Demi Lovato Sebut Dia Bukan Pria Atau Perempuan

Penyanyi Demi Lovato ungkap dia bukan pria atau perempuan tapi non-biner, apa maksudnya dan apa bedanya dengan transgender?
Demi Lovato (Foto: marca.com)

Jakarta – Penyanyi Demi Lovato mengungkap bahwa dia adalah non-biner sehingga panggilannya pun berubah dari she/her (dia untuk jenis kelamin perempuan) menjadi they/them (mereka).

Orang non-biner tidak menggolongkan diri sebagai pria atau perempuan, serta tidak turut dalam norma-norma kedua gender.

"Hari ini adalah hari yang membuat saya begitu gembira untuk berbagi lebih banyak tentang kehidupan saya kepada kalian semua," tulis Lovato di Twitter.

demi lovato2Demi Lovato (Foto: businessinsider.com)

"Saya bangga memberitahu kalian bahwa saya mengidentifikasi diri saya sebagai non-biner dan selanjutnya akan secara resmi mengubah panggilan menjadi they/them."

Lovato mengaku memahami identitas gender mereka setelah menghabiskan waktu "memulihkan diri dan merenung" selama setahun terakhir.

"Saya merasa ini paling baik dalam mewakili kecairan yang saya rasakan dalam ekspresi gender saya," kata mereka dalam sebuah video.

twit demi lovatoTweet Demi Lovato (Foto: bbc.com/indonesia)

Penyanyi yang terkenal melalui lagu Let It Go dalam film animasi Frozen ini mengatakan mereka masih "belajar dan jujur pada diri sendiri" serta tidak menganggap mereka sebagai "pakar atau juru bicara" mengenai topik gender.

Lovato mengatakan mereka akan berbicara dengan orang non-biner lainnya dalam serial video mengenai identitas gender.

"Saya melakukan ini untuk mereka di luar sana yang belum bisa berbagi tentang siapa mereka sebenarnya bersama orang-orang tercinta mereka," tambah Lovato.

"Mohon tetap hidup dalam kejujuran dan ketahuilah bahwa saya mengirimkan begitu banyak cinta kepada Anda."

1. Non-biner di Indonesia

Konsep gender non-biner di Indonesia bukan sesuatu yang baru. Di Sulawesi Selatan, masyarakat Bugis mengenal lima gender. Selain pria dan perempuan, terdapat calalai, calabai, dan bissu.

Calalai dilahirkan dengan tubuh perempuan tetapi secara tradisional mengambil peran gender laki-laki; mereka mungkin memakai kemeja dan celana panjang, merokok, pendek rambut dan melakukan pekerjaan sehari-hari.

bissuBissu sedang lakukan ritual (Foto: id.wikipedia.org)

Calabai dilahirkan dengan tubuh laki-laki tetapi mengambil peran gender perempuan, mengenakan gaun dan riasan dan memanjangkan rambut mereka.

Adapun bissu dianggap bukan laki-laki atau perempuan tetapi mewakili keseluruhan spektrum gender.

2. Apa yang Dimaksud dengan Gender Non-biner?

Berdasarkan terminologi yang dijabarkan Asosiasi Psikologi Amerika, gender non-biner adalah identitas gender yang tidak dapat digolongkan sebagai pria atau perempuan.

Identitas non-biner ini bisa bervariasi, seperti tak bergender (agender), perempuan dan laki-laki sekaligus (bigender), serta fluidgender yang fleksibel.

Oleh karena itu, sejumlah orang non-biner memilih panggilan netral yakni mereka (they), alih-alih he/him (dia untuk laki-laki) atau she/her (dia untuk perempuan).

3. Apa bedanya dengan Transgender?

Bukan berarti orang dengan gender non-biner adalah transgender.

Pasalnya, transgender mengidentifikasi dirinya sebagai perempuan atau laki-laki, tetapi non-biner tidak terbatas pada kedua gender tersebut (bbc.com/indonesia). []

Berita terkait
Demi Lovato Umumkan akan Menikah dengan Max Ehrich
Penyanyi Demi Lovato dan aktor Max Ehrich mengambil langkah besar dalam hubungan asmara. Demi akan menikah dengan tunangannya itu.
0
Amerika Dorong Vaksinasi Covid-19 Dengan Hadiah Jutaan Dolar
Mulai dari hadiah uang tunai yang sangat besar hingga layanan tertentu secara cuma-cuma, merupaka upaya dorong warga untuk divaksinasi Covid-19