Indonesia
Demi Tugas, Profesi Ini Tidak Libur Lebaran
Berbahagialah yang dapat menikmati libur Lebaran. Ada sejumlah profesi yang tidak bisa menikmati liburan tersebut.
Jenifer, perawat di RS PGI Cikini Jakarta Pusat. (Foto: Antara)

Jakarta - Berbahagialah bagi Anda yang dapat menikmati libur Lebaran. Ada sejumlah profesi yang tidak bisa menikmati liburan tersebut. Terutama mereka yang bergelut dalam bidang pelayanan publik.

Satu di antaranya profesi suster atau perawat seperti Jenifer. Dia perawat di RS PGI Cikini, Jakarta Pusat. Sebagai suster, dia tidak libur saat warga lain merayakan Idul Fitri.

Menurut dia, Lebaran merupakan risiko pekerjaan yang harus dijalani dan sebagai bentuk ibadah melayani pasien.

"Sama dengan profesi pilot, masinis, pasti harus pintar-pintar mencari waktu agar dapat berkumpul bersama keluarga saat Libur Lebaran," kata gadis ayu ini saat diwawancara di tempat kerja, Jumat 17 Mei 2019.

Jenifer menuturkan sudah terbiasa melewatkan waktu tidak bersama keluarga saat Idul Fitri.

"Karena memang Lebaran saatnya buat bercengkarama dan bersilaturahmi bersama keluarga. Tapi aku lebih prioritaskan profesi karena setelah kerja kan bisa kumpul sama keluarga juga walaupun telat," ungkap Jenifer.

Jenifer menjelaskan bahwa sudah risiko profesi sebagai perawat jika dia harus lebih memprioritaskan diri untuk merawat pasien dengan baik.

Sementara itu, Bripda Polisi Andrie Firmansyah mengatakan bahwa tidak ada yang tidak keberatan jika harus masuk pada saat libur, siapapun itu.

Menurut anggota Polri itu sudah menjadi risiko dan tanggung jawabnya terhadap masyarakat untuk selalu siap menjaga keamanan.

"Masuk pada hari libur mungkin semua orang pasti keberatan. Tapi bagaimana pun kami punya tanggung jawab terhadap masyarakat dan negara. Itu tidak bisa kami tinggalkan dan harus kami laksanakan dengan baik agar terciptnya keamanan dan kenyamanan," ujar Bripda Andrie.

Menurut Jenifer dan Bripda Andrie, mungkin hanya masalah pembagian waktu antara keluarga dan pekerjaan.

"Cara bagi waktunya aja sih. Kalo misalkan dinas malam ya pagi sampe siang di rumah sama keluarga. Kalau dinas pagi atau sore ya mau ga mau malam sama keluarga," pungkas Jenifer. []

Baca juga:

Berita terkait
0
Buruh Bangunan di Makassar Tewas Karena Bantu Teman
Seorang buruh bangunan berusia 58 tahun tewas usai membantu teman yang menjadi korban penyerangan di Makassar.