Jakarta, (Tagar 24/9/2018) - Sukses dalam pekerjaan bukan saja tentang bekerja sebaik-baiknya, dan mendapat prestasi yang membanggakan. Tapi, banyak aspek yang mendukung sampai kita bisa dinyatakan berhasil dalam pekerjaan.

Baik karyawan baru, atau pegawai yang telah bekerja bertahun-tahun ingin menjadikan pekerjaan lebih bermanfaat dan berhasil. 

Berikut 8 kiat sukses dalam pekerjaan seperti dilansir Psychology Today.

1. Sikap positif 

Cobalah untuk bekerja dengan menunjukkan minat, antusiasme, dan pengaruh positif setiap hari. Penelitian menunjukkan bahwa sikap positif dan antusiasme membantu citra Anda sebagai karyawan hebat (dan sebagai pemimpin hebat).

2. Ekspektasi yang masuk akal

Memiliki harapan yang terlalu tinggi (atau terlalu rendah) tentang pekerjaan dan organisasi dapat menurunkan motivasi. Pertahankan harapan Anda masuk akal, dan sesuaikan dengan keadaan. Hal ini akan menjadi modal Anda untuk bisa terus maju.

3. Menampilkan kesan positif

Selama bekerja, Anda harus berusaha memberi kesan baik pada semua kolega. Jadilah rekan kerja yang baik, bawahan yang bisa diandalkan, dan bijaksana jika sudah sampai pada posisi manajer. Bahkan ketika Anda akan meninggalkan perusahaan, lakukan dengan cara baik-baik. Jangan sampai memutus hubungan dengan mantan atasan atau rekan kerja.

4. Membangun hubungan baik

Membangun hubungan baik dengan rekan kerja, atasan, dan para pimpinan perusahaan sangat penting untuk kesuksesan. Menjadi mentee atau mentor yang efektif. Di masa depan, orang-orang akan senang untuk mengunjungi Anda bukan karena kesuksesan selama bekerja, melainkan hubungan baik yang terjalin erat.

5. Berani karena benar, berani mengakui kesalahan

Bekerja sama dengan atasan Anda untuk mendukung mencapai tujuannya. Dengan begitu, Anda akan menjadi karyawan berharga di matanya. Jika manajer Anda berada di jalan yang salah, maka Anda harus berani mengemukakan pendapat untuk memperbaiki arahnya. Jika Anda yang salah, maka bersiaplah untuk memperbaiki keadaan.

6. Memahami cara kerja di kantor

Salah satu kunci sukses adalah memahami cara kerja di kantor. Pelajari bagaimana organisasi atau tim bekerja. Cari tahu tentang "aturan main". Bagaimana cara menyelesaikannya? Siapa orang-orang harus mengerjakan berbagai tugas?

7. Adaptasi dengan budaya organisasi

Setiap tim kerja dan organisasi memiliki budayanya sendiri. Perhatikan dan jadilah bagian dari budaya perusahaan. Pelajari komunikasi dan interaksi yang terjadi di dalam tempat kerja.

8. Menghargai

Renungkan apa yang telah Anda pelajari dari pengalaman selama di tempat kerja. Bahkan jika itu menjadi pengalaman buruk, Anda akan belajar sesuatu, mendapatkan keterampilan, dan memahami lebih banyak tentang kompleksitas tempat kerja. []