UNTUK INDONESIA
Chong Tiru Cara Pogba, Tinggalkan Man United ke Juve
Manchester United terancam kehilangan bintang muda Tahith Chong yang sedang dipantau Juventus dan beberapa klub Jerman dan Spanyol.
Manchester United terancam kehilangan bintang muda Tahith Chong (kanan) yang sedang dipantau Juventus dan beberapa klub Jerman dan Spanyol. (Foto: bleacherreport.com)

Jakarta - Manchester United terancam kehilangan bintang muda Tahith Chong. Kontrak Chong berakhir tahun depan dan dirinya tengah dipantau Juventus. Chong kemungkinan meniru cara seniornya di Man United, Paul Pogba, saat pindah ke Juve secara gratis. 

Kesalahan Man United yang melepas Pogba secara gratis pada 2012 akhirnya harus dibayar mahal dan memberi keuntungan besar bagi Juve. Saat membawa kembali gelandang asal Prancis ini, Man United harus merogoh kocek sampai 89 juta poundsterling yang mengantarkannya sebagai pemain termahal di dunia. 

Ironisnya saat kembali ke Man United, performa Pogba tak pernah lagi maksimal seperti di Juve. Bahkan Pogba lebih sering bermasalah dan saat ini sudah diincar Real Madrid

Klub top Bundesliga Jerman dan La Liga Spanyol juga memantaunya. Tapi Tahith memang tidak ingin dipinjamkan ke klub lain. Dia ingin bersaing mendapatkan kesempatan bermain di Man United

Man United bakal mengulangi kesalahan bila tidak segera memperbarui kontrak Chong. Pasalnya kontrak pemain kelahiran Kepulauan Karibia tetapi memilih memperkuat Belanda ini akan berakhir tahun depan. 

Bila tidak ada kesepakatan kontrak baru, Chong bisa melakukan negosiasi dengan klub lain tanpa keterlibatan Man United. Dan, Man United tidak akan mendapatkan sepeser apa pun bila Chong mencapai kesepakatan dengan klub lain. 

Klub sesungguhnya tak ingin melepas pemain sayap berusia 19 ini. Hanya situasinya menjadi rumit karena dia sudah menolak tawaran perpanjangan kontrak yang disodorkan Man United. 

Chong memang tidak langsung menyatakan bakal hengkang dari Old Trafford. Dia hanya menyatakan ingin fokus menyelesaikan kontraknya di Man United. 

"Saya terbuka untuk semua opsi. Namun saya fokus di musim pertama ini. Selanjutnya kita lihat saja ke mana perjalanan ini membawa saya," ucap Chong kepada Metro. 

Chong memang tengah dipantau Juve. Menurut informasi, Direktur Olahraga Juve Fabio Paratici ingin mengulang sukses saat memboyong Pogba dari Man United. Paratici pun sudah mengirim tim scouting untuk memantau perkembangan pemain yang sudah empat kali bermain di Man United ini. 

Menariknya, Chong ternyata tidak hanya menjadi buruan Juve. Agennya, Erkan Alkan mengonfirmasi bila kliennya juga dibidik klub-klub Jerman dan Spanyol. 

"Klub top Bundesliga Jerman dan La Liga Spanyol juga memantaunya. Tapi Tahith memang tidak ingin dipinjamkan ke klub lain. Dia ingin bersaing mendapatkan kesempatan bermain di Man United," kata Alkan. 

Chong sendiri sesungguhnya ingin bertahan di Man United meski telah menolak kontrak baru dari klub. Menurut dia, faktor manajer Ole Gunnar Solskjaer yang membuat dia bertahan di Old Trafford. Pasalnya, Solskjaer tak segan memberi kesempatan kepada pemain muda untuk bermain. Bahkan dia diberi kesempatan bermain saat menghadapi Paris Saint-Germain di 16 Besar Liga Champions musim lalu. 

"Saat Ole Solskjaer dijadikan manajer, semua pemain muda dinaikkan," kata Chong. 

"Saya ingat seperti mimpi rasanya saat dia memberi kesempatan kepada saya bermain menghadapi PSG. Ini sebuah mimpi saat seorang anak dari India Barat dimainkan. Saya tak pernah lupa dengan gol Marcus Rashford yang membuat kami menang 3-1," ujarnya. 

Hanya, pemain yang mengawali karier di Feyenoord sebelum bergabung dengan Man United pada 2016 ini menyatakan bakal pergi bila sulit mendapat tempat di Man United. Apalagi kontrak yang disodorkan pun tak memuaskan. 

Bila Chong pergi, tidak hanya klub tetapi juga suporter yang bakal kehilangan. Pasalnya, pemain yang masih memiliki keturunan China ini tertarik membuka negosiasi dengan Juve. Bisa jadi skenario Pogba kembali terulang pada Chong yang disebut-sebut sebagai salah satu bintang masa depan Man United ini. []

Berita terkait
Sulit Juara Liga Premier, Ini Target Man United
Manajer Manchester United Ole Gunnar Solskjaer mengangkat bendera putih dalam perebutan trofi Liga Premier Inggris. Target Man United hanya piala.
Pasukan Muda Man United Taklukkan Brighton
Manchester United mulai menunjukkan konsistensinya. Pemain mudanya membawa Man United meraih kemenangan 3-1 atas Brighton & Hove Albion.
Anak Muda Man United Mulai Tebar Ancaman
Anak muda Manchester United mulai menebar ancaman seperti saat mengalahkan Partizan Belgrade di Liga Europa.
0
Atlet Asal Gowa Sumbang Tiga Medali di SEA Games
Anwar memenangi laga Man Kano jarak 1.000 meter bersama tandemnya Yudi Firmansyah untuk medali emas pertama.