Catat! Ini Dia 5 Peluang Usaha bagi K-Popers

Istilah K-popers biasa ditujukan pada orang yang menyukai hiburan dari negeri gingseng, Korea Selatan.
BTS (Foto:Tagar/Instagram @bts.bighitofficial)

Jakarta - Pada dasarnya setiap orang memiliki selera hiburannya masing-masing, seperti ada yang lebih cenderung menyukai musik barat, K-Pop ataupun musik pop Korea. Nah untuk kalian yang menyukai hiburan yang berasal dari negara Korea, baik musik, film ataupun aktor dan aktrisnya, sudah pasti kalian familiar dengan istilah K-Popers.

Istilah K-popers biasa ditujukan pada orang yang menyukai hiburan dari negeri gingseng, Korea Selatan. Tidak dimungkiri bahwa dunia K-Pop saat ini telah menyebar di berbagai dunia dan kalangan, mulai dari usia remaja hingga dewasa.

Meski begitu, masih banyak stigma yang menganggap K-Popers itu boros dan tidak bermanfaat. Padahal menjadi K-popers dapat menghasilkan cuan lho.

Ketertarikan mereka terhadap hiburan dari Korea Selatan ini bisa dijadikan ladang usaha Nah, ini dia lima peluang usaha seorang penggemar Kpop yang dapat menghasilkan uang dan tentunya tetap menyalurkan hobi kita menjadi seorang K-Popers.


1. PO Import Barang Korea

Dengan memiliki bisnis berikut ini, kalian tidak perlu repot-repot untuk pergi ke Korea. Seperti jasa titip-beli barang, kalian tetap bisa menjual produk Korea asli yang sering dipakai oleh para artis K-pop tanpa harus datang jauh-jauh ke Korea.

Kalian cukup memesan ke toko atau distribusi barangnya langsung di Korea. Jangan khawatir, mencari tokonya tidak sulit kok, karena kebanyakan mereka telah memiliki website resmi. 

Supaya bisnis ini berjalan dengan lancar dan sukses, kalian harus rajin update tentang tren fashion apa yang sedang happening di Korea dan tentunya diminati oleh para kpopers Indonesia.

Untuk memasarkannya, kalian bisa memanfaatkan sosial media sebagai platform marketing. Kalian bisa bekerja sama dengan berbagi akun-akun sosial media kpop dan fan accountnya. Dengan begitu kamu pun tidak perlu pusing mencari target pasar lagi.


2. Menjual Merchandise K-Pop

Bukan hanya album saja yang diburu, pernak-pernik yang berbau K-Pop pasti akan dicari oleh banyak orang. Ada dua hal yang bisa kamu lakukan, menjadi reseller atau membuatnya sendiri. 

Hal lain yang tidak pernah terpisahkan dari seorang k-popers adalah pernak-pernik dari idol favorit mereka. Jika kamu memiliki kemampuan design, tentu saja harus mencoba bisnis kpop satu ini.

Tentu saja dengan mencantumkan gambar dari member grup atau penyanyi idola yang diminati.Kamu bisa mulai dengan menjual lightstick untuk nonton konser. Benda yang satu ini bisa dibilang jadi starter pack wajib para K-popers. Selain itu, kamu juga bisa jual photo card, kalender, sticker, kipas tangan, topi, t shirt, dan masih banyak lagi.

Sebagai trik marketingnya, kamu bisa menggunakan berbagai strategi promosi yang unik di sosial media, seperti giveaway, quiz dan pemberian diskon. Hal tersebut tentunya berguna untuk memperkenalkan akun bisnis k-pop kamu kepada K-Popers lainnya.


3. Menjadi Distributor Resmi Album dan Tiket Konser

Bagi para K-Popers yang fanatik dengan idol favorit nya, sudah pasti memiliki album dan datang ke konsernya adalah hal yang wajib. Nah, untuk kamu yang telah berpengalaman dalam hal ini, pasti sudah sangat hafal dimana kamu bisa mendapatkan album dan tiket konser tanpa harus berkompetisi dengan K-Popers lainnya. Dari sini kamu bisa menjadi fasilitator untuk pembelian tiket konser dan album kpop dengan menjadi pembeli borongan.

Biasanya yang senang dengan penjual jasa seperti ini adalah para fan account yang ingin membantu para pengikutnya mendapatkan tiket konser dan album secara kolektif dan dalam jumlah yang banyak.


4. Translator Bahasa Korea

Untuk kalian yang jago berbahasa Korea, bisa banget mencoba membuka jasa penerjemah. Jual kemampuan translating kamu dengan menjadi freelance sebagai translator untuk buku Korea, drama atau program televisi Korea.

Sekarang sudah banyak acara TV, seri, dan film Korea yang ditayangkan di Indonesia. Hal ini juga berkat layanan streaming video yang sudah semakin menjamur di Indonesia sekarang.

Kamu bisa mendapatkan bayaran per satu episode acara. Bayangkan kalau kamu bisa mendapatkan projek 1 – 2 season serial drakor. Jadi semakin kamu banyak memegang project semakin mahal juga kamu di bayar. Pilih program acara yang kamu suka, agar kegiatan menerjemahkan program ini menjadi menyenangkan.


5. Menjual Makanan Khas Korea

Demam kpop tidak hanya membuat para penggemarnya terpukau dengan style dan visual para artisnya. Kulinernya pun ikutan menjadi viral. Bagi para pecinta K-Pop, siapa sih yang tidak mengenal Tteokbokki, kimchi, jajangmyeon dan makanan khas Korea lainnya. 

Saat ini, tidak sulit lagi kok menjual makanan Korea, karena barangnya yang sudah mudah di dapat, dan tentunya bisa dipesan dengan jumlah yang banyak. Tentunya bisnis ini pun bisa mudah diterapkan, secara online dan offline pun sama-sama bisa memberi keuntungan.

Demikian lima peluang usaha seorang penggemar Kpop yang dapat menghasilkan uang dan tentunya tetap menyalurkan hobi kita menjadi seorang K-Popers. Dengan peluang usaha ini, kamu bisa menghapus stigma bahwa menjadi K-Popers tidak hanya pemborosan, melainkan mampu menghasilkan cuan dari kegiatan yang kamu sukai.[]


(Fiona Renatami)

Baca Juga:

Berita terkait
Service AC, Peluang Usaha yang Menjanjikan di Cirebon
Pelatihan yang diinisiasi oleh perusahaan pembangkit listrik ini, diberikan secara gratis.
Covid-19 Jadi Peluang Usaha Jasa Sewa Modem Internet
Imbauan agar pegawai bekerja dari rumah untuk meredam virus corona Covid-19 menjadi berkah bagi perusahaan jasa penyewaan modem.
Keren, 'Tampang Boyolali' Dijadikan Peluang Usaha
Di tangan Julius Kirana (28) pemuda asal Boyolali, Jawa Tengah, Tampang Boyolali menjadi inspirasi usaha.
0
Catat! Ini Dia 5 Peluang Usaha bagi K-Popers
Istilah K-popers biasa ditujukan pada orang yang menyukai hiburan dari negeri gingseng, Korea Selatan.