UNTUK INDONESIA
Corona di Indonesia, Opick: Takut Hanya kepada Allah
Penyanyi Opick menyarankan kepada masyarakat untuk tidak takut terhadap apapun selain kepada Allah, termasuk soal virus corona.
Opick, pencipta lagu, penyanyi genre religi, kadang main film dan membintangi iklan. (Foto: Instagram Opick)

Jakarta - Penyanyi tembang-tembang religi Opick, menyarankan kepada masyarakat Indonesia untuk tidak merasa takut terhadap virus corona yang dikabarkan telah memasuki wilayah Indonesia. Menurutnya, manusia tidak perlu takut kepada apapun selain kepada Allah.

"Untuk virus corona, yang jelas kita semua harus waspada. Masalah takut atau tidak takut, kita sebagai mukmin di ajarkan untuk tidak takut kepada apapun selain kepada Allah," kata Opick kepada Tagar di Jakarta, Senin, 2 Maret 2020.

"Dari semua berita yang terbaca, virus corona sangat berbahaya, tapi jangan sampai membuat kita panik sehingga menghilangkan akal pikir dan keyakinan," kata dia.

Opick menyarankan kepada umat Islam di Indonesia untuk tetap menjaga wudu, memperkuat keimanan, serta memperbanyak amal agar tetap terlindung dari virus corona (Covid-19). Hal itu ia ungkapkan menyusul temuan dua WNI yang terinfeksi virus mematikan tersebut.

"Bagi yang muslim jaga wudhu terus dalam keadaan suci doa mohon perlindungan kepada Allah, perkuat keimanan, perbanyak amalmu, insyaallah semoga kita semua terjaga," kata dia

Meski kabar mengenai masuknya virus tersebut ke Indonesia membuat heboh masyarakat, Opick menganjurkan untuk tidak terlalu panik menanggapi berita tersebut. Menurutnya, akan lebih baik jika masyarakat meningkatkan kewaspadaan dengan mencari tahu pencegahan dan pengobatannya.

"Ya pokoknya jangan panik. Dengan tidak panik, kewaspadaan kita meningkat. Kita semua masyarakat harus cari informasi yang benar tentang apa itu virus corona, penularannya kemudian pencegahannya," ujar pelantun lagu Rapuh itu.

Baca juga: Walikota Depok Tanggapi Kabar 2 Warga Positif Corona

Selain itu, Opick juga meminta agar pemerintah segera menyampaikan informasi kepada masyarakat mengenai edukasi pencegahan dari hal-hal sederhana mulai dari penggunaan masker, cuci tangan, dan lain sebagainya.

"Pihak yang berwenang harus menyampaikan kepada masyarakat informasi edukasi pencegahan penanggulangan virus corona ini, mulai dari yang kecil, cara memakai masker, cuci tangan jaga kebersihan mu, kenali orang sekitarmu perhatikan dimana tempatmu dengan siapa kamu bicara," katanya. []


Berita terkait
Soal Corona, Addie MS Ajak Masyarakat Tak Berlebihan
Musisi Addie MS mengajak masyarakat untuk tidak merespon secara berlebihan terkait temuan dua WNI terinfeksi virus corona.
Menkes Terawan: Tubuh Dua Pasien Corona Tidak Panas
Menkes Terawan menyebut dua pasien WNI yang terjangkit virus corona saat ini dalam kondisi layaknya orang sehat dengan suhu tubuh yang tidak panas.
2 WNI Positif Virus Corona, Menkes: Jangan Khawatir
Menkes meminta masyarakat untuk tidak terlalu resah dan khawatir menanggapi kabar ditemukannya dua orang WNI yang positif terjangkit virus corona.
0
Pria Meninggal Jatuh dari Lift Hotel di Yogyakarta
Seorang karyawan hotel di Kota Yogyakarta meninggal diduga terjatuh dari lift.