UNTUK INDONESIA
Bupati Dairi: Moccak, Ekspresi Kebudayaan Nasional
Pencak silat, di Kabupaten Dairi disebut moccak, adalah ekspresi kebudayaan nasional.
Bupati Dairi, membuka secara resmi kejuaraan pencak silat sekaligus pelantikan pengurus IPSI Kabupaten Dairi periode 2019-2023 (Foto: Tagar/istimewa)

Dairi - Pencak silat, di Kabupaten Dairi disebut 'moccak', adalah ekspresi kebudayaan nasional. Pencak silat diharap dapat digerakkan dan disebarluaskan sampai ke berbagai pelosok di Kabupaten Dairi, Sumatera Utara.

Hal itu dikatakan Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu dalam sambutannya pada pembukaan kejuaraan pencak silat Piala Kementerian Agama Kabupaten Dairi, Rabu 22 Januari 2020, di GOR Sidikalang.

Kejuaraan tersebut, dirangkai dengan pelantikan pengurus Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kabupaten Dairi periode 2019-2023.

Demikian siaran pers Kadis Komunikasi dan Informatika Kabupaten Dairi, Rahmat Syah Munthe, melalui Kabid Informasi dan Komunikasi Publik, Untung Roy Boy Nahampun.

Disebut, pada kesempatan itu Bupati Dairi menyampaikan harapan dan dukungan serta sinergitas berbagai stakeholder khususnya dari IPSI Kabupaten Dairi.

"Saya harapkan dukungan dalam pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Dairi melalui seni beladiri pencak silat, untuk mewujudkan visi kita mewujudkan Dairi Unggul yang mensejahterakan masyarakat dalam harmoni keberagaman," kata Eddy.

Berlatih terus. Selamat bertanding, junjung tinggi sportivitas, jaga kesehatan, dan jauhi narkoba

"Suarakan terus dukungan kepada pemerintah yang sedang bekerja melakukan perubahan, mari proaktif," lanjut Eddy.

Ditambahkan Eddy, pencak silat, dengan induk organisasi IPSI di bawah naungan KONI, merupakan seni beladiri turun-temurun dari leluhur, yang juga dipraktikkan di beberapa negara seperti India dan Brunei.

Eddy, secara khusus juga menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi kepada Kemenag, karena telah memprakarsasi dan mendukung kegiatan kejuaraan tersebut, untuk yang kedua kalinya.

Kepada para atlit, Eddy mengatakan agar tetap rendah hati, tidak sombong, menjadi penyangga, penebar persaudaraan dan persatuan, dimana pun berada.

Sementara itu, Ketua IPSI Sumatera Utara Hj Dahliana dalam sambutannya menyampaikan harapan agar kegiatan tersebut dapat berkelanjutan, serta mendapat dukungan dari Pemkab Dairi.

"Berlatih terus. Selamat bertanding, junjung tinggi sportivitas, jaga kesehatan, dan jauhi narkoba," katanya.

Turut hadir pada acara itu, Wakil Bupati Dairi Jimmy AL Sihombing, Ketua IPSI Kabupaten Dairi, Plt Kadis Pariwisata, Kebudayaan dan Olahraga Kabupaten Dairi, perwakilan Kementerian Agama Kabupaten Dairi, tokoh masyarakat, dan para atlit pencak silat yang akan bertanding.[]

Berita terkait
Karyawan Indomaret Dairi Tewas Tabrakan Kontra Pikap
Karyawan Indomaret asal Kabupaten Dairi, Sumatera Utara, tewas akibat kecelakaan lalu lintas.
Raja Napogos di Dairi Bantu Warga Desa Alur Subur
Bakti sosial berupa pemberian sembako kepada masyarakat kurang mampu itu, diserahkan Wakil Bupati Dairi Jimmy AL Sihombing.
Penyaluran BBM Terkendala di Dairi, Ini Kata Pemkab
Sejak awal tahun 2020, penyaluran Bahan Bakar Minyak (BBM) terkendala di Kabupaten Dairi.
0
Reemar Martin & Han So Hee Dihujat Netizen Indonesia
Sebelum Reemar Martin dihujat netizen Indonesia, aktris Han So Hee ternyata juga sempat jadi korban bully warganet Tanah Air.