Daftar Video Konser Band Cadas Dunia di YouTube

Berikut Tagar rangkumkan deretan video konser musisi dunia yang tersedia dan dapat disaksikan secara gratis di laman berbagi video YouTube.
Grup band cadas asal Amerika Serikat, Metallica. (Foto: Instagram/metallica)

Jakarta - Pemerintah Indonesia mengeluarkan kebijakan serta imbauan kepada masyarakat untuk mengurangi aktifitas di luar ruangan dan membatasi aktifitas sosial demi memutus rantai penularan virus corona. Selama berdiam diri di rumah akibat pandemi Covid-19 merebak, sebagian orang menghabiskan waktu mereka untuk berselancar menikmati video konser musisi dunia di laman YouTube.

Tidak banyak orang tahu bahwa sejumlah rekaman konser musisi dunia seperti Guns N Roses, U2, Metallica, Rage Againt The Machine, dan lain-lain, dapat disaksikan secara gratis melalui platform berbagi video YouTube. Padahal bisa jadi, itu adalah salah satu rekaman penampilan terbaik mereka.

Berikut Tagar rangkumkan deretan video konser musisi dunia yang tersedia dan dapat disaksikan secara gratis di laman berbagi video YouTube:

U2 Band RockU2 (Bono, David Howell Evans, Adam Clayton, Larri Mullen Jr). (Foto: Time Magazine)

1. U2 - The Joshua Tree World Tour 1987

Video pertunjukan musik dalam rangkaian tur dari band U2 yang banyak diunggah oleh pengguna YouTube adalah konser bertajuk The Joshua Tree World Tour 1987. Tur ini dilakukan menyusul kesuksesan album The Joshua Tree yang dirilis beberapa waktu sebelumnya.

Selain video konser, U2 bahkan membuat film dokumenter tur berjudul Rattle and Hum (1988) yang kemudian dipasarkan sebagai album.

MetallicaGrup band cadas asal Amerika Serikat, Metallica . (Foto: Instagram/metallica)

2. Metallica - Outside Lands

Grup musik cadas Metallica dikenal sebagai band pemilik banyak penggemar di seluruh dunia. Lantaran itu, gerombolan yang dipimpin oleh James Hetfield ini kerap mengadakan pertunjukan konser musik di berbagai negara dan benua, termasuk Antartika.

Salah satu video pertunjukan musik Metallica yang dapat dinikmati secara gratis di laman YouTube adalah konser bertajuk Metallica live at Outside Lands yang dihelat di di San Francisco, Amerika Serikat pada tahun 2017 silam.

Dalam video ini, para penggemar Metallica bisa menikmati pertunjukan musik band kegemaran mereka dengan kualitas suara dan gambar yang begitu jernih.

Gun N RosesIndonesia menjadi pembuka pertama konser Guns N Roses di Asia. (Foto: rocksceneauctions)

3. Guns N Roses - Get In The Ring Live in Tokyo 1992

Helatan konser dalam tur promosi untuk dobel album Guns N Roses yang sukses, yakni Use Your Illusion 1 dan 2 bertajuk Get In The Ring Live Concert merupakan salah satu penampilan dan formasi terbaik dari grup musik yang dijuluki band paling berbahaya di dunia itu.

Dalam video Guns N Roses Live in Tokyo 1992 yang bisa disaksikan di YouTube secara cuma-cuma, sang vokalis Axl Rose tampil dengan kostum uniknya, yakni celana pendek ketat dan kaos seadanya. Dia berlari-lari sambil bernyanyi seperti anak muda bandel yang keranjingan rock n roll.

Selain itu, penonton juga akan dihipnotis oleh permainan Slash, Duff Mckagan, Gilby Clark, Dizzy Reed, serta Matt Sorum yang begitu menghibur.

The Rolling StonesGrup band The Rolling Stones mencetak sejarah untuk pertama kalinya menggelar pertunjukan daring karena virus corona. (Foto: Instagram/therollingstones)

4. The Rolling Stones - Live in Phoenix 1981

Konser musik dunia dari The Roling Stones pada tahun 1981 adalah salah satu konser tersukses dalam sejarah musik dunia. Konser tersebut untuk mempromosikan salah satu album mereka yang bertajuk Tattoo You.

Konser yang dibuka dengan lagu Under My Thumb dan balon warna-warni yang dilepaskan ini menjadikan penampilan Mick Jagger cs mulai lebih ramah dan enak dinikmati. Sebelumnya, penampilan grup ini selalu memancing keonaran yang tidak jarang menyebabkan korban jiwa.

