UNTUK INDONESIA
Daihatsu Rocky Dikabarkan Masuk Pasar Indonesia
Daihatsu Rocky memiliki kembaran dengan Toyota Raize seperti Toyota Rush dan Daihatsu Terios.
Daihatsu Rocky. (Foto: Instagram @indianautosblog)

Jakarta - Kehadiran Daihatsu Rocky memikat pengunjung pameran otomotif Tokyo Motor Show 2019 di Jepang. Berdasarkan rencana mobil ini akan rilis pada 5 November 2019 di negeri Sakura tersebut.

Daihatsu Rocky memiliki kembaran dengan Toyota Raize seperti Toyota Rush dan Daihatsu Terios. Kedua mobil itu dikabarkan sebagai produk global dan kemungkinan besar akan masuk pasar otomotif Indonesia.

Pihak Daihatsu Indonesia masih bungkam soal informasi Rocky, termasuk rencana menjualnya di Indonesia. Model Daihatsu Rocky sendiri diproduksi di pabrik Nakatsu, Oita (Daihatsu Motor Kyushu).

Kabar Daihatsu Rocky mengaspal di Indonesia belum diketahui pasti. Namun, kabar dari PT Astra Daihatsu Motor (ADM) sebagai agen pemegang merk (APM) sudah memastikan SUV itu secara posisi berada di bawah Daihatsu Terios.

Direktur Pemasaran PT ADM, Amelia Tjandra mengatakan Daihatsu Terios lebih unggul daripada Daihatsu Rocky dari segi kapasitas dan dimensi.

"Secara konsep begitu, Terios itu kan seven seater, kalau yang ini (Rocky five seater, jadi memang beda” ujar Amelia kepada wartawan di Kawaguchi, Jepang, Kamis (24/10/2019).

Dari segi kapasitas, Daihatsu Rocky sebuah SUV Compact yang memiliki dua baris dengan kapasitas lima penumpang. Daihatsu Rocky juga mengadopsi platform Daihatsu New Global Architecture. Mobil dibangun dari konsep Daihatsu DN Trec yang muncul di Tokyo Motor Show 2017.

Daihatsu Rocky memiliki dimensi panjang 3.995mm, lebar 1.695mm, dan tinggi 1.620mm Ukuran tersebut sangat nyaman untuk dijadikan SUV perkotaan. 

Dimensi yang stylish dipadukan dengan jarak poros roda depan dan belakang yang berukuran 2.525 mm. sedangkan untuk bobotnya, Daihatsu Rocky 2019 memboyong berat 980 kilogram.

Dibekali dengan mesin berkapasitas 996cc, mesin ini dikombinasikan dengan transmisi otomatis, berpendingin air, 3 silinder segaris, 12 valve, DOHC, intercooler turbo.

Dengan kapasitas mesin yang tangguh itu, Daihatsu Rocky dapat memuntahkan tenagan 98PS pada putaran 6.000 rpm. Kemudian untuk torsinya 140 Nm pada 4.000 rpm. 

Tenaga dan torsi yang besar ini dipengaruhi oleh turbocharger dan intercooler-nya. Tenaga dari mesin ini dialirkan pada roda depan melalui transmisi CVT.

Belum ada bocaran dari pihak Daihatsu berapa harga Daihatsu Rocky jika masuk pasar otomotif Indonesia.

(Muhammad Nefki Hasbiansyah)

Berita terkait
Tren Mobil Tahun 2020 di Indonesia
Prediksi tentang tren mobil di Indonesia tahun 2020 diutarakan Vice President of Sales BMW Indonesia Bayu Riyanto.
Sejarah Perjalanan Bisnis BMW
BMW merupakan perusahaan otomotif asal Jerman yang berdiri sejak 1916. Tahukah Anda BMW sebelumnya memproduksi selain motor dan mobil?
All-New BMW Seri 3 Hadir di Makassar
BMW Astra memperkenalkan dua varian dari sedan sporty legendaris sepanjang masa, All-new BMW 320i Sport dan all-new BMW 330i M Sport di Makassar.
0
Kantor Kecamatan Tarub Tegal Rugi Rp 1,8 Miliar
Tak hanya kerugian material, kebakaran Kantor Kecamatan Tarub di Tegal, Jawa Tengah juga berdampak ke pelayanan publik.