UNTUK INDONESIA
Cara Menguras Radiator Mobil
Karena kerjanya yang berat, radiator perlu mendapat perawatan dan airnya perlu dikuras, dan diganti.
Ilustrasi - Radiator mobil. (Foto: mobil88)

Jakarta - Radiator berperan penting dalam mendinginkan suhu mesin kendaraan agar mendapatkan temperatur kerja optimal. Karena kerjanya  yang berat, radiator perlu mendapat perawatan dan airnya perlu dikuras, dan diganti.

Agar tetap bersih dan tidak saluran tidak mampat diperlukan perawatan berkala 20.000 kilometer atau setidaknya mengganti air radiator jika terlihat kondisi air sudah keruh. Warna keruh tersebut bisa dilihat melalui lubang atas radiator, tentunya setelah penutup dibuka.

Untuk sekedar mengganti air radiator, sebenarnya tidak perlu datang ke bengkel. Bisa dilakukan sendiri di rumah. Berikut langkah-langkahnya.

1. Buka tutup lubang radiator atas. Lalu, buka pula baut pembuangan yang berada di bawah radiator. Kemudian, tunggu sampai air yang ada di radiator keluar terbuang semua. 

Pastikan kondisi mesin masih dingin agar tangan kita tidak cedera saat melakukan proses tersebut. Usahakan saat dalam proses tersebut kondisi mesin dalam keadaan menyala. Tujuannya, agar semua air yang ada di sistem pendinginan mesin keluar semua. 

2. Setelah air di radiator habis terbuang maka tutup kembali baut pembuangan air bagian bawah dan buka baut pembuangan angin (jika ada). Selanjutnya, isi air radiator dengan cairan pendingin radiator (radiator coolant) atau air mineral sampai airnya keluar melalui baut pembuang angin. 

3. Tutup baut buang angin dan biarkan tutup lubang radiator atas terbuka. Pastikan posisi AC off (mati) terlebih dulu kemudian hidupkan mesin sampai temperatur menunjuk setengah dan kipas radiator berputar. 

4. Apabila volume air dirasa masih kurang segera tambahkan hingga batas maksimal, lalu tutup kembali lubang radiatornya. 

5. Jangan lupa juga untuk mengecek tangki cadangan radiator (reservoir tank). Apabila kotor segera kuras dan isi kembali dengan cairan radiator coolant yang baru sampai batas maksimum kemudian tutup kembali dengan rapat. []

Berita terkait
Cara Merawat Radiator Agar Mobil Tetap Prima
Merawat radiator Mobil merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan. Radiator berfungsi sistem pendinginan kendaraan.
Cara Mudah Bersihkan Jok Mobil Kulit
Membersihkan permukaan jok mobil yang terbuat dari kulit sintetis lebih mudah daripada yang terbuat dari fabric (kain).
Manfaat Spooring dan Balancing pada Mobil
Untuk itu jika tiba saatnya untuk spooring dan balancing, sebaiknya segera lakukan itu.
0
Pengamat Sebut Gerindra Bisa Jadi Koalisi-Kritis
Apabila Gerindra bergabung ke pemerintahan Jokowi, partai tersebut bisa berperan menjadi koalisi-kritis.