Dampak Negatif Keramas Menggunakan Air Hangat

Air hangat memang memiliki manfaat jika digunakan untuk mandi terlebih ketika saat sakit. Namun, tidak berlaku jika digunakan untuk keramas
Ilustrasi - Keramas menggunakan air hangat. (Foto: Tagar/iStock)

Jakarta - Sebagian orang seringkali menggunakan air hangat untuk mandi atau sekadar keramas. Terlebih ketika cuaca sedang dingin-dinginnya, air hangat bisa menjadi solusi agar tubuh tidak kedinginan.

Namun, penggunaan air hangat untuk keramas ternyata tidak selalu memberikan manfaat, faktanya air hangat yang digunakan untuk keramas memiliki dampak negatif untuk kesehatan rambut.

Berdasarkan laman Style Craze, suhu pada air hangat hanya akan membuat rambut menjadi lebih mudah rusak. Mulai dari kelembapannya yang berkurang hingga rambut menjadi lebih kering. 

Mengutip Times Now News, berikut beberapa dampaknya yang dirangkum Tagar. 


1. Kerontokan rambut

Kerusakan rambut juga bisa disebabkan karena kombinasi yang tidak baik antara sampo dan air hangat. Pasalnya, senyawa yang ada di dalam sampo ketika digabungkan dengan air hangat hanya akan memicu akar rambut melemah. Akibatnya, Anda mengalami kerontokan rambut dalam jumlah yang tidak sedikit dan membuat volume rambut berkurang.


2. Membakar keratin rambut

Air hangat memiliki suhunya yang lebih panas dibandingkan dengan air normal pada umumnya akan berpengaruh pada protein keratin rambut. Kandungan tersebut lama-lama akan meleleh ketika terus-menerus dikenai air hangat. 

Dengan melelehnya protein keratin tersebut, rambut tidak memiliki perlindungan. Akibatnya, rambut akan mengalami kerusakan secara perlahan.


3. Kulit kepala dan rambut menjadi kering

Sebagian orang mungkin tidak menyadari bahwa air hangat untuk keramas bisa membuat rambut menjadi kering. Tidak hanya itu, kulit kepala pun akan terkena dampak dari penggunaan air hangat saat keramas yakni rasa gatal.

Nah, itulah dampak negatif keramas menggunakan air hangat, sebaiknya jangan dilakukan. []

Berita terkait
Empat Manfaat Air Hangat Pada Kulit Jika Diminum Tiap Hari
Jika anda rajin mengkonsumsi air hangat tiap hari, ini empat manfaatnya bagi kulit.
Wasir atau Herpes Coba Metode Mandi Air Hangat Sitz ala Jerman
Sakit di area genital akibat wasir atau herpes coba metode mandi ar hangat ala Jerman bernama Sitz Bath.
Khasiat Menakjubkan Air Hangat untuk Kecantikan Wajah
Air hangat memiliki khasiat yang menakjubkan untuk kecantikan. Berikut sejumlah khasiat air hangat yang ampuh untuk mempercantik kulit wajah.
0
Dampak Negatif Keramas Menggunakan Air Hangat
Air hangat memang memiliki manfaat jika digunakan untuk mandi terlebih ketika saat sakit. Namun, tidak berlaku jika digunakan untuk keramas