Bukan Smartphone, Produk Pertama Xiaomi adalah MIUI

Produk pertama Xiaomi bukanlah handphone melainkan MIUI yang hadir pertama kali Agustus 2010.
Markas Xiaomi. (Foto:Tagar/Ist)

Jakarta - Siapa sangka produk pertama Xiaomi bukanlah handphone melainkan MIUI. Produk tersebut, adalah tampilan antarmuka yang ditujukan untuk semua ponsel Xiaomi saat ini. Pertama kali, Xiaomi menghadirkan MIUI Android tepatnya pada Agustus 2010. 

Smartphone pertama Xiaomi yang disebut Mi 1 meluncur pertamakali tahun 2011 di Tiongkok.

Ternyata MIUI ini menarik banyak pihak di forum penggemar, salah satunya adalah XDA Developers seperti dikutip dari Android Authority Senin, 10 Mei 2021. Versi awal MIUI, kemudian dirancang berbagai perangkat seperti Google Nexus One, Nexus S, HTC Desire, Motorola Droid/Milestone, dan HTC HD2.

Kala itu, Xiaomi belum memiliki ponsel buatannya sendiri untuk menghadirkan software tersebut. Beberapa fitur unggulan MIUI saat itu adalah lockscreen yang dapat dikustom, folder, dukungan untuk tema yang merupakan fitur baru pada masanya.

Logo XiaomiLogo Smartphone Xiaomi. (Foto: Twitter/@Xiaomi)

MIUI juga memiliki kemampuan menghapus aplikasi dengan menyeretnya ke bagian atas layar, hingga opsi privasi seperti blacklist panggilan atau SMS. Fitur ini, disebut terinspirasi dari apa yang sudah hadir di iOS.

Pendekatan Xiaomi untuk memperkenalkan MIUI saat itu berbasis ke penggemar atau komunitas. Lewat langkah ini, mereka bisa berbagi ide mengenai fitur apa lagi yang mau dihadirkan di MIUI selanjutnya.

Smartphone pertama Xiaomi yang disebut Mi 1 meluncur pertamakali tahun 2011 di Tiongkok. Kala itu, ponsel tersebut menggunakan desain plastik dengan spesifikasi premium seperti chipset Snapdragon S3, RAM 1 GB, memori 4 GB yang dapat diperluas, dan baterai 1.930 mAh. 

MIUI masih menjadi bagian dari smartphone Xiaomi hingga kini, dengan update terbaru MIUI 12.5. Bahkan sekarang, MIUI telah berkembang ke smartwatch Xiaomi di Negeri Tirai Bambu. MIUI tak bisa disangkal dan tetap menjadi bagian penting bagi identitas perusahaan Xiaomi.

Kini, Xiaomi telah menjelma menjadi salah satu dari lima vendor smartphone terbesar di dunia dan menempati posisi ketiga, tepat di bawah Apple. Selain menawarkan produk smartphone sebagai penjualan utama mereka, Xiaomi juga telah menjual berbagai perangkat elektronik lain seperti TV, penanak nasi, hingga penyedot debu. Bahkan, memungkinkan menjual barang lain di luar elektronik dari kerja sama dengan perusahaan mitra lainnya.[]

Berita terkait
Xiaomi Bakal Rilis Tiga Tablet Premium Baru
Grup Telegram Xiaomiui, membocorkan bahwa Xiaomi memiliki setidaknya tiga model tablet yang sedang dikerjakan berkode Enuma, Elish, dan Nabu.
Xiaomi MIUI 12.5 Versi Stabil Akan Rilis 30 April
Xiaomi mengumumkan akan ada 19 perubahan kebijakan baru bagi penggunanya.
Jelang Rilis, Spesifikasi Xiaomi Redmi 20X Terungkap
Xiaomi Redmi 20X akan segera meluncur. Smartphone ini, kabarnya akan hadir dalam empat warna yaitu hitam, putih, biru dan hijau.
0
Jalan Tol Serpong-Cinere Bayar Rp 11.000 Mulai 2 Juni
Jalan Tol Serpong-Cinere, ruas Seksi I Serpong-Pamulang mulai dikenakan tarif sebesar Rp11.000 untuk golongan 1 mulai Rabu, 2 Juni 2021.