Chelsea Lolos ke Babak 16 Besar Liga Champions Musim 2022/2023

Chelsea memenangkan laga kandang dengan mengalahkan RB Salzburg 2-1 bikin Chelsea lolos ke 16 besar Liga Champions
Mateo Kovacic cetak gol kelimanya untuk Chelsea di semua kompetisi pada laga dengan RB Salzburg di Grup E Liga Champions pada 25 Oktober 2022 dengan skor akhir 2-1 untuk Chelsea. (Foto: bbc.com/sport/football – Rex Features)

Oleh: Neil Johnston - BBC Sport

TAGAR.id - Dua penyelesaian indah Mateo Kovacic dan Kai Havertz yang hasilkan dua gol ke gawang Red Bull (RB) Salzburg di Grup E Liga Champions pada 25 Oktober 2022 membawa Chelsea lolos ke babak 16 besar Liga Champions.

Hasil akhir RB Salzburg vs Chelsea 1-2 sehingga poin Chelsea jadi 10, sementara Salzburg bisa tersingkir jika AC Milan menang melawan Dinamo Zagreb di laga 25 Oktober 2022 atau 26 Oktober 2022 dini hari WIB.

Dua gol Chelsea dicetak oleh Mateo Kovacic (menit 23) dan Kai Havertz (menit 64), sedangkan gol Salzbur dicetak oleh (menit 48).

Dalam pertandingan di Grup E yang menegangkan di Austria, gelandang kelahiran Austria, Kovacic, melakukan tendangan kaki kiri yang tak terbendung dari jarak 18 yard sebelum Junior Adamu menyamakan kedudukan setelah umpan indah dari Maximilian Wober.

aubameyang gagal cetak golPemain Chelsea, Aubameyang gagal cetak gol ke gawang Salzbur di Grup E Liga Champions pada 25 Oktober 2022 dengan skor akhir 2-1 untuk Chelsea. (Foto: uefa.com)

Kiper Salzburg, Philipp Kohn, menggagalkan upaya Pierre-Emerick Aubameyang empat kali, sementara sundulan Jorginho berhasil ditepis oleh Adamu.

Namun, Havertz memastikan Chelsea bergabung dengan rival Liga Premier Manchester City di babak sistem gugur dengan penyelesaian melengkung yang indah, sebelum Thiago Silva dipaksa untuk membersihkan garis dari Strahinja Pavlovic.

Chelsea mengoleksi 10 poin dari lima pertandingan di Grup E, unggul empat poin dari tim peringkat kedua Red Bull Salzburg dengan satu pertandingan tersisa.

Tim asuhan Potter akan dipastikan sebagai juara grup - dan karenanya diunggulkan untuk undian babak 16 besar pada 7 November - jika Dinamo Zagreb gagal mengalahkan AC Milan di Kroasia. Ketika laporan ini ditayangkan laga antara Zagreb dan Milan masih berlangsung di babak kedua dengan skor 1-0 untuk Milan.

Kohn tampil luar biasa bagi tuan rumah saat ia menahan sundulan Aubameyang yang dibelokkan sebelum menggagalkan upaya penyerang Gabon dengan kakinya.

Namun, tak banyak yang bisa dilakukan sang kiper untuk mencegah gol spektakuler Kovacic dan Havertz yang disambut meriah oleh 1.500 fans Chelsea di Austria.

Ada penampilan impresif di seluruh lapangan saat Chelsea bermain lebih dalam ketika mereka mendapat tekanan di babak kedua setelah mengontrol 45 menit pertama.

pemain chelsea rayakan golPemain Chelsea rayakan gol ke gawang Salzbur di Grup E Liga Champions pada 25 Oktober 2022 dengan skor akhir 2-1 untuk Chelsea. (Foto: uefa.com)

Chelsea memulai lag Liga Champions mereka dengan Thomas Tuchel yang bertanggung jawab dan kekalahan 1-0 di Kroasia melawan Dinamo Zagreb pada 6 September 2022.

Tetapi, penggantinya Potter sekarang tidak terkalahkan dalam sembilan pertandingan sebagai pelatih saat ia bersiap untuk kembali ke mantan klubnya Brighton pada hari Sabtu menyusul salah satu penampilan terkuat dari masa pemerintahannya di Chelsea.

Pertandingan grup terakhir Chelsea adalah menjamu Dinamo Zagreb pada 2 November 2022 yang tidak akan mempengaruhi posisi The Blues yang sudah lolos ke babak 16 besar.

Laga Chelsea berikutnya akan memungkinkan Potter opsi untuk mengistirahatkan pemain kunci untuk Zagreb sebelum derby kelas berat London di kandang Arsenal pada 6 November 2022 di Liga Primer Inggris. (bbc.com/sport/football dan sumber lain). []

Berita terkait
RB Salzburg vs Chelsea di Grup E Liga Champions pada 25 Oktober 2022 Ini Prediksinya
Chelsea berjuang untuk menang agar lolos dari Grup E ke 16 besar ketika melawan RB Salzburg dalam laga tandang
0
Chelsea Lolos ke Babak 16 Besar Liga Champions Musim 2022/2023
Chelsea memenangkan laga kandang dengan mengalahkan RB Salzburg 2-1 bikin Chelsea lolos ke 16 besar Liga Champions