UNTUK INDONESIA
Denny Siregar: Lockdown India dan Kaum Rebahan Indonesia
Bagaimana nasib 25 juta warga miskin di Indonesia ketika kita menerapkan lockdown total seperti di India? Denny Siregar.
Pekerja migran memadati terminal bus untuk kembali ke kampung halaman mereka saat diberlakukan penguncian atau lockdown 21 hari secara nasional untuk menekan penyebaran virus corona Covid-19, di Ghaziabad, pinggiran New Delhi, India, Sabtu, 28 Maret 2020. (Foto: Antara/Reuters/Anushree Fadnavis)

India ketika menerapkan lockdown total, dan menyebarkan aparatnya untuk memaksa penduduk masuk ke rumah, tidak mempertimbangkan seluruh aspek ekonomi dan sosial.

Mereka hanya berbicara tentang penyebaran virus.

Yang terhantam keras adalah masyarakat miskin di sana, di mana mereka tidak bisa bekerja sekadar mencari makan. Mereka bergantung dari pasokan pemerintah, dan harus antre berjam-jam. Jelas dalam situasi ini, social distancing pun diabaikan.

Bagaimana nasib 25 juta warga miskin di Indonesia ketika kita menerapkan lockdown total seperti di India?

Lockdown India
Para pekerja migran dan keluarganya berlari di belakang bus saat mereka kembali ke desa mereka, saat lockdown nasional selama 21 hari untuk membatasi penyebaran penyakit virus corona Covid-19 di Ghaziabad, pinggiran kota New Delhi, India, Minggu, 29 Maret 2020. (Foto: Antara/Reuters/Adnan Abidi)

Akhirnya, ribuan warga miskin India pun pergi dari wilayahnya dengan berjalan kaki, karena tidak tahan dengan situasi ini.

Bagaimana nasib 25 juta warga miskin di Indonesia ketika kita menerapkan lockdown total seperti di India?

Kadang dalam melihat sesuatu, kita harus meluaskan pandangan. Bahwa di negeri ini, yang tinggal bukan hanya kita saja, kelas menengah yang dengan enak rebahan sambil nonton televisi berlangganan.

Pahami. Tidak mudah mengambil sebuah keputusan untuk 250 juta orang. Beda antara tidak tegas dan berpikir untuk mengambil keputusan tepat.

Kita tidak ingin negeri ini seperti India. Situasi seperti ini mudah ditunggangi.

*Penulis buku Tuhan dalam Secangkir Kopi

Baca juga:

Berita terkait
Denny Siregar: Bukan Lockdown, Tegal Isolasi Kampung
Seperti darurat militer. Di India malah disabet-sabeti warganya. Di Malaysia denda untuk yang keluar rumah. Itu baru lockdown. Denny Siregar.
Denny Siregar: Lockdown China Vs Indonesia
Permasalahan otonomi daerah terlihat jelas saat wabah corona melanda Indonesia. Beda dengan China, pusat bilang A semua harus A. Denny Siregar.
25 Foto Lockdown India dan Berbagai Negara di Dunia
Banyak negara termasuk India terapkan lockdown, mengunci pintu, tidak boleh ada keluar masuk, untuk menekan penularan corona. Lihat foto-fotonya.
0
Jokowi Saksikan Ketua MA Syarifuddin Mengucap Sumpah
Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyaksikan pengucapan sumpah M. Syarifuddin sebagai Ketua Mahkamah Agung (MA) periode 2020-2025.