Cara Membuat dan Tips Memaksimalkan Akun Instagram Bisnis

Instagram bisnis adalah fitur yang disediakan laman Instagram bagi pengguna yang memanfaatkan platform tersebut sebagai lapak menjalankan usaha.
Instagram Bisnis

TAGAR.id, Jakarta - Instagram bisnis adalah fitur yang disediakan laman Instagram bagi pengguna yang memanfaatkan platform tersebut sebagai lapak menjalankan usaha.

Dengan kata lain, Instagram bisnis adalah alat yang bisa digunakan sebagai teknik marketing usaha.

Sebelum mengetahui memaksimalkan instagram bisnis, Anda harus mengetahui cara mengubah status menjadi akun instagram biasa menjadi instagram bisnis.

Berikut langkah dan cara membuat akun Instagram Bisnis.

  • Login akun Instagram yang sudah terdaftar
  • Buka halaman Settings
  • Tentukan Kategori Bisnis
  • Mengisi data kontak dan lokasi bisnis
  • Menghubungkan ke Facebook Page
  • Melengkapi data profil
  • Langkah Awal Instagram Bisnis

Untuk melakukannya, Anda perlu melakukan beberapa langkah berikut.

1. Login Akun Instagram yang Sudah Terdaftar

Langkah pertama cara membuat Instagram Bisnis adalah melakukan login pada aplikasi Instagram Anda.

cara membuat akun instagram bisnis dengan login ke akun yang sudah terdaftar


2. Buka Halaman Settings

Kemudian, klik ikon 3 baris yang terdapat di pojok kanan atas profil, lalu pilih Settings.

Cara membuat instagram untuk bisnis dengan masuk ke halaman Settings

Setelah itu, klik Switch to Professional Account seperti di gambar.

Memilih menu Switch to Professional Account


3. Tentukan Kategori Bisnis

Berikutnya Anda akan diminta untuk menentukan jenis profil yang akan digunakan. Karena Anda ingin menggunakan Instagram untuk berbisnis, maka Anda bisa pilih profil Business.

Cara membuat instagram bisnis dengan menentukan kategori bisnisnya

Sedangkan, jika Anda merupakan seorang content creator atau influencer, Anda bisa menggunakan profil Creator.

Setelah itu, tentukan kategori bisnis yang Anda miliki. Anda bisa langsung mengetik keyword kategori yang pas di kolom Search. Jika sudah, klik Next.

Tak usah khawatir, apapun jenis usaha atau peluang bisnis yang Anda manfaatkan, Anda bisa mencarinya di sini.


4. Mengisi Data Kontak dan Lokasi Bisnis

Selanjutnya, Anda akan melihat halaman review kontak. Di sana Anda perlu mengisi beberapa data yang belum lengkap seperti nomor telepon dan lokasi bisnis. Jika sudah, klik Next.

Cara membuat akun bisnis di instagram dengan mengisi data kontak.


5. Menghubungkan ke Facebook Page (opsional)

Di tahap berikutnya, Anda bisa menghubungkan akun Instagram Anda dengan Facebook Page. Tujuannya adalah untuk mengatomisasi postingan di halaman Facebook setiap kali Anda mengupdate konten di Instagram bisnis.

Cara membuat akun bisnis instagram dengan menghubungkan ke Facebook Page. Namun, bila tidak memiliki Facebook Page, Anda bisa skip pengaturan ini dengan mengklik Don’t connect to Facebook Now.


6. Melengkapi Data Profil

Langkah terakhir dari cara membuat Instagram Bisnis adalah mengisi data profil bisnis Anda. Mulai dari nama, username, alamat website (jika ada), bio, dan menambahkan foto profil. Jika selesai, klik Done pada bagian ujung kanan atas halaman.

Melengkapi data profil Instagram Bisnis yang dibuat.

Menurut riset, 60 persen orang seringkali menemukan produk baru melalui Instagram. Itu artinya, Instagram memang layak dijadikan platform pilihan untuk mempromosikan bisnis secara online. 

Selain gratis, ada banyak sekali manfaat Instagram untuk Bisnis dan fitur unggul yang bisa Anda dapatkan dari penggunaan profil bisnis, yaitu:

  1. Instagram Insights, Insights merupakan sebuah tools analytics yang menunjukkan data setiap aktivitas yang terjadi di halaman akun Anda.
  2. Instagram Ads, Fitur Instagram bisnis berikutnya adalah ads. Dengan bantuan ads, kesempatan Anda untuk menjangkau lebih banyak audiens bisa semakin besar.
  3. Tombol Kontak dan Email, inilah yang akan Anda dapatkan ketika menggunakan profil bisnis di Instagram. Pengunjung yang mampir bisa lebih gampang untuk menghubungi Anda dengan adanya kedua tombol tersebut.
  4. Info Kategori Bisnis, fitur Instagram bisnis terakhir yang bisa Anda manfaatkan adalah menampilkan informasi kategori dari bisnis yang Anda jalani.


7 Langkah Cara Memaksimalkan Instagram Bisnis

Setelah memiliki akun Instagram Bisnis, Anda mungkin masih bingung apa yang harus dilakukan pertama kali. Nah, kami memiliki beberapa tips untuk memaksimalkan akun Instagram bisnis Anda berikut ini:


1. Tentukan Target Audiens

Menentukan siapa target audiens Anda sebelum memposting konten merupakan langkah wajib yang tidak boleh dilewatkan. Mungkin Anda sangat terampil menciptakan konten-konten eye-catching.

Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan mengecek kompetitor Anda yang memiliki bisnis serupa. Perhatikan bagaimana cara mereka menyajikan konten, melakukan engagement, dan konsep apa yang mereka sajikan untuk menguatkan branding.


2. Optimasi Profil Instagram Bisnis

Anda mungkin sudah tahu kalau Instagram bio hanya bisa diisi maksimal 150 karakter. Itu tandanya, Anda mesti pintar-pintar memanfaatkan space yang ada untuk memperkenalkan bisnis Anda ke audiens.

Langkah ini memang cukup tricky untuk dilakukan. Namun, usahakan untuk memberi kesan yang membuat audiens ingin mencari tahu tentang Anda lebih dalam. Anda bisa menuliskan deskripsi tentang produk bisnis, keunggulan, value, atau mengutip tentang promo yang Anda miliki saat ini.


3. Membuat Jadwal Posting

Ada sebuah riset yang menganalisa kalau waktu yang ideal untuk memposting konten di Instagram ialah di antara jam 9-11 pagi. Tetapi, apakah riset tersebut benar akurat? Belum tentu.

Sebab tidak semua jenis konten akan memiliki target audiens dengan treatment yang sama. Oleh karena itu, untuk tahu kapan waktu yang tepat untuk memposting konten adalah dengan melakukan percobaan berkali-kali. Kemudian, Anda bisa menganalisis hasilnya dari fitur Insights milik Instagram.


4. Buat Konten yang Menarik

Instagram adalah segalanya tentang visual. Jadi, sangatlah penting untuk Anda menyiapkan konten-konten semenarik mungkin untuk memikat audiens. Ciptakan kesan yang merepresentasikan persona bisnis Anda.

Di samping itu, memposting konten tidak melulu soal promosi produk Anda saja. Banyak variasi konten yang bisa Anda bagikan agar tidak terlihat monoton, seperti:

  • Repost Foto Audiens
  • Membuat Video/IGTV
  • Promosi Diskon atau Giveaway


5. Membuat Instagram Stories

Memanfaatkan Instagram Stories untuk Meningkatkan Penjualan

Fitur Instagram berikutnya yang tidak kalah penting adalah Stories. Menurut riset, 39 persen pengguna Instagram mengaku mereka tertarik pada suatu produk setelah melihatnya di Instagram Stories.

Itulah alasan layanan Instagram Stories dapat menjadi ajang yang tepat untuk mempromosikan bisnis Anda. Anda bisa memanfaatkannya untuk membagikan konten kepada audiens secara live dalam batas waktu 24 jam. Dan di saat itu pulalah kreativitas Anda diperlukan.


6. Instagram Ads

Instagram Ads termasuk sebagai fitur Instagram yang banyak diminati pebisnis. Fitur ini memang memberikan alternatif untuk Anda bisa memasarkan produk kepada audiens secara spesifik. Kuran lebih, penggunaannya pun sama dengan Facebook Ads. Anda bisa menargetkan audiens berdasarkan demografi, interest, usia, gender dan behavior.

Ada dua cara untuk menjalankan iklan di Instagram. Pertama adalah dengan menggunakan dashboard Facebook Ads Manager. Dan kedua adalah dengan mengakses langsung di Instagram. Anda pun bisa membuat konten dalam berbagai format seperti menggunakan single image, carousel, video, slideshow, dan juga stories. Untuk panduan lengkap membuat Instagram Ads, silakan baca artikel ini.


7. Lakukan Analisis

Langkah terakhir yang wajib dilakukan adalah menganalisa performa akun Instagram bisnis secara keseluruhan. Lakukan hal ini secara berkala untuk menyaksikan seberapa besar pengaruh yang didapatkan dari masing-masing konten dan campaign.

Anda bisa menganalisa dengan mengakses langsung pada fitur Insights di akun Anda. Dan jika ingin mendapatkan hasil yang lebih spesifik, gunakan bantuan tools analytics seperti Hootsuite Analytics, Iconosquare, Sprout Social, Bitly, Keyhole, dan masih banyak lagi.[]

Baca Juga:

Berita terkait
Lionel Messi Cetak Rekor Instagram Melebihi 56 Juta Tanda Disukai
Bintang Argentina, Lionel Messi, cetak rekor di Instagram karena unggahannya menjadi yang paling banyak disukai dalam sejarah jejaring sosial itu
Cara Cari Uang dari Instagram, Coba Nomor 5 Deh
Instagram memiliki customer potensial sehingga sangat cocok bagi anda untuk menghasilkan uang.
Wisata Instagramable Keren di Palembang
Wisata Palembang yang Instagramable keren untuk berfoto ria. Sejak media sosial Instagram penggunanya tinggi, pariwisata di sana mulai terekspose.
0
Cara Membuat dan Tips Memaksimalkan Akun Instagram Bisnis
Instagram bisnis adalah fitur yang disediakan laman Instagram bagi pengguna yang memanfaatkan platform tersebut sebagai lapak menjalankan usaha.