Jakarta - Piawai dalam ilmu silat membawa nama Cecep Arif Rahman kian melambung di industri perfilman dunia. Dia bersama temannya bernama Yayan Ruhian beradu akting dengan Keanu Reeves dalam film berjudul: John Wick 3 Parabellum.

Pria yang lahir di Garut pada 18 Agustus 1972 itu tercatat sebagai salah satu aktor laga dalam film The Raid. Cecep hanyalah seorang guru silat di SDN 3 Tegal Panjang, Garut. Saat itu, dia hanyalah guru pengajar pembantu selam lima tahun. Lantas, dia diangkat menjadi guru Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Dia memanfaatkan keahliannya untuk mengajarkan murid-muridnya tentang silat. Melihat aksinya yang memukau membuatnya kerap diundang untuk mengikuti festival silat Internasional, Bersi Festival di Perancis pada 2000.

Kemudian dia juga pernah menjadi penata laga sebelum tampil dilayar kaca. Selanjutnya, pada 2008, dia mulai dilirik untuk memainkan peran dalam film The Raid garapan sutradara Gareth Evans. Awalnya dia menolak tawaran itu, karena dia baru saja diangkat menjadi guru PNS di sekolah tempat dia mengajar.

Potensi ilmu silat yang dimilikinya sangat dibutuhkan dalam film The Raid 2 sehingga dia dihubungi oleh sahabatnya, Iko Uwais. Akhirnya, hatinya luluh untuk bersanding berlaga dengan aktor-aktor laga lainnya seperti Iko Uwais dan Joe Taslim. Sukses memerankan tokoh The Assassin dalam film laga tersebut namanya semakin kesohor dan aktingnya diakui dalam dunia perfilman dunia.

Selanjutnya, berbagai tawaran untuk bermain film laga datang silih berganti. Semisal, film Lam Mim, dan The Gate. 

Kendati Cecep semakin populer tapi keterlibatanya dalam sebuah film besar, Star Wars: The Force Awaken semakin membuat namanya melejit. Bersama Yayan Ruhian dan Iko Uwais, mereka bertiga terlibat dalam pengembangan sebuah ilmu bela diri yang ada dalam film yang disutradari oleh J.J. Abrams.

Pria ini mengidolakan Bruce Lee sejak kecil. Maka tak heran apabila foto Bruce Lee menghiasi kamarnya. Dari idolanya itu, justru kini Cecep Arif Rahman menjadi Bruce Lee-nya Indonesia. Selain itu, dia juga merupakan keturunan dari seorang ahli silat dari Gunung Galunggung di Garut, Jawa Barat. []

Baca juga: