UNTUK INDONESIA
Derby della Madonnina, 5 Laga Klasik 2 Tim Milan
Derby della Madonnina sudah berlangsung ratusan kali. Berikut 5 duel klasik dari duel AC Milan melawan Inter Milan.
Derby della Madonnina sudah berlangsung ratusan kali. Berikut 5 duel klasik antara AC Milan dan Inter Milan. Kedua tim akan berduel untuk yang ke-224 saat Milan menjamu Inter di Stadion San Siro, Minggu 22 September 2019 dini hari WIB. (Foto: sportsman.com)

Jakarta - Duel dua tim Milan selalu menghadirkan gengsi dan prestise. Laga bertajuk Derby della Madonnina sudah berlangsung 223 kali sejak pertama kali digulirkan pada 10 Januari 1909. Saat itu, AC Milan menang 3-2 atas Inter Milan di Kejuaraan Sepak bola Italia (Football Italia Championship). 

Laga terakhir Milan Derby di kompetisi Serie A Italia musim lalu. Saat itu, 18 Maret 2019 Inter yang bertindak sebagai tim tamu menang 3-2 atas rival satu kota. 

Kini, kedua tim kembali bertemu di Stadion San Siro, Minggu 22 September 2019 dini hari WIB. Milan menjamu Inter untuk yang ke-224 kalinya. 

Dari ratusan kali bertemu berikut ini ada 6 duel klasik Derby della Madonnina menurut Sport Mole


Inter Milan vs AC Milan 6-5 (6 November 1949)

Pertandingan yang mendebarkan dan dramatis karena tercipta 11 gol. Penonton benar-benar terhibur dengan pertandingan yang diperkirakan berakhir dengan skor 4-4. Namun Benito Lorenzi berhasil mencetak gol dan membuat Inter unggul 5-4. Milan menolak menyerah. Hasilnya, Carlo Annovazzi menyamakan kedudukan. Namun drama belum berakhir. Dan, Amedeo Amadei mencetak gol sekaligus melengkapi hat-trick yang memenangkan Inter. Rekor 11 gol di laga derby masih belum terpecahkan. 


AC Milan vs Inter Milan 2-1 (28 Oktober 1984)

Striker asal Inggris Mark Hateley menjadi bintang kemenangan Milan. Gol yang menentukan kemenangan itu dicetak Hateley setelah memenangkan duel udara dengan Fulvio Collovati. Sundulannya menaklukkan kiper Walter Zenga. Pada Januari 2016 menjelang derby, fans Milan membentangkan banner raksasa dengan gambar Hateley menyundul bola sesaat memenangi duel udara itu yang didedikasikan pada striker yang pernah tiga musim membela Rossoneri itu. Entah terinspirasi oleh aksi penyerang timnas Inggris ini, Milan menang 3-0 di laga itu. 


Inter Milan vs AC Milan 0-6 (11 Mei 2001)

Skor dengan margin terbesar dalam sejarah Derby della Madonnina. Sampai saat ini rekor itu belum terpecahkan. Milan langsung unggul lewat dua gol cepat Gianni Comandini. Di babak kedua, Milan benar-benar berpesta. Tercatat tiga pemain secara bergantian membobol gawang Inter Dimulai Federico Giunti, Serginho dan dua gol dari Andriy Shevchenko. Penyerang asal Ukraina ini masih tercatat sebagai top scorer di derby dengan mengoleksi 14 gol. Unggul satu gol dari sang legenda Giuseppe Meazza yang pernah bermain di Inter dan Milan. 


AC Milan vs Inter Milan 0-4  (29 Agustus 2009)

Inter akhirnya membalaskan kekalahan memalukan delapan tahun lalu saat ditangani Jose Mourinho. Meski hanya mencetak empat gol, namun ini menjadi salah satu derby klasik dengan kemenangan besar dari salah satu tim. Derby kali ini memang lebih panas dari biasanya. Thiago Motta membawa Inter unggul. Milan kian terpuruk setelah andalannya Gennaro Gattuso dikartu merah. Inter memperbesar keunggulan saat Diego Milito mencetak gol dari titik penalti. Selanjutnya, Maicon dan Dejan Stankovic membuat Milan terkapar karena gawang mereka kebobolan sampai empat kali. 


Inter Milan vs AC Milan 3-2  (15 Oktober 2017)

Mauro Icardi sendirian yang menaklukkan Milan lewat hat-trick. Pertandingan berjalan sengit dan ketat. Icardi membawa Inter unggul 2-0. Namun Milan yang sudah mengeluarkan dana lebih dari 200 juta euro untuk memboyong banyak pemain, termasuk Leonardo Bonucci dan Andre Silva mampu mengejar ketinggalan. Diawali gol Suso di babak kedua dan kemudian gol bunuh diri kiper Samir Handanovic. Namun penalti dari Icardi melengkapi trigol sekaligus mengantarkan Nerrazzurri menang di kandang. []

Berita terkait
AC Milan vs Inter Milan, Derby Laga Spesial
Pelatih Inter Milan Antonio Conte menyebut AC Milan sebagai tim yang bagus sehingga Inter harus tampil maksimal di Derby della Madonnina.
Derby della Madonnina, Laga Penting Milan
Pelatih AC Milan Marco Giampaolo menyebut pentingnya Derby della Madonnina sehingga tim harus mengalahkan Inter Milan, Minggu dini hari WIB nanti.
Legenda Milan Justru Unggulkan Inter di Derby
Legenda AC Milan Zvonimir Boban mengunggulkan Inter Milan dalam Derby della Madonnina di Serie A Italia di Stadion San Siro, Minggu dini hari WIB.
0
Man United Gagal Menang, Lallana Selamatkan Liverpool
Manchester United kembali gagal menang setelah ditahan Liverpool 1-1 di laga Liga Premier Inggris di Old Trafford, Minggu 21 Oktober 2019.