Biden Ingatkan Rakyat Amerika Terkait Pengorbanan Tentara

Presiden Biden beri penghormatan kepada korban perang AS dengan mengingat pengorbanan mereka untuk kebebasan Amerika
Presiden Joe Biden tiba dalam acara peringatan Hari Pahlawan di Veterans Memorial Park, di New Castle, Delaware, AS, Minggu, 30 Mei 2021 (Foto: voaindonesia.com/AP)

Jakarta – Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden, pada Minggu, 30 Mei 2021, memberikan penghormatan kepada korban perang pada malam Memorial Day atau Hari Pahlawan pertama yang dijalaninya sebagai komandan tertinggi. “Kita harus ingat pengorbanan yang diberikan bagi kebebasan kita," kata Presiden Biden di Plaza Memorial Perang dekat Jembatan Memorial Delaware.

Lebih lanjut Biden, mengatakan, “Kita harus ingat utang yang kita miliki kepada mereka yang telah memberikan pengorbanan, dan keluarga-keluarga yang ditinggalkan. Hati saya hancur karena sedih."

memorial park delawareVeterans Memorial Park, di New Castle, Delaware, AS (Foto: dmbveteransmemorialpark.com)

Biden menyampaikan pidato itu pada enam tahun setelah kematian putranya, Beau, yang mengabdi di Garda Nasional Angkatan Darat Delaware dengan pangkat Mayor. Beau pernah bertugas dengan pasukan AS di Irak sebelum meninggal karena kanker pada tahun 2015.

"Apabila (Beau) ada di sini, dia juga akan datang ke sini, memberikan penghormatan kepada mereka yang telah memberikan banyak (pengorbanan) kepada negara kita," kata Biden.

AS telah memperingati Hari Pahlawan untuk menghormati para korban perang setiap akhir Mei sejak 1868 setelah Perang Saudara. Hari libur nasional itu kini diperingati setiap Senin terakhir pada Mei 2021 (vm/pp)/voaindonesia.com. []

Berita terkait
Pesan Biden Kepada Tentara Amerika Jelang Hari Pahlawan
Pesan Presiden Joe Biden kepada tentara Amerika menjelang Hari Pahlawan: Kami Berutang Budi
0
Biden Ingatkan Rakyat Amerika Terkait Pengorbanan Tentara
Presiden Biden beri penghormatan kepada korban perang AS dengan mengingat pengorbanan mereka untuk kebebasan Amerika