UNTUK INDONESIA
Dapat Jatah Menteri atau Tidak, SBY Hadir di Pelantikan
Politikus Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean memastikan Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono hadiri pelantikan Jokowi-Maruf.
Presiden Jokowi bertemu SBY di Istana Merdeka, Kamis, 10 Oktober 2019. (Foto: Facebook/Presiden Joko Widodo)

Jakarta - Politikus Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean memastikan Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono yang sekaligus Ketua Umum Partai Demokrat akan menghadiri pelantikan Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden terpilih Ma'ruf Amin yang akan digelar di Kompleks Parlemen, Jakarta, Minggu, 20 Oktober 2019.

"Pak SBY mewakili partai Demokrat akan hadir mengucapkan selamat secara langsung kepada Pak Jokowi dan KH Ma'ruf Amin," ujar Ferdinand di Jakarta, Sabtu, 19 Oktober 2019 seperti dilansir dari Antara.

Partai Demokrat kata dia, memutuskan untuk memberi kesempatan pada Jokowi di periode keduanya seperti yang disampaikan SBY melalui pidato kontemplasi 9 September 2019 lalu.

Namun, belum tahu apakah partainya masuk Kabinet Kerja jilid II Jokowi atau tidak. "Kami ingin menyerahkan sepenuhnya kepada Pak Jokowi," ucapnya.

Jokowi dan SBYPresiden Joko Widodo dan Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono. (Foto: Bito Setpres)

Pasalnya, urusan pemilihan menteri, kata Ferdinand merupakan urusan presiden. Jadi posisi Partai Demokrat mempercayakan pada Jokowi.

"Tetapi bagi kami, kami percaya Pak Jokowi akan bijaksana, mengerti dan memahami kebutuhannya dalam menyusun kabinetnya untuk menghadapi tantangan kedepan, kami meyakini itu," tuturnya.

Pelantikan periode ini, berbeda dengan periode sebelumnya yang digelar pagi hari. Majelis Permusyawaratan Rakyat mengungkapkan pelantikan presiden terpilih dan wakil presiden terpilih periode 2019-2024 digelar pada 14.30, Minggu, 20 Oktober 2019.

Pertimbangannya untuk memberi kesempatan kepada masyarakat yang melaksanakan ibadah Minggu pagi dan memberikan kesempatan pada masyarakat yang ikut serta hari bebas kendaraan bermotor atau car free day. []

Berita terkait
Jokowi Bertemu Zulkifli Hasan Setelah SBY dan Prabowo
Ketum PAN Zulkifli Hasan memenuhi undangan Presiden Jokowi datang ke Istana Merdeka Jakarta. Sebelumnya hal sama dilakukan SBY dan Prabowo.
SBY Temui Jokowi, Demokrat Merapat ke Pemerintahan?
SBY mengunjungi Jokowi di Istana Kepresidenan kemarin. Tanda Partai Demokrat merapat ke partai koalisi pendukung pemerintahan?
Tiga Sikap Politik Prabowo Disodorkan ke Jokowi
Tiga sikap politik Prabowo Subianto disodorkan kepada Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi).
0
Dua Kakek Setubuhi Anak di Takalar Sul-Sel Diciduk
Dua kakek di Takalar Sulawesi Selatan ditangkap polisi karena tega memperkosa anak di bawah umur berulang kali.