Cara Teknologi InkJet Memperluas Personalisasi Kartu ke Ranah Organisasi yang Lebih Kecil

Personalisasi kartu sudah lama menjadi sebuah program landasan dari pencetakan kartu organisasi terbesar di dunia. Simak ulasannya sebagai berikut.
Ilustrasi - Teknologi InkJet Memperluas Personalisasi kartu. (Foto: Tagar/Istimewa)

TAGAR.id, Jakarta - Personalisasi kartu sudah lama menjadi sebuah program landasan dari pencetakan kartu organisasi terbesar di dunia. Lebih dari sekedar membuat kartu dengan foto dan informasi pribadi, personalisasi kartu juga mencakup teknologi coding kartu untuk mengaktifkan izin dan/atau penggunaan data pemilik kartu.

Dengan demikian, kemampuan untuk melakukan personalisasi kartu identitas dan kartu lainnya menjadi nilai yang sangat besar bagi organisasi yang membuat kartu tersebut. Dimana letak nilainya? Sebagai gambaran awal, satu kartu yang dipersonalisasi dapat memiliki salah satu atau semua dari fungsi.

Fungsinya, yaitu mengidentifikasi pemiliki kartu, memperkuat pengamanan, mengizinkan akses fisik dan akses logical, memfasilitasi transaksi non tunai, dapat menyimpan nilai uang, mempromosikan suatu merek.


Mesin ini dapat membuat satu kartu yang sama untuk digunakan sebagai identifikasi pada pintu masuk, komputer atau akses jaringan, transaksi uang tunai, mencatat waktu dan kehadiran.


Director of Sales, Secure Issuance, Asean, HID Global, Hary Permadi Kartono mengatakan dengan metode penggunaan yang beragam, sangat mudah untuk melihat banyaknya keuntungan yang dapat diberikan dari personalisasi tersebut. 

"Sayangnya, bagi organisasi kecil, biaya dan kompleksitas dari pencetakan kartu menggunakan printer berbasis ribbon tradisional telah membuat mereka tidak menyadari manfaat dari kartu identitas dan kartu lainnya yang sudah dipersonalisasi," ujarnya dalam keterangan yang diterima Tagar, Sabtu, 30 April 2022. 

Selama beberapa dekade, dikarenakan anggaran dan/atau pengetahuan teknis yang terbatas, banyak perusahaan kecil, bisnis ritel dan sekolah telah memodifikasi menjadi kartu identitas biasa namun dilengkapi dengan foto pemilik kartu dan tulisan pada label stiker kertas yang ditempelkan pada kartu plastik. 

Pada beberapa kasus, kartu identitas dicetak pada kertas karton tebal dan kemudian diproses dengan mesin laminating standar. Sayangnya, penggunaan metode ini untuk membuat kartu karyawan dan kartu tanda pengunjung, kartu pelajar dan kartu mahasiswa, atau kartu hadiah dan kartu loyalitas – meskipun mudah dan terjangkau – tidak memiliki manfaat dari kartu personalisasi sesungguhnya.

Untungnya, pendekatan terbaru printer inkjet memberikan manfaat personalisasi yang lebih luas, pengamanan kartu identitas ke banyak organisasi kecil.

Pertama dalam sejarah, kesederhanaan dan keterjangkauan dari teknologi mesin cetak kertas inkjet yang dipopulerkan untuk penggunaan di rumah, saat ini sudah tersedia dalam mesin pencetak kartu yang mudah digunakan membuat bisnis kecil dan institusi Pendidikan dapat memahami potensi secara penuh manfaat dari personalisasi kartu.

"Salah satu inovasi tersebut adalah HID® FARGO® INK1000 yang menawarkan opsi fungsi coding kartu tanpa sentuh. Mesin ini dapat membuat satu kartu yang sama untuk digunakan sebagai identifikasi pada pintu masuk, komputer atau akses jaringan, transaksi uang tunai, mencatat waktu dan kehadiran, atau partisipasi untuk mendapatkan hadiah dan program loyalitas,” kata Hary.

Ideal bagi usaha kecil dan sekolah-sekolah yang melek biaya namun perlu untuk mencetak kartu perusahaan dan kartu tanda pengunjung berkualitas bagus, kartu hadiah dan kartu loyalitas, atau kartu pelajar atau kartu mahasiswa, teknologi inkjet ini memberikan hasil definisi tinggi, mencetak secara presisi dari ujung ke ujung tampa masalah pita cetak atau masalah kebutuhan untuk membuat kartu khusus.

Mudah diinstalasi, snap-in kartrid tinta mengandung tinta yang diformulasikan secara khusus yang secara alami mematuhi standar, PVC dan kartu komposit siap pakai dan tidak seperti mesin tradisional, printer berbasis pita yang lebih rumit, HID® FARGO® INK1000 mudah digunakan dan dirawat. 

Tidak diperlukan pelatihan atau keahlian khusus, bahkan pengguna awan langsung dapat mulai mempersonalisasi dan mencetak kartu sesaat setelah printer dikeluarkan dari kotak.

Terlebih lagi, tergantung pada desain kartu, satu kartrid tinta memiliki potensi untuk mencetak lebih dari ratusan kartu dibanding printer pita – membuat personalisasi menjadi nyata dengan limbah yang lebih sedikit dan biaya yang lebih murah. []

Berita terkait
Tips Gunakan Teknologi Google Maps Saat Mudik Lebaran
Berikut cara mementukan peta jalan sendiri dengan menggunakan Google Maps saat melakukan perjalanan mudik lebaran 2022.
Tingkatkan Produktivitas, Kementan Dorong Pemanfaatan Teknologi Molekuler Untuk Pengawasan Mutu Benih
Pemanfaatan teknologi molekuler untuk membedakan benih-benih unggul dengan yang lain atau genetiknya.
Apa itu Stalkerware? Teknologi Mata-mata Intai Pasangan
Apa itu Stalkerware? Korban dan penggunaan Stalkerware kian marak selama pandemi.
0
Perjuangkan Kelangsungan Hidup Badak Sumatera, Dedy Yansyah Peroleh Penghargaan Internasional
Pegiat konservasi Aceh, Dedy Yansyah dari Forum Konservasi Leuser (FKL), mendapatkan penghargaan dari badan amal konservasi satwa liar Inggris.