Deretan Aktor Batman, Robert Pattinson Berikutnya?
Aktor Twilight, Robert Pattinson, dikabarkan bakal membintangi film Batman terbaru. Sebelumnya, delapan aktor pernah berperan sebagai Batman.
Aktor Adam West memerankan Superhero Batman pada tahun 1966. (Foto: Warner Bross)

Jakarta - Aktor pemeran vampir dalam film Twilight, Robert Pattinson, diisukan sepakat dengan rumah produksi Warner Bross untuk membintangi film Batman terbaru. Namun, belakangan kompromi di antara keduanya mendapatkan jalan buntu. 

Padahal bila kesepakatan itu terjadi Robert bakal memerankan tokoh Batman termuda sepanjang sejarah karakter ini difilmkan. Batman diketahui muncul perdana lewat kisah komik buatan DC pada 1939, kemudian meluncur dalam format film seri televisi pada 1943, disusul bentuk layar lebar pertama kali pada 1989.

Mengenal lagi perjalanan film Batman, berikut Tagar rangkum delapan aktor yang pernah berperan sebagai sosok Bruce Wayne, pria yang berada di balik kostum superhero Batman.

Batman 1Lewis G Wilson menjadi aktor pertama yang memerankan Batman di film, saat masih berusia 23 tahun. (Foto: Warner Bros)

1. Lewis G Wilson (1943)

Lewis G Wilson merupakan aktor kelahiran New York pada 28 Januari 1920. Saat masih berusia 23 tahun, dia menjadi aktor pertama yang memerankan Batman dalam bentuk audio visual.

Lewis didaulat untuk menjadi "Manusia Kelelawar" dalam serial film seri pertama Batman pada tahun 1943. Film itu berseri, berjumlah 15 judul dan episode.

Proyek film berlanjut ke sesi kedua pada tahun 1949. Namun peran Wilson sebagai Bruce Wayne harus digantikan aktor lain, yakni Robert Lowery.

Batman 2Robert Lowery menjadi pemeran Batman. (Foto: Warner Bros)

2. Robert Lowery (1949) 

Robert Lowery melanjutkan aksi pahlawan Kota Gotham memerangi musuh jahat dalam film seri Batman yang diproduksi pasca-perang dunia kedua.  Sebelumnya, Lowery telah malang melintang di industri film Amerika, di antaranya membintangi film The Mark of Zorro (1940) dan Dangerous Passage (1944).

Batman 3Adam West menjadi 'Batman' paling dicintai penggemar. (Foto: Warner Bros)

3. Adam West (1966)

Berperan sebagai Batman selama dua tahun, Adam West berhasil membuat karakter sang superhero lekat dalam dirinya. Dia menjadi ikon dari karakter Batman itu sendiri. Dampaknya banyak penggemar yang mengatakan Adam West adalah Bruce Wayne, dan Bruce Wayne adalah Adam West.

Aktor kawakan ini bahkan tetap dikenang sebagai Batman saat meninggal dunia di usianya yang ke-88 tahun, pada tahun 2017 silam.

Batman 4Michael Keaton menjadi aktor pertama yang memerankan karakter Bruce Wayne dalam film layar lebar. (Foto: Warner Bros)

Baca juga: 

4. Michael Keaton (1989)

Michael Keaton menjadi aktor pertama yang memerankan Bruce Wayne dalam format layar lebar Batman. Dibesut sutradara Tim Burton, film Batman berhasil memboyong penghargaan kategori penata artistik terbaik Academy Award tahun 1990.

Michael Keaton menjadi pemeran Batman setelah posisi tersebut kosong selama 20 tahun. Kesuksesannya berlanjut di sekuel Batman berjudul Batman Returns yang dirilis tahun 1992.

Batman 5Val Kilmer tampil buruk saat memerankan tokoh Batman. (Foto: Warner Bros)

5. Val Kilmer (1995)

Val Kilmer menjadi pengganti Michael Keaton yang mundur dari proyek film Batman. Val tampil di film berjudul Batman Forever yang merupakan film ketiga dari seri film layar lebar Batman.

Sayang penampilan Val mendapat respons kurang baik dari pecinta fanatik "Manusia Kelelawar". Dia bahkan disebut-sebut sebagai aktor pemeran Batman terburuk sepanjang masa.

Batman 6George Clooney mengisi karakter Batman dalam film Batman & Robin yang dirilis tahun 1997. (Foto: Warner Bros)

6. George Clooney (1997)

Selanjutnya ada aktor George Clooney yang berperan sebagai Batman dalam film Batman & Robin. Namun sayangfilm yang dirilis tahun 1997 itu mendapat sambutan negatif penggemar DC dan seri film Batman. 

Lantaran kegagalan itu, rumah produksi Warner Bros dikabarkan diam-diam membatalkan sekuel dari Batman & Robin berjudul Batman Unchained.

Batman 7Christian Bale dianggap aktor paling sukses memerankan Batman. (Foto: Warner Bros)

7. Christian Bale

Setelah dua kali film Batman dianggap gagal, aktor Christian Bale membawa karakter superhero berkostum serba hitam itu menjajaki level yang berbeda.

Tiga film Batman yang dibintanginya, yakni Batman Begins, The Dark Knight dan The Dark Knight Rises mendulang sukses di pasaran, sekaligus meraup simpati dan pujian para kritikus film.

Batman 8Ben Affleck memerankan Batman di epos Batman Vs Superman. (Foto: Warner Bros)

8. Ben Affleck

Ben Affleck maju menggantikan Ben sebagai Batman di film Batman Vs Superman. Film tersebut tidak bisa dibilang berhasil, namun tidak pula dianggap mengalami kegagalan.

Banyak kritikus film dan penggemar DC menganggap film berjalan buruk. Namun dari total raihan pendapatan Batman Vs Superman selama tayang di bioskop di seluruh dunia mencapai 873,2 dollar AS. Pencapaian itu otomatis membungkam suara sumbang yang mengkritisi pemilihan Ben dalam film multiverse superhero DC Justice League pada 2017.

Baca juga: Intip Tawa Gila Musuh Bebuyutan Batman di Cuplikan Film Joker Terbaru


Berita terkait
0
Foto: Main di Kandang, Persib Ditahan Tim Juru Kunci
Tim asal Jawa Barat Persib Bandung harus puas dengan hasil imbang usai ditahan juru kunci Semen Padang dengan skor 1-1.