UNTUK INDONESIA

Calon Kapolri Listyo Sigit Punya Chemistry dengan Jokowi

Direktur Eksekutif Indonesia Political Review Ujang Komarudin mengatakan, calon Kapolri Listyo Sigit Prabowo punya chemistry dengan Jokowi.
Calon Kapolri Listyo Sigit Prabowo. (Foto:Tagar/Divisi Humas Polri)

Jakarta - Direktur Eksekutif Indonesia Political Review Ujang Komarudin, mengatakan bahwa calon Kapolri Listyo Sigit Prabowo punya kedekatan atau chemistry dengan Presiden Jokowi. Sedangkan chemistry merupakan kriteria yang paling penting karena Kapolri berada langsung di bawah Presiden.

“Kalau kita melihat YouTubenya Pak Amin Rais. Bagaimana Pak Amin Rais beberapa waktu yang lalu membuat pernyataan di YouTubenya bahwa kemungkinan besar Kapolri itu akan dijawab oleh Pak Listyo Sigit Prabowo karena kedekatannya (dengan Jokowi). Yang dikatakan oleh Pak Amin Rais bisa saja itu mungkin," kata Ujang kepada Tagar TV, Senin, 11 Januari 2020.

Ini penting dari semua kriteria yang saya ajukan, ini yang paling penting, chemistri. Karena dalam mengamankan kebijakan Presiden terkait dalam konsep penegakan hukum dan persoalan kebangsaan jadi penting, Kapolrinya loyal.

Dalam kesempatan itu, Ujang juga merunutkan beberapa kriteria yang sebaiknya dimiliki oleh seorang calon Kapolri. Pertama, calon Kapolri harus memenuhi ketentuan undang-undang.

“Kita melihat Kompolnas semuanya mengajukan 5 calon bintang tiga semuanya. Artinya dari Komisaris Jenderal bintang tiga semua tidak ada yang dua lalu diberikan posisi baru bintang tiga lalu diajukan untuk menjadi Kapolri,” sebutnya.

Kedua apa yang tak kalah pentingnya, Kapolri yang baru itu harus memiliki track record yang baik dan bagus. Dengan kata lain, tidak ada jejak hitam, tidak melakukan kongkalikong dengan pengusaha atau bandar narkoba.

“Saya punya keyakinan yang diajukan Kompolnas itu mudah-mudahan semuanya baik-baik dan memiliki rekam jejak yang bagus,” ungkap Ujang.

Ketiga, harus memiliki prestasi dalam kontek penegakan hukum maupun yang lainnya.

“Ingin jadi Kapolri ya harus berprestasi. Sebagai Kapolri (harus) memiliki prestasi yang bagus dan membanggakan khususnya dalam penegakan hukum,” sebutnya.

Keempat harus memiliki kedekatan dengan Presiden Jokowi. Menurut Ujang, kriteria yang satu ini adalah yang paling penting dari semua kriteria yang ia ajukan yakni harus memiliki chemistri.

“Ini penting dari semua kriteria yang saya ajukan, ini yang paling penting, chemistri. Karena dalam mengamankan kebijakan Presiden terkait dalam konsep penegakan hukum dan persoalan kebangsaan jadi penting, Kapolrinya loyal dan sangat dekat dengan seorang Presiden. Kalau tidak, akan sulit apalagi suasana politik kita kita masih dalam kondisi masih tegang gitu,” sebut Ujang.

Yang terakhir yang tak kalah pentingnya adalah terkait dengan reformasi internal kepolisian dan komitmen terhadap penegakan HAM.

“Kalau Kapolri tidak bisa membenahi internal kepolisian maka itu juga menjadi catatan yang buruk. Bagaimana komitmen terhadap penegakan HAM itu penting juga. Misalnya, terkait dengan kasus meninggalnya 6 laskar FPI itu penting dan harus diuji dengan tuntas,” ucap Ujang.

“Itu PR dari Pak Idham Azis yang harus dilanjutkan oleh Kapolri yang baru diangkat," tambahnya.

Meski demikian menurut Ujang, siapapun sosok yang dipilih Presiden Jokowi harus kita hormati dan yang terpenting adalah bagaimana Polri mereformasi diri agar menjadi lebih baik dalam penegakan hukum dan agar dicintai oleh masyarakat.

“Kita sebagai rakyat sebagai anak bangsa tentu ingin memiliki yang terbaik. Bagus dalam konteks penegakan hukum di negeri ini, juga dicintai Allah,” ungkapnya. []

Berita terkait
Profil Listyo Sigit Prabowo, Calon Kapolri Usulan Kompolnas
Berikut profil Komisaris Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo. Pria yang dikabarkan bakal menjadi Kapolri menggantikan Jenderal Idham Azis.
Politisi NasDem Rekomendasikan Listyo Sigit Prabowo Jadi Kapolri
Politisi NasDem non-aktif Irma Suryani Chaniago merekomendasikan Listyo Sigit Prabowo sebagai calon Kepala Kepolisian Republik Indonesia.
Isu Calon Kapolri, Listyo Sigit Dapat Lampu Hijau dari Jokowi?
Norman Hadinegoro menangkap sinyal bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) kemungkinan akan menunjuk Kabareskrim Listyo Sigit menjadi Kapolri.
0
Malam dan Ketelitian, Rahasia Keindahan Batik di Yogyakarta
Ada sejumlah bahan yang harus ada dalam proses pembuatan kain batik. Salah satunya adalah malam dan canting. Selain itu juga perlu ketelitian.