UNTUK INDONESIA
China Tawarkan Vaksin untuk Industri Penerbangan
China menawarkan vaksin virus corona Covid-19 (C-19) eksperimental kepada pekerja industri penerbangan.
Ilustrasi maskapai Air China. Pemerintah China menawarkan vaksin untuk industri penerbangan. (Foto: CNA).

Beijing - China menawarkan vaksin virus corona Covid-19 (C-19) eksperimental kepada pekerja industri penerbangan. Menurut pemberitahuan peraturan yang dilihat oleh i, tawaran vaksin ini dalam upaya untuk menginokulasi kelompok berisiko tinggi, mencegah kemungkinan kebangkitan kembali virus saat ekonomi dibuka kembali.

Tiongkok yang memiliki empat vaksin Covid-19 dalam tahap akhir uji coba pada manusia, meluncurkan program vaksin penggunaan darurat pada Juli. Seperti diberitakan dari Channel News Asia, Kamis, 3 September 2020, Negeri Tirai Bambu ini berharap dapat meningkatkan kekebalan kelompok-kelompok seperti pengawas perbatasan atau pekerja industri medis.

Perusahaan diminta untuk mengumpulkan daftar informasi pribadi karyawan yang bersedia menerima vaksin.

Baca Juga: Vaksin Sinovac Raih Izin Penggunaan Darurat di China 

Pekerja garis depan di maskapai penerbangan dan bandara, China National Aviation Fuel Group dan TravelSky Technology Limited akan diberikan kandidat vaksin secara sukarela. Hal ini berdasarkan pemberitahuan dari regulator penerbangan Tiongkok.

Administrasi Penerbangan Sipil China meminta sektor dan perusahaan ini untuk mengumpulkan daftar informasi pribadi karyawan yang bersedia menerima vaksin.

Vaksinasi ini sebagai tanggapan atas kemungkinan gelombang kedua Covid-19 yang melonjak di musim gugur dan musim dingin. Pemerintah China akan menghadapi tekanan besar untuk mencegah kasus impor karena negara-negara barat mulai membuka kembali ekonominya meski masih pandemi.

Sementara regulator tidak segera menanggapi permintaan komentar Reuters. Beberapa anggota staf di Air China, China Southern Airlines dan Juneyao Airlines mengonfirmasi bahwa mereka telah menerima pemberitahuan tersebut.

Simak Pula: Ahli Sebut Vaksin Covid-19 China dan Rusia Tak Efektif

Juneyao mengatakan, pihaknya telah menyerahkan daftar karyawan yang bersedia mengambil vaksin tersebut. Maskapai lain tidak segera membalas permintaan komentar. Belum jelas calon vaksin mana yang akan diberikan dan berapa orang yang akan divaksinasi. []

Berita terkait
Vaksin Covid-19 China Lebih Mahal dari Pesaing
Perusahaan farmasi China, Sinopharm menetapkan harga vaksin Covid-19 lebih mahal dari para pesaing perusahaan internasional.
Uji Vaksin Corona asal China, Bisa Sukses atau Gagal
Ombudsman RI meminta pemerintah memerhatikan beberapa hal terkait vaksin asal China yang akan diuji coba di Indonesia, bisa sukses atau gagal.
China Ajak ASEAN Kembangkan Obat dan Vaksin Corona
PM China Li Keqiang ajak negara-negara ASEAN bersama-sama mengembangkan obat-obatan dan vaksin anti-virus corona jenis baru (Covid-19)
0
Liga 1 Tak Kunjung Digulirkan, Persiraja Bubarkan Tim
Manajemen Persiraja Banda Aceh membubarkan tim karena tidak ada kepastian Liga 1. Persiraja juga katakan tidak ikut liga bia digelar Desember.