UNTUK INDONESIA
Cara Luhut Bangkitkan Perekonomiaan Banyuwangi
Menko Merves Luhut Pandjaitan mengumpulkan menteri, BUMN, dan swasta untuk membahas akselerasi perekonomian di Kabupaten Banyuwangi.
Mesko Merves Luhut Binsar Pandjaitan saat memimpin rapat koordinasi di Kabupaten Banyuwangi. (Foto: Istimewa/Tagar)

Banyuwangi - Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengumpulkan sejumlah stakeholder untuk menggelar rapat koordinasi di Kabupaten Banyuwangi, Rabu, 29 Juli 2020. Dalam rapat selain membahas soal pengembangan pariwisata, juga membahas soal percepatan pembangunan industri kereta api di Banyuwangi.

Luhut mengatakan di tengah pandemi Covid-19 perlunya kerja sama dan kekompakan seluruh pihak untuk memulihkan ekonomi daerah. Luhut mendorong kementerian dan BUMN serta swasta untuk mengakselerasi berbagai pengembangan ekonomi di Banyuwangi.

Saya sudah telepon Bu Siti barusan, saat ini sedang proses, kita tunggu, semoga tidak lagi.

“Banyuwangi sudah sangat bagus, kita dukung bersama,” ujar Luhut melalui keterangan tertulisnya kepada Tagar.

Baca juga:

Salah satu yang dibahas adalah percepatan penyelesaian industri kereta api berorientasi ekspor pada 2021 untuk bisa menyerap ribuan lapangan pekerjaan. Saat ini, pembangunan industri KA tersebut sedang dalam proses oleh Badan Usaha Milik Negara PT INKA.

Selain itu, Luhut juga mengungkapkan untuk proses perizinan cable car di Kawah Ijen sudah berada di meja Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya. 

“Saya sudah telepon Bu Siti barusan, saat ini sedang proses, kita tunggu, semoga tidak lagi,” kata Luhut.

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia berjanji akan mengawal proses perizinan cable car di Taman Wisata Alam Ijen. Cable car itu diyakini akan menyerap wisatawan mancanegara dan domestik untuk mengunjungi Kawah Ijen memiliki fenomena api biru.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas berterima kasih atas dukungan berbagai pihak tersebut. 

“Sejak kedatangan Presiden Jokowi dan Gubernur Jatim Ibu Khofifah ke Banyuwangi akhir Juni lalu, alhamdulillah ekonomi terus menggeliat, dengan tetap kita tidak melupakan penanganan Covid-19,” ujar Anas.

Anas mengatakan adanya dukungan dari Menko Merves Luhut Binsar Pandjaitan diharapkan bisa mempercepat pemulihan ekonomi Kabupaten Banyuwangi. 

"Tentu kami yakin pemulihan ekonomi Banyuwangi bisa cepat untuk segera kembali membuka banyak lapangan kerja bagi warga,” ucap Anas. []

Berita terkait
Modus Pasangan Suami Istri Curi Motor di Banyuwangi
Polresta Banyuwangi menangkap pasutri yang terlibat dalam komplotan pencurian kendaraan bermotor. Sudah 50 motor milik korban disikat pelaku.
Berkah Perajin Besek Banyuwangi Jelang Idul Adha
Perajin besek Banyuwangi kebanjiran pesanan jelang hari raya Idul Adha. Pesanan meningkat karena warga mulai beralih dari kantong plastik ke besek.
PLN Banyuwangi: Listrik Padam Dipicu Layang-layang
Layang-layang menjadi penyebab tertinggi kedua padamnya listrik di Banyuwagi. PLN meminta kesadaran para pemain layangan.
0
Cara Luhut Bangkitkan Perekonomiaan Banyuwangi
Menko Merves Luhut Pandjaitan mengumpulkan menteri, BUMN, dan swasta untuk membahas akselerasi perekonomian di Kabupaten Banyuwangi.