UNTUK INDONESIA
Cara Aman Berlibur ke Pantai di Era New Normal
Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan saat ingin bepergian ke pantai di era New Normal agar terhindar dari penyebaran virus Corona.
Ilustrasi Pantai. (Foto: Pixabay/skeeze)

Jakarta - Memasuki era New Normal, tak sedikit orang yang mulai pergi ke luar rumah untuk berlibur salah satunya ke pantai. Namun, masyarakat diimbau untuk tetap menerapkan protokol kesehatan selama pergi ke pantai agar terhindar dari virus corona atau Covid-19.

Sebab, tidak pernah tahu apakah tempat tersebut aman dari penyebaran virus Corona atau tidak. Dengan menerapkan protokol kesehatan setidaknya mampu meminimalisir risiko terpapar virus tersebut dan menjaga tubuh tetap sehat.

Dilansir dari laman CNBC dan Forbes, berikut Tagar berikan ulasan mengenai cara aman berlibur ke pantai di era new normal.

1. Hindari Mengunjungi Pantai yang Ramai

Selama pandemi Covid-19, sangat tidak dianjurkan untuk berkerumun. Sehingga, hindarilah untuk mengunjungi pantai yang dipenuhi oleh wisatawan.

Pastikan terlebih dahulu saat mencari tempat parkir apakah sulit atau tidak. Jika merasa kesulitan, hal itu menandakan pantai dipenuhi banyak orang, disarankan untuk pindah dan mencari tempat yang lebih sepi agar aman.

2. Jangan Berenang

Selama pergi ke pantai sangat tidak disarankan untuk berenang. Meskipun Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) mengatakan belum ada bukti yang menunjukkan virus corona bisa bertahan di air, risiko akan meningkat jika banyak orang yang berenang tentunya.

Terlebih saat melakukan kontak dan meminum air secara tidak sengaja. Inilah yang menjadi alasan berenang tidak disarankan, alternatif lain yang bisa dilakukan yaitu berjemur atau barbeku-an.

3. Jangan Menyentuh Banyak Hal dan Tetap Pakai Masker

Meskipun pantai merupakan ruangan terbuka, tetap diimbau untuk menerapkan tata cara bepergian selama pandemi Covid-19. Termasuk menghindari menyentuh banyak hal dan selalu menggunakan masker. 

Jika secara tidak sengaja menyentuh fasilitas umum, segeralah untuk mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau hand sanitizer berbahan dasar alkohol.

4. Hindari Meminjam Barang

Ketika berkunjung ke pantai sangat tidak disarankan untuk meminjam barang kepada orang lain. Misalnya, papan selancar, kursi duduk, payung, dan peralatan lain yang disewakan secara umum di pantai.

Sebab, tidak pernah tahu higienitas pemberi jasa ataupun orang yang sebelumnya meminjam barang tersebut. Meskipun merepotkan, alangkah baiknya menyiapkan peralatan tersebut dari rumah untuk keamanan dan kesehatan diri.

Nah, itulah beberapa cara aman saat ingin pergi berlibur ke pantai. Selain bisa memanjakan diri, nantinya kesehatan tubuh akan tetap terjaga dan terhindar dari berbagai penyakit termasuk Covid-19.

Baca Juga:

Berita terkait
Persiapan yang Harus Diperhatikan Sebelum Diving
Ketika ingin diving ada beberapa hal yang harus diperhatikan terlebih dahulu agar selama proses diving aman dan nyaman. Ini penjelasannya.
Protokol Kesehatan Berwisata ke Candi Prambanan
Candi Prambanan dan Ratu Boko kembali dibuka untuk wisatawan sejak 1 Juli 2020 dengan menerapkan protokol kesehatan. Berikut penjelasannya.
TN Komodo Terapkan Registrasi Online untuk Wisatawan
Taman Nasional Komodo kembali dibuka memasuki era new normal dengan menerapkan sistem registrasi online dan membership atau keanggotaan.
0
Cara Aman Berlibur ke Pantai di Era New Normal
Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan saat ingin bepergian ke pantai di era New Normal agar terhindar dari penyebaran virus Corona.