Cara Mengatur Keuangan di 5 Bulan Pertama Bekerja

Memiliki pekerjaan merupakan suatu yang sangat diidam-idamkan banyak orang, terlebih kamu seorang fresh graduate.
Ilustrasi mengatur keuangan (Foto: Tagar/Freepik)

Jakarta - Memiliki pekerjaan merupakan suatu yang sangat diidam-idamkan banyak orang, terlebih kamu seorang fresh graduate. Pastinya akan banyak rintangan yang kamu hadapi setelah lulus dan mendapatkan pekerjaan, salah satunya adalah mengatur keuangan.

Seperti sewajarnya orang mendapatkan uang, pastinya akan merasakan senang. Sama halnya dengan seorang yang baru mulai bekerja dan mendapatkan gaji pertamanya, pastinya akan kelewat senang dan bisa jadi kamu kalap terhadap gaji yang kamu dapatkan.

Hal tersebut tentunya akan menciptakan kebiasaan buruk bagi setiap orang, karena terlalu mudah menghabiskan uang saat menerima gaji. Oleh sebab itu, pentingnya mengatur keuangan di 5 bulan pertama bekerja agar keuanganmu tetap lancar.

Berikut ini adalah 5 cara mengatur keuangan di 5 bulan pertama bekerja.


1. Hindari Impulsif Buying

Impulsif buying bisa dikatakan sebagai pembelian yang tidak direncanakan dan tidak diikuti oleh logika. Biasanya hal ini terjadi ketika kamu melihat adanya promo menarik di suatu tempat perbelanjaan. Oleh sebab itu, kamu harus membuat skala prioritas terhadap apa yang ingin kamu beli agar terhindar dari impulsif buying.


2. Jangan Menunda Menabung

Biasanya seorang fresh graduate menemukan masalah dalam hal ini. Karena berpikiran bahwa dirinya masih muda, menjadi alasan utama untuk menunda menabung. Padahal tidak ada salahnya jika kamu menabung lebih awal agar dana tabunganmu bisa terkumpul banyak dan menjadi biaya tambahan di kemudian hari.


3. Bergaul Sesuai Kemampuan Finansial

Ketika memasuki dunia pekerjaan, pastinya kamu menemukan gaya hidup dari pergaulan baru di dunia kerja. Biasanya hal ini akan terkesan hedon, terlebih kamu bekerja di wilayah yang tempatnya eksklusif. Oleh sebab itu, kamu haruslah pintar bergaul dan berbelanja sesuai kemampuan finansialmu. Hal ini agar tidak merugikan dirimu terhadap gaji yang kamu dapatkan.


4. Kontrol Self Reward

Memberikan self reward untuk diri sendiri sebenarnya tidak salah. Namun untuk menyenangkan dirimu sendiri, tidak harus menghamburkan banyak uang. Oleh sebab itu, kamu harus mengontrol pengeluaranmu untuk self reward ketika mendapatkan gaji. Kamu bisa mengalokasikan 10% dari pendapatanmu untuk dijadikan self reward.


5. Investasi

Investasi sekarang ini sudah menjadi hal yang wajib bagi siapa pun, terutama seorang fresh graduate yang sudah bekerja. Dengan berinvestasi kamu bsia memenuhi kebutuhanmu di masa mendatang dan menambah penghasilanmu.

Itulah tadi 5 cara mengatur keuangan di 5 bulan pertama bekerja bagi seorang fresh graduate. Jangan hanya menikmati gaji untuk kesenangan dirimu saja. Namun kamu harus memikirkan lebih jauh terhadap apa yang akan kamu hadapi di kemudian hari.[]


(Rafi Fairuz)

Baca Juga:

Berita terkait
5 Langkah Keuangan Utama dalam Hidupmu
Komunikasi terbuka tentang keuangan menjadi salah satu cara bisa membantu pernikahanmu berjalan lancar.
Ini Kesalahan Keuangan yang Akan Terasa Menjelang Pensiun
Dengan pensiun, artinya kamu tidak bisa bekerja lagi pada pekerjaan yang kamu geluti sebelumnya.
Prudential dan Kipin School Berkomitmen Tingkatan Literasi Keuangan untuk Anak-anak
Ilmu manajemen keuangan harus ditingkatkan untuk anak-anak di seluruh Indonesia agar dapat mandiri finansial di masa depan.
0
Cara Mengatur Keuangan di 5 Bulan Pertama Bekerja
Memiliki pekerjaan merupakan suatu yang sangat diidam-idamkan banyak orang, terlebih kamu seorang fresh graduate.