Untuk Indonesia
BJ Habibie Ingin Indonesia Menjadi Singa Dunia
Kepergian Presiden ke3 RI BJ Habibie diharapkan mampu melecut para pemimpin dan elite politik untuk membuat Indonesia lebih maju di mata dunia.
Presiden ketiga RI BJ Habibie melambaikan tangan saat akan menghadiri Sidang Tahunan MPR Tahun 2015 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (14/8/2015). (Foto: Sigid Kurniawan/kye/ama)

Bali - Ketua Umum Asosiasi Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Ida Pangelingsir Agung Putra Sukahet, memandang sosok Presiden ke-3 RI BJ Habibie, menjadi suri tauladan masyarakat dalam merawat kerukunan hidup di Bali. 

Sebagai satu dari destinasi utama pariwisata dunia, Bali dikenal memiliki masyarakat yang begitu ramah dan terbuka terhadap kemajemukan, soal kerukunan antar bangsa dan antar umat beragama, menjadi nilai yang dijunjung tinggi di Bali.

Agung menilai BJ Habibie memiliki jiwa patriotisme, nasionalisme, dan setia kepada agama Islam, serta memiliki kesetiaan kepada Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika.

"Juga cintanya terhadap NKRI membuat tokoh bangsa kelahiran Parepare ini selalu memikirkan dan berbuat terbaik untuk bangsa dan negaranya, bahkan jarang memikirkan dirinya," tutur Agung.

Menurut dia, sebaiknya kepergian BJ Habibie dijadikan pelecut bagi para pemimpin negeri untuk memajukan Indonesia yang lebih makmur dan damai.

"Sehingga Indonesia akan menjadi bangsa yang selalu rukun, bersatu, kuat, sejahtera, dan bahagia. Semangat Habibie akan mampu membawa bangsa ini tidak saja akan menjadi macannya Asia, tetapi juga singa-nya dunia," ujar pria yang mengabdi sebagai Bendesa Agung Majelis Desa Adat Bali ini.

Agung melihat BJ Habibie memang sebatas dari media cetak dan televisi, tidak pernah bertemu langsung. Namun apa yang pernah ditorehkan Habibie dalam ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) dan iman dan taqwa (imteq), akan menjadi kenangan abadi masyarakat.

"Saya yakin bangsa Indonesia dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Rote, apapun agamanya, apapun sukunya, apapun profesinya pasti merasa berduka dan sangat kehilangan dengan wafatnya Bapak BJ Habibie," ujarnya

Kendati tidak genap dua tahun menjabat sebagai Presiden RI, Agung menilai BJ Habibie berhasil memimpin Indonesia. Formula dan visi dalam meracik sebuah negara untuk menjadi negara maju yang terpandang di dunia, patut dicontoh.  

"Beliau adalah sosok yang harus hidup di setiap sosok-sosok rakyat Indonesia, terutama di generasi muda bangsa karena beliau adalah sosok umat beragama yang sangat baik. Beliau adalah umat Islam yang sangat baik sekaligus juga warga negara terbaik," kata Agung.

Menurut Agung, selain dikenal sebagai muslim yang sangat taat menjalankan ibadah, Habibie dalam ingatannya merupakan seorang negarawan, sekaligus teknokrat, birokrat, dan demokrat yang sangat cerdas dan bijaksana.

"Selamat jalan pahlawanku Bapak BJ Habibie. Engkau pasti akan beristirahat dengan tenang, damai, dengan kebahagiaan abadi di Istana Tuhan Yang Maha Esa," ucapnya.

Forum Kerukunan Umat Beragama atau FKUB adalah forum yang dibentuk oleh masyarakat dan difasilitasi pemerintah untuk membangun, memelihara, dan memberdayakan umat beragama untuk menjaga kerukunan dan kesejahteraan.

FKUB mengemban tugas melaksanakan perumusan dan pelaksanaan kebijakan, standarisasi, dan bimbingan teknis serta evaluasi di bidang kerukunan umat beragama. []

Berita terkait
Jembatan dan Taman BJ Habibie di Timor Leste
BJ Habibie mendapatkan tempat tersendiri di hati warga Timor Leste. Namanya dijadikan sebuah nama jembatan dan taman disana.
Seribu Lilin di Monumen Cinta Sejati Habibie-Ainun
Warga Parepare menggelar aksi menyalakan seribu lilin, membacakan doa, dan membacakan puisi untuk mengenang jasa Presiden RI ke-3 BJ Habibie.
Belasungkawa BJ Habibie dari Perbatasan Indonesia
Bj Habibie merupakan putra terbaik bangsa Indonesia yang di kenal dunia sebagai ilmuan dan sebagai Presiden.
0
Sah! DPR Resmikan Revisi UU KPK Meski Berpolemik
Polemik revisi revisi UU KPK yang masih bergejolak tetap tidak membuat DPR dan pemerintah bergeming. DPR resmi mengsahkan Revisi UU KPK hari ini.