Daniil Medvedev Petenis yang Mengubur Mimpi Novak Djokovic

Daniil Medvedev mengubur mimpi Novak Djokovic sabet empat juara grand slam dalam satu musim di final tunggal putra AS Terbuka 2021
Juara Tunggal Putra AS Terbuka 2021, Daniil Medvedev, memegang trofi di hadapan wartawan pada Sabtu, 11 September 2021 di Flushing, New York, AS (Foto: usopen.org - Rhea Nall/USTA)

Jakarta - Daniil Medvedev merupakan petenis asal Rusia yang fenomenal lantaran berhasil melawan petenis peringkat 1 dunia dan pemegang 20 gelar grand slam, Novak Djokovic. Medvedev menghentikan kemenangan petenis asal Serbia tersebut dengan skor 6-4, 6-4, dan 6-4 pada Final AS Terbuka 2021 yang berlangsung di Arthur Ashe Stadium, New York, Amerika Serikat, pada Senin, 13 September 2021.

Babak final AS Terbuka 2021 ini dinilai sangat istimewa karena Medvedev berhasil membuat Djokovic gagal meraih gelar petenis putra terbaik dalam grand slam ini. Djokovic pun gagal pecahkan rekor grand slam yang dia pegang bersama Roger Federer (Swiss) dan Rafael Nadal (Spanyol) yaitu sebanyak 20. Dan harapan Djokovic untuk sabet empat gelar grand slam dalam satu musimpun pupus.

Sebelumnya, Medvedev pernah masuk dalam babak final dalam AS Terbuka 2019 namun, kalah melawan Rafael Nadal.

Medvedev lahir di Moskow, Rusia, pada 11 Februari 1996. Ia merupakan putra dari Sergey Medvedev dan Olga Medvedeva. Medvedev mempunyai adik perempuan bernama Elena.

Daria MedvedevaDaria Medvedeva, istri Medvedev, bereaksi terhadap pidato Daniil Medvedev saat penyerahan trofi kejuaraan Tunggal Putra di AS Terbuka 2021, Sabtu, 11 September 2021 di Flushing, New York, AS (Foto: usopen.org - Darren Carroll/USTA)

Medvedev juga telah mempunyai seorang istri bernama Daria Medvedeva. Mereka menikah pada 12 September 2018. Kemenangan Medvedev ini dianggap sebagai kado dari perayaan 3 tahun pernikahan mereka.

Saat usia 18 tahun, Medvedev bersama keluarganya menetap di Antibes, Prancis. Kedatangannya dengan tujuan untuk bergabung dengan Pusat Tennis Elite yang didirikan oleh Lisnard. Kemudian pada tahun 2017 Medvedev pindah ke Monte-Carlo, Monaco. Medvedev dilatih oleh Gilles Cervara secara penuh waktu sejak September 2017. Cervara sendiri juga merupakan salah seorang pendiri Pusat Tennis Elite.

Daniil Medvedev termasuk pemain tertinggi dengan tinggi badan 198 cm karena itu Medvedev tergabung dalam daftar pemain tertinggi pada AS Terbuka. Daftar tersebut menyingkirkan pemain lainnya seperti Juan Martin del Potro dan Marin Cilic. Tinggi badan mereka sama dengan Medvedev yakni 198 cm.

Medvedev memulai debutnya pada babak utama ATP di Kremlin Cup 2015 dan kemenangan pertama Medvedev diraih pada Ricoh Open 2016. Kemenangan grand slam ini yang pertama bagi Medvedev.

djokovic rangkul medvedevNovak Djokovic memeluk Daniil Medvedev setelah pertandingan kejuaraan tunggal putra AS Terbuka 2021, Minggu, 12 September 2021, atau Senin, 13 September 2021 dini hari WIB di Flushing, New York, AS. Medvedev kalahkan Djokovid 6-4, 6-4 dan 6-4 (Foto: usopen.org - Garrett Ellwood/USTA)

Pada pidato kemenangan di AS Terbuka 2021 Daniil justru meminta maaf kepada seluruh penonton stadium yang didominasi oleh penggemar Djokovic dan selanjutnya Medvedev menyebut bahwa Djokovic petenis putra terbaik sepanjang masa.

Meskipun Djokovic sempat terlihat kecewa sampai menangis, Ia tetap menganggap Medvedev berhak untuk mendapatkan trofi AS terbuka 2021 (dari berbagai sumber). []

- Dwi Oktaviani

Novak Djokovic Terjungkal di Final AS Terbuka 2021

Novak Djokovic Buka Peluang Raih Golden Slam di Olimpiade Tokyo

Petenis Serbia Novak Djokovic Peringkat 1 Dunia ATP

Petenis Dunia yang Mimpinya Terkubur di Olimpiade Tokyo 2020

Berita terkait
Novak Djokovic Terjungkal di Final AS Terbuka 2021
Kejutan besar di final tunggal putra AS Terbuka 2021 ketika petenis Rusia, Daniil Medvedev, kalahkan petenis peringkat 1 dunia, Novak Djokovic
0
Daniil Medvedev Petenis yang Mengubur Mimpi Novak Djokovic
Daniil Medvedev mengubur mimpi Novak Djokovic sabet empat juara grand slam dalam satu musim di final tunggal putra AS Terbuka 2021