UNTUK INDONESIA
Cara Mengusir Tikus yang Bersarang di Kap Mesin Mobil
Kehadiran hewan pengerat itu bukan saja membikin kotor dan bau kap mesin mobil, juga menggerogoti dan merusak kabel-kabel kelistrikan kendaraan.
Ilustrasi - Tikus menggerogoti komponen mobil. (Foto: ist)

Jakarta - Tikus yang bersarang di kap mesin mobil bikin jengkel. Binatang itu merasa nyaman berada di ruang mesin mobil apalagi tempat yang gelap.

Kehadiran hewan pengerat itu bukan saja membikin kotor dan bau kap mesin mobil, juga menggerogoti dan merusak kabel-kabel kelistrikan kendaraan. 

Maka dari itu, ada sejumlah cara untuk mengusir tikus dari ruang mesin mobil, dan kembali lagi bersarang di kap mesin. Berikut Tagar merangkumnya.

1. Panaskan mesin mobil

Tikus menyukai ruang gelap dan lembab, jika mesin mobil tidak dipanaskan maka akan menimbulkan kelembapan. Agar tidak terjadi kelembapan pada mesin mobil, panaskan mobil setiap hari, cukup 5-7 menit saja memanaskan mobil.

2. Jaga Kebersihan Ruang Mesin

Kebersihan ruang mesin merupakan hal yang tak boleh terlupakan, karena pada umumnya tikus menyukai ruang yang kotor. Minimal bersihkan setiap pagi ketika hendak memanaskan mesin mobil.

3. Berikan Aroma Tidak Sedap

Tikus tidak menyukai beberapa aroma seperti, peppermint, buah mengkudu, kapur barus, bulu kucing, dan bulu anjing.

4. Tutup Akses Masuk

Jika Anda memarkirkan mobil di garasi, pastikan garasi itu tidak ada celah. Apabila garasi berada di ruang terbuka bisa menyebarkan kapur barus di area mobil anda.

5. Perangkap Tikus

Taruh perangkap tikus di kolong mobil terutama pada bagian kap mobil. Hal ini berguna untuk mencegah tikus terjebak terlebih dahulu sebelum masuk ke dalam kap mesin. []

Berita terkait
VW Tiguan Dirakit di Cikampek Susut Rp 100 Juta
VW Tiguan Rakitan dari Cikampek membuat harga mobil asal Eropa ini menyusut hingga Rp 100 juta.
Langkah Membersihkan Jok Mobil Terbuat dari Kain
Karena intensitas penggunaan yang sering maka jok berbahan kain mudah kotor.
Honda Super Cub C125 Bakal Rilis Tahun Depan
Honda Super Cub C125 terbaru akan menggunakan sistem pengereman ABS pada bagian rem cakram depan.
0
Pengantin Bom Bunuh Diri di Pelantikan Jokowi
Kelompok teroris ISIS disebut telah menyiapkan pengantin bom bunuh diri untuk mengacaukan pelantikan Presiden-Wakil Presiden, Jokowi-Ma'ruf Amin.