 2013 ini cocok dimasukkan ke daftar playlist religi saat Ramadan tiba.

Gigi BandGigi Band melantunkan lagu religi Mohon Ampun. (Foto: Instagram/armandmaulana04)

4. Gigi - Mohon Ampun

Lagu Mohon Ampun yang begitu populer di bulan Ramadan tahun 2015 ini, mengisahkan hubungan antara manusia dan sang pencipta yang di balut dengan musik yang indah.

Grup band Gigi, terbilang berhasil memberikan sentuhan emosional yang luar biasa dalam lagu yang terdapat dalam album berjudul sama tersebut.

Armand Maulana mewakili Gigi dalam sebuah wawancara mengatakan, pembuatan lagu religi dalam album tersebut terinspirasi dari lagu-lagu religi jaman dulu seperti grup band Bimbo.

"Awalnya kita banyak dengar lagu religi di Indonesia khususnya hasil karya Bimbo. Lalu kita mikir kayanya asik juga ya bikin album dengan atmosfer di zaman Bimbo, kata Armand di Kemang, Jakarta Selatan pada Rabu, 10 Juni 2015 silam.

Nissa SabyanPenampilan Nissa Sabyan saat tampil menghibur warga Aceh di Lapangan Blang Padang, Banda Aceh, Selasa 18 Juni 2018 malam. (Foto: Tagar/Muhammad Fadhil)

5. Sabyan - Ya Maulana

Nama Nissa Sabyan mendadak muncul sebagai penyanyi pendatang baru yang mencuri perhatian dengan merilis tembang berjudul Ya Maulana, pada bulan Ramadan 2019 lalu.

Lagu ini kian populer lantaran liriknya dianggap sangat sesuai dengan kehidupan sehari-hari, di mana manusia tidak lepas dari kesalahan sehingga harus senantiasa bertaubat dan memohon ampunan kepada Yang Maha Kuasa.

ChrisyeChrisye (Foto: guitarchordtoday)

6. Chrisye - Ketika Tangan dan Kaki Berkata

Lagu berjudul Ketika Tangan dan Kaki Berkata yang dibawakan oleh Chrisye, begitu populer di bulan Ramadan tahun 2017 silam.

Meski tidak dirilis dalam satu album penuh bernuansa religi, tembang ini tercatat sempat menjadi karya penting dalam perjalanan musik dan spiritual Chrisye.

Dalam lirik lagu ini, penyair Taufiq Ismail selaku penggubah mengutak-atik makna berdasarkan tafsir atas isi Surat Yaasin ayat 65, yang mengisahkan akhir hidup manusia setelah Tuhan mencabut nyawa.

Sejumlah sumber menyebutkan, Chrisye sempat menangis ketika hendak bernyanyi untuk rekaman lagu ini.

Baca juga: Deretan Film Bertema Nabi Siap Temani Ramadan 2020

Sementara pesan yang tersirat dalam lagu ini adalah, Taufiq Ismail selaku penggubah ingin mengajak umat manusia agar berhenti bergibah, gosip, melukai hati sahabat dan keluarga serta meminta berhenti supaya tangan dan kaki berhenti pergi ke tempat-tempat yang tidak semestinya. []

Berita terkait
Deretan Penyanyi Cover Lagu Aisyah Istri Rasulullah
Sejumlah penyanyi Tanah Air menyanyikan ulang (cover) lagu Aisyah Istri Rasullah dengan versi masing-masing.
Felix Siauw Komentari Lagu Aisyah Istri Rasulullah
Sempat menduduki posisi trending selama seminggu di YouTube lagu Aisyah Istri Rasullah menuai komentar dari Felix Siauw.
Lirik Lagu Aisyah Istri Rasulullah dalam Dua Versi
Tembang Aisyah Istri Rasulullah dinilai menjadi viral dan banyak disukai karena liriknya yang romantis.
0
Deretan Lagu Religi Khas Bulan Ramadan
Sederet artis musik Indonesia tercatat pernah merilis lagu-lagu religi untuk menemani umat Islam yang menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan.