Biden dan Trudeau Bahas Pandemi dan Ancaman Perubahan Iklim

Presiden Biden dan PM Trudeau bertemu secara virtual yang menandai era baru berupa pertemuan bilateral pertama yang dilakuan Biden
PM Kanada Justin Trudeau (kanan) saat bertemu dengan Joe Biden (yang saat itu masih menjabat sebagai Wapres AS) di gedung Parlemen Kanada di Ontario, Kanada, 9 Desember 2016. (Foto: Dok/voaindonesia.com/Reuters).

Jakarta - Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden, bertemu secara virtual dengan Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau, yang menandai pertemuan bilateral pertama Biden dengan pemimpin asing sejak menjabat sebagai presiden mulai 20 Januari 2021 lalu.

Kedua pemimpin juga membahas China, perubahan iklim, dan masalah lain. Hal in disampaikan oleh seorang pejabat pemerintahan Biden, 23 Februari 2021, yang tidak mau disebutkan namanya dan berbicara kepada wartawan. Peremuan tersebut merupakan bagian dalam upaya untuk menata kembali hubungan yang memburuk selama empat tahun kepresidenan Donald Trump.

Kepada wartawan, pejabat itu menyampaikan Biden sangat ingin membahas ancaman keamanan akibat perubahan iklim, virus corona, serta juga ancaman yang ditimbulkan oleh China, Iran, Korea Utara, dan Rusia.

Dalam sebuah langkah yang "mengecewakan" Trudeau, Biden baru-baru ini memblokir proyek pipa Keystone XL senilai 8 miliar dolar AS untuk memompa minyak dari Kanada ke Amerika Serikat melalui penandatanganan perintah eksekutif "Buy American" yang bertujuan untuk membelanjakan lebih banyak dana AS untuk mendukung produsen dalam negeri.

jubir gedung putih2Juru Bicara Gedung Putih, Jen Psaki (Foto: voaindonesia.com/AP).

Juru Bicara Gedung Putih, Jen Psaki, menjelaskan "tidak ada perubahan yang diantisipasi" dalam posisi Biden terkait masalah pipa itu selama pertemuan tersebut.

PM Trudeau merencanakan untuk menunjukkan bahwa Kanada selaras dengan AS terkait penanganan pandemi virus corona (Covid-19), kebijakan luar negeri, perubahan iklim, dan masalah lainnya, menurut sumber pemerintah Kanada yang juga tidak mau disebutkan namanya dan berbicara sebelum pertemuan tersebut.

Tidak jelas apakah PM Trudeau akan kembali mengusulkan agar Kanada dapat membeli vaksin Covid-19 dari perusahaan farmasi Pfizer di negara bagian Michigan, AS, untuk program vaksinasi Kanada yang sedang menghadapi kesulitan.

Sejumlah pejabat menyatakan Biden dan Trudeau memberikan pandangan kepada media sebelum dan setelah pertemuan kedua pemimpin negara Amerika Utara itu.

Pemerintahan Biden juga menyatakan Amerika telah berbagi sebuah dokumen dengan Kanada, yang isinya merangkum kolaborasi di antara kedua negara itu mengenai berbagai masalah dan akan dirilis setelah pertemuan tersebut (mg/jm)/voaindonesia.com. []

Berita terkait
Kanada Beri Ijin Tinggal Pengunjung yang Dilarang Masuk ke Amerika Serikat
Kanada akan menawarkan izin tinggal sementara kepada para pengunjung yang terkena dampak kebijakan Presiden AS Donald Trump.
0
PMI Manufaktur RI Tembus Rekor Tertinggi, Kalahkan ASEAN dan Korea
Tingkat ekspansi di sektor manufaktur Indonesia mencapai rekor baru pada Mei 2021 yang tercermin dari PMI index yang menembus level 55,3.