Biden Serukan Amerika Bersatu untuk Vaksinasi Covid-19

Presiden Biden prihatin dengan negaranya yang terpecah menjadi dua kelompok: yang divaksinasi dan yang tidak divaksinasi
Presiden AS, Joe Biden (Foto: voaindonesia.com/AP)

Jakarta – Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden, prihatin dengan negaranya yang terpecah menjadi dua kelompok: yang divaksinasi dan yang tidak divaksinasi.

“Saya tidak ingin melihat negara yang sudah terlalu terpecah, menjadi terbagi dengan cara baru, antara tempat di mana orang hidup bebas dari ketakutan akan Covid, dan tempat di mana .... musim gugur tiba dan kematian dan penyakit parah kembali,” kata Biden pada hari Rabu, 2 Juni 2021, ketika dia mengumumkan prakarsa vaksinasi virus corona dengan insentif.

“Divaksinasi bukanlah tindakan partisan,” tambah Biden, seraya mengatakan produksi vaksin dilakukan di bawah presiden dari kedua partai. “Kita harus menjadi satu Amerika .... yang bersatu, bebas dari rasa takut.”

Biden telah menetapkan tujuan untuk memvaksinasi 70% orang dewasa di Amerika Serikat dengan setidaknya satu dosis suntikan pada 4 Juli 2021, ketika negara ini merayakan Hari Kemerdekaannya. Jumlah warga yang sudah divaksinasi sedikitnya satu dosis saat ini mencapai 63%.

Seorang perempuan divaksinSeorang perempuan menerima vaksin COVID-19 di sebuah klinik di Philadelphia, Pennsylvania, AS, 18 Mei 2021 (Foto: voaindonesia.com - REUTERS/Hannah Beier)

Dengan tingkat vaksinasi Covid-19 yang lambat, terutama di beberapa komunitas minoritas, Biden merekomendasikan program Shots at the Shop (“Imunisasi di Toko”) yang mencakup lebih dari 1.000 tempat pangkas rambut dan penata rambut di sekitar tempat tinggal warga. Para profesional rambut akan menghadiri sesi pelatihan bulan ini tentang vaksin virus corona dan kemudian mengadakan klinik vaksinasi di tempat mereka.

“Tempat potong rambut, salon kecantikan adalah pusat aktivitas dan informasi di komunitas kulit hitam dan cokelat khususnya,” kata Biden di Gedung Putih.

Dalam National Month of Action (Bulan Aksi Nasional) ini pemerintah juga akan mengajak beberapa “organisasi-organisasi nasional, para pemimpin pemerintah daerah, mitra-mitra berbasis komunitas dan agama, bisnis, pengusaha, influencer media sosial, selebriti, atlet, perguruan tinggi, kaum muda dan ribuan sukarelawan,” menurut Gedung Putih.

“Amerika menuju musim panas yang secara dramatis berbeda dari musim panas tahun lalu – musim panas kebebasan, musim panas kegembiraan, musim panas kumpul-kumpul dan perayaan. Musim panas yang pantas didapatkan negara ini setelah musim dingin yang panjang dan gelap yang telah kita semua alami,” kata Biden.

Dua dari penyedia penitipan anak terbesar di Amerika Serikat menawarkan jasa menjaga anak gratis di lebih dari 2.500 lokasi kepada orang tua dan pengasuh lainnya ketika mereka divaksinasi.

Sebagian apotek bulan ini akan tetap buka 24 jam pada hari Jumat untuk vaksinasi.

“Kami akan terus mendorong orang untuk divaksinasi dengan insentif dan hadiah yang menyenangkan,” kata Biden.

Sebuah pabrik bir besar juga akan memberikan bir gratis kepada semua orang Amerika berusia 21 tahun ke atas jika AS mencapai target 70% pada 4 Juli 2021 seperti yang dicanangkan oleh Biden.

“Itu benar – coba dan minum bir,” kata Biden, saat dia menyebutkan berbagai iming-iming.

Warga  antre di klinik vaksinasi Covid-19 24 jamWarga antre di klinik vaksinasi Covid-19 24 jam yang diselenggarakan oleh Black Doctors Covid-19 Consortium di Pusat Liacouras Temple University di Philadelphia, AS (Foto: voaindonesia.com/AP)

Sebuah jaringan donat nasional mengatakan pada hari Selasa, 1 Juni 2021, bahwa mereka telah memberikan 1,5 juta donat kepada mereka yang memiliki bukti telah divaksinasi.

Krispy Kreme mengatakan siapa pun bisa mendapatkan donat gratis, divaksinasi atau tidak, pada hari Jumat, 4 Juni 2021, untuk merayakan Hari Donat Nasional. Tapi orang yang sudah divaksin akan mendapatkan tambahan donat.

jubir gedung putih jen psakiJuru bicara Gedung Putih, Jen Psaki (Foto: voaindonesia.com/Reuters)

“Saya tidak akan merekomendasikan Krispy Kreme dengan bir, tetapi saya akan menyerahkannya kepada orang lain untuk memutuskan,” kata Juru Bicara Gedung Putih, Jen Psaki, tentang begitu banyaknya promosi nasional yang terkait dengan vaksinasi Covid-19.

Biden pada hari Rabu, 2 Juni 2021, mengumumkan bahwa tur vaksinasi nasional, yang dipimpin oleh Wakil Presiden Kamala Harris juga akan diluncurkan di seluruh negara bagian Selatan dan Barat Tengah.

Harris akan bergabung dengan suaminya, Doug Emhoff, serta ibu negara Jill Biden dan anggota kabinet lainnya (lt/em)/voaindonesia.com. []

Berita terkait
Amerika Dorong Vaksinasi Covid-19 Dengan Hadiah Jutaan Dolar
Mulai dari hadiah uang tunai yang sangat besar hingga layanan tertentu secara cuma-cuma, merupaka upaya dorong warga untuk divaksinasi Covid-19
Target Biden 70% Warga Amerika Sudah Divaksinasi 4 Juli 2021
Biden umumkan target baru vaksinasi Covid-19, yaitu setidaknya 70% warga AS sudah menerima sedikitnya satu dosis vaksin pada 4 Juli 2021
Hadiah Vaksinasi di California Total 116,5 Juta Dolar AS
Warga California, Amerika Serikat (AS), yang divaksinasi berhak mendapat hadiah uang tunai total 116,5 juta dolar AS
0
Biden Serukan Amerika Bersatu untuk Vaksinasi Covid-19
Presiden Biden prihatin dengan negaranya yang terpecah menjadi dua kelompok: yang divaksinasi dan yang tidak divaksinasi