Selain itu, dari konser ini Jagger dikabarkan berhasil mengembalikan kekayaan setelah sebelumnya hampir miskin akibat bercerai dengan Bianca pada tahun 1977.

Rage Againts The MachineKelompok musik Rage Againts The Machine gelar konser reuni pada 2020 mendatang. (Foto: KornSister)

5. Rage Againts The Machine - Woodstock 1999

Pagelaran festival musik Woodstock 1999, terdapat 3 grup band beraliran hip metal yang penampilannya menjadi klimak dari acara tersebut, yakni Limp Bizkit, Korn, dan Rage Againts The Machine (RATM). Video ketiga grup itu juga tersimpan di Youtube. Khusus untuk video Korn dan Limp Bizkit telah diedit karena banyak aksi tidak pantas dari penonton perempuan.

Penampilan Limp Bizkit yang mulanya luar biasa berakhir brutal dan semoat dikabarkan menyebabkan helatan Woodstock kesulitan mendapat ijin penyelenggaraan lagi. Sedangkan Korn, tampil terlalu personal dan frustasi selama gelaran konser berlangsung.

Alhasil, hanya RATM yang penampilannya layak ditonton dan membawa semangat kebebasan bermusik ala Woodstock. Gaya vokal unik dari Zack de La Rocha dipadukan sayatan gitar Tom Morello yang enerjik sukses membawakan lagu-lagu yang kebanyakan bernada kritik terhadap kapitalisme.

Kurt CobainKurt Cobain bersama Nirvana tampil di Reading Festival 1992. (Foto: list.co.uk)

6. Nirvana - Live at Reading 1992

Penampilan grup band Nirvana di Reading, Inggris pada tahun 1992 merupakan gelaran dalam rangka promosi album kedua mereka sekaligus album grunge paling fenomenal yang bertajuk Nevermind. Video rekaman konser yang bisa disaksikan di YouTube ini, kerap disebut-sebut sebagai penampilan outdoor terbaik dari mereka.

Lantaran penampilannya itu, kritikus musik seringkali mengejek Nirvana sebagai grup yang hanya mampu berisik di atas panggung, tanpa memiliki kemampuan bermusik yang mumpuni.

Belakangan, ejekan itu dijawab dengan penampilan indoor mereka berjudul MTV Unplugged in New York pada tahun 1993, dan menjadi salah satu penampilan unplugged tersukses sepanjang sejarah musik dunia.

Led ZeppelinGrup band rock legendaris Led Zeppelin. (Foto: Instagram/ledzeppelin)

7. Led Zeppelin - Live Performance January 9th, 1970

Bagi penggemar berat Led Zeppelin di era 80-an dan 90-an, mereka mungkin hanya bisa menikmati suara musik hard rock Robert Plant cs lewat rekaman pita kaset, sambil membayangkan betapa hebat mereka di atas panggung.

Namun bagi penggilanya saat ini, mereka kerap memburu rekaman video penampilan Led Zeppelin dan mengunggahnya ke laman YouTube.

Salah satu penampilan Led Zeppelin yang bisa disaksikan secara gratis di YouTube adalah dalam video konser bertajuk Live Performance January 9th, 1970.

Baca juga: John Wick dan 3 Film Keren Tayang Gratis di YouTube

Rekaman aksi mereka pada tahun 1970 ini, sekaligus menjawab kerinduan dari penggemar di seluruh dunia terhadap grup legendaris ini di masa jayanya. []

Berita terkait
Ibu Dibyo, Layanan Penjualan Tiket Konser era 90-an
Nama Ibu Dibyo dikenal sebagai salah satu perusahaan layanan penjualan tiket konser musik populer di era 90-an.
Once dan Andien Ramaikan Konser Kenang Glenn Fredly
Sejumlah musisi seperti Once Mekel, Vira Talisa, Audrey & Gamaliel, dan Andien, ikut meramaikan konser daring untung mengenang Glenn Fredly.
Jadwal Baru Konser Dream Theater di Jakarta 2020
Promotor Rajawali Indonesia telah resmi mengumumkan jadwal baru konser grup cadas Dream Theater di Jakarta 2020.
0
Mengenal Efek Samping Kebanyakan Minuman Berenergi
Mengenal efek samping minuman berenergi yang di dalamnya terdapat kafein dan lebih banyak gula serta bahan lainnya jika dikonsumsi terlalu banyak